Home » Blog » Cara Memilih Buah Naga yang Manis, Matang, dan Segar

Cara Memilih Buah Naga yang Manis, Matang, dan Segar

cara memilih buah naga yang manis

Cara memilih buah naga yang manis merupakan informasi cukup penting bagi buah dengan nama lain dragon fruit ini. Karena di banyak kasus, pembeli mendapatkan dragon fruit dengan rasa asam bahkan hambar sehingga menurunkan minat memakannya.

Anda mungkin juga sering mengalami hal ini, membeli dan berharap mendapatkan dragon fruit dengan rasa aslinya, yaitu manis juga segar. Namun, dapatnya malah kecut atau tidak ada manisnya sama sekali.

Membeli dragon fruit ini memang agak sulit dan perlu trik. Meskipun penjual sudah meletakkan sampelnya dan terasa manis, belum tentu yang Anda beli juga manis. Jadi, paling baik apabila tahu bagaimana cara memilihnya agar tidak kecewa.

DAPATKAN BUAH NAGA SEGAR DI SESA.ID

Manfaat Konsumsi Dragon Fruit Bagi Tubuh

Sebelum lanjut mengetahui cara memilih buah naga yang manis, kami mau infokan dahulu apa saja kegunaan buah naga bagi tubuh manusia. Coba cek beberapa manfaatnya di bawah ini:

  1. Cegah rusaknya sel-sel tubuh

Kerusakan sel-sel tubuh merupakan salah satu hal tidak terelakkan, tapi dengan mengonsumsi dragon fruit hal ini bisa dicegah. Jika dikonsumsi jangka panjang sangat memungkinkan Anda terhindar dari berbagai penyakit kronis.

BACA JUGA: 5 Manfaat Buah Naga untuk Lambung yang Jarang Diketahui 

  1. Seratnya tinggi

Kandungan seratnya juga tidak main-main dan mampu bantu mengontrol diabetes tipe 2. Sangat cocok juga digunakan dalam program diet karena membuat kenyang lebih lama. Kupas dan potong sesuai selera lalu langsung dimakan saat merasa lapar.

  1. Bantu menyehatkan usus

Punya kandungan prebiotik juga sehingga mampu bantu keseimbangan bakteri baik dalam usus. Jadi, dengan mengonsumsi dragon fruit kesehatan usus dapat terjaga dengan baik. Anda akan terhindar dari infeksi saluran pencernaan, diare, radang usus, hingga bantu cegah kanker pada usus.

Buah Naga Merah

Buah Naga Merah

 

  1. Daya tahan tubuh meningkat

Kandungan vitamin c di dalamnya mampu bantu mencegah infeksi juga meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan sistem imun baik, maka Anda tidak akan mudah sakit meskipun sedang ada serangan penyakit musiman.

  1. Kurangi risiko berbagai penyakit

Dalam dragon fruit juga terdapat zat besi yang mampu membantu distribusi oksigen dalam tubuh. Ketika oksigen mampu mengalir lancar bersamaan peredaran darah, maka berbagai risiko penyakit dapat dihindari.

Cara Memilih Buah Naga dengan Kualitas Terbaik

Banyak manfaatnya membuat dragon fruit menjadi incaran banyak orang. Jika sudah musim panen, maka harganya relatif lebih murah. Namun, jika tidak musimnya akan cukup mahal. Untuk harga memang cukup bervariasi sesuai dengan daerahnya.

Di Kalimantan per kilo dragon fruit bisa mencapai Rp 20 hingga 25 ribu per kilo jika sedang langka. Kalau jumlahnya banyak di pasar, harganya hanya di kisaran Rp15 saja.

BACA JUGA: 5 Jenis Olahan Buah Naga Merah, Bikin Kenyang dan Sehat

Hanganya bisa dikatakan lumayan terjangkau, tapi kalau rasanya masam jadi mengeluarkan uang sia-sia. Agar tidak sia-sia membeli, ini tips dan cara memilih buah naga yang manis:

  1. Cek dari permukaan kulit

Pengecekan pertama bisa menggunakan indera penglihatan, yaitu memilih kulit berwarna cerah, mengkilap, dan teksturnya bagus (tidak keriput). Hindari memilih yang punya lubang atau sayatan di bagian luarnya.

Buah Naga

Buah Naga

  1. Sisik juga menentukan

Namanya saja dragon fruit, pasti ada sisik naganya. Untuk kesegaran dan rasa buah dapat dilihat dari sisiknya, yaitu sedikit layu menandakan sudah matang sempurna. Namun, warna sisik ini tetap harus cerah walaupun sudah sedikit layu.

  1. Tes dengan sentuhan

Jika sudah lolos screening awal, lanjutkan dengan mengecek kondisi. Coba tekan dan rasakan teksturnya. Apabila empuk dan tidak keras, merupakan satu penanda buah telah matang.

  1. Tes dengan penciuman

Aroma dragon fruit segar adalah tercium aroma wangi khas tipis dan kesegaran. Buah dengan aroma seperti ini pasti cukup segar dikonsumsi.

  1. Cek batang tanaman

Kalau Anda berkesempatan membeli di kebun karena ingin beli dalam jumlah banyak, maka bisa langsung lihat pohonnya. Batang yang lunak di sekitaran tandan menandakan buah tersebut sudah matang dan siap dipetik.

Apabila masih keras batangnya, Anda bisa coba cari buah lainnya. Mengeluarkan lebih banyak waktu untuk pengecekan akan memastikan Anda mendapatkan dragon fruit kualitas terbaik.

Beberapa Rekomendasi Olahan Buah Naga

Sudah tahu cara memilih buah naga yang manis sekarang coba olah menjadi minuman atau makanan segar. Agar kualitas dan kesegaran tetap terjaga sampai ke dalam tubuh, sebaiknya mengkonsumsi buah naga tanpa menambahkan gula maupun kental manis.

Jika terpaksa menggunakannya, maka kurangi jumlahnya agar bisa meringankan efek negatif dari kedua bahan tersebut. Berikut beberapa cara mengolah buah naga:

  1. Jus segar dengan es batu, Anda juga bisa menggunakan campuran buah lainnya, seperti pisang, mangga, apel, lemon, dan lainnya. Tekstur yang dihasilkan memang agak kasar, tapi inilah ciri khasnya.
  2. Smoothies dengan susu segar. Opsi ini juga mampu memberikan minuman segar dan mengenyangkan, dengan banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Susu segar bisa diganti susu UHT atau susu low fat maupun yogurt plain apabila suka.
  3. Dimasak menjadi kue dengan hunkwe. Campuran dragon fruit dengan hunkwe membuat Anda memiliki camilan nikmat teman minum teh. Bisa juga dibekukan dan dikonsumsi saat siang hari yang panas, rasanya seperti makan kue es.
  4. Campurkan ke salad buah dengan madu dan yogurt. Sebaiknya, tidak menambahkan kental manis maupun gula berlebihan.
  5. Dijadikan sebagai bahan selai dan dikonsumsi dengan roti untuk sarapan.

Berbagai pengolahan di atas sangat simpel dan sederhana, Anda dapat mengolahnya sendiri di rumah. Meskipun simpel, tapi nutrisinya tetap terjaga sehingga mampu memberikan manfaat bagi tubuh.

Bagi yang sedang berdiet, meminum smoothies dragon fruit setiap pagi mampu bantu kecukupan nutrisi sehingga tidak perlu makan terlalu banyak. Selain itu, kandungan serat juga bantu membuat perut merasa kenyang.

Jadi, memilih dragon fruit manis dan matang bisa dikatakan cukup mudah. Lihat dari bentuk fisiknya, cek keempukannya, lalu aromanya juga. Sangat mudah bukan menggunakan cara memilih buah naga yang manis?

  1. https://www.briliofood.net/foodpedia/5-cara-memilih-buah-naga-manis-dan-segar-jangan-asal-pilih-210625p.html
  2. https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-593732556/tips-memilih-buah-naga-cari-yang-ukurannya-sedang-jangan-terlalu-besar#:~:text=Pertama%2C%20pilih%20buah%20naga%20yang,besar%2C%20dan%20ini%20rasanya%20manis.