Home » Blog » 5 Manfaat Extra Virgin Olive Oil untuk Kesehatan

5 Manfaat Extra Virgin Olive Oil untuk Kesehatan

manfaat extra virgin olive oil

Olive oil atau minyak zaitun punya beberapa jenis berdasarkan cara pengolahan dan kandungan nutrisinya. Salah satu yang terbaik adalah extra virgin olive oil.

Extra virgin olive oil jenis minyak zaitun dengan kualitas terbaik, diproses dengan hasil ekstraksi buah zaitun terpilih, tanpa menggunakan proses pemanasan dan tambahan bahan kimia. Proses pembuatan yang baik menjaga kualitas nutrisi extra virgin olive oil tetap utuh. Manfaat extra virgin olive oil dalam bidang kesehatan dan kecantikan tak diragukan lagi.

Olive Oil Sumber Antioksidan dan Lemak Sehat

Diambil dari ekstrak buah zaitun pilihan, extra virgin olive oil membawa kandungan nutrisi dan vitamin yang kaya manfaat. Kandungan tertinggi dalam olive oil adalah antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Juga mengandung lemak tak jenuh tunggal hingga kurang lebih 73% yang sangat baik untuk program diet sehat. Manfaat extra virgin olive oil dijadikan suplemen kesehatan untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. 

Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 disebabkan berkurangnya efektifitas insulin bisa dicegah dengan kandungan nutrisi dalam extra virgin olive oil. Kandungan lemak baik dalam olive oil mampu menormalkan glukosa darah pada penderita diabetes tipe 2.

Dapatkan hasil terbaik tetap perlu diikuti dengan diet sehat khusus penderita diabetes tipe 2 dengan saran dan anjuran dokter, olive oil dijadikan sebagai penunjang dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Minyak Sayur Sehat Kaya Vitamin

Pilihan minyak memasak menjadi salah satu kunci untuk menyajikan makanan yang tak hanya lezat tapi juga sehat dan kaya vitamin. Minyak goreng biasa mengandung lebih banyak lemak jenuh apalagi jika digunakan berulang kali. Olive oil salah satu pilihan minyak sayur serba guna dengan kandungan omega 9, omega 6 dan omega 3 terbaik.

Manfaat extra virgin olive oil membantu makanan mempertahankan nilai gizinya yang biasanya lebih mudak rusak dan terurai ketika dimasak dalam suhu tinggi. 

Baik untuk Kesehatan Tulang

Manfaat extra virgin olive oil lainnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Menjaga pengeroposan tulang akibat penuaan. Olive oil mengandung polifenol yang dapat menjaga reabsorpsi tulang sehingga menghambat proses penghambatan kalsium dalam tulang.

Dianjurkan meminum extra virgin olive oil bagi yang mempunyai risiko pengeroposan tulang sejak dini. Extra virgin olive oil bisa menjadi suplemen kesehatan tulang dan membantu penyembuhan patah tulang.

Menjaga Keremajaan Kulit

Manfaat extra virgin olive oil selain untuk kesehatan organ dalam tubuh juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Cukup banyak produk kecantikan dan perawatan tubuh yang menggunakan olive oil sebagai bahan utamanya. Lulur, sabun hingga kosmetik untuk wajah.

Manfaatnya untuk melembabkan kulit kering akibat dari paparan sinar matahari dan efek iritasi kulit, membantu penyembuhan luka, untuk memberihkan kulit dari kotoran dan sel kulit mati. Sahabat Sehat juga bisa mendapatkan manfaat extra virgin olive oil dengan mengaplikasikannya langsung pada bagian kulit yang membutuhkan perawatan.

 

Banyak ya Sahabat Sehat, manfaat extra virgin olive oil. Kabar baiknya lagi selain kaya manfaat, olive oil juga sangat mudah didapatkan. Sahabat Sehat bisa mencari dan membeli extra virgin olive oil dengan kualitas terbaik di sini.

Cara memanfaatkannya pun mudah, untuk kesehatan organ tubuh bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan pelengkap dalam menu makanan sehat. Extra virgin olive oil juga  sangat aman diaplikasikan di kulit dan bagian tubuh yang butuh perawatan khusus, termasuk pada kulit bayi yang sensitif.  

Referensi: Liputan 6

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels