Home » Blog » 12+ Khasiat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Tips Mengolahnya

12+ Khasiat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Tips Mengolahnya

buah bit untuk ibu hamil

Sudahkah Sahabat Sehat tahu, apa saja manfaat didapat dari buah bit untuk ibu hamil. Saat sedang mengandung, tentu saja kita menjadi lebih selektif dan berhati-hati saat makan, sebenarnya tidak masalah jika ibu hamil ingin mengonsumsi sesuatu, asalkan tidak berlebihan dan secukupnya.

Seperti halnya bit, buah ini memang memiliki berbagai khasiat yang baik bagi kesehatan. Namun jika berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping, namun Sahabat Sehat tidak perlu khawatir sebab buah ini tetap bisa dikonsumsi, dan bisa diolah menjadi beragam makanan atau minuman.

Buah berwarna ungu pekat ini, memang lebih sering dijadikan sebagai jus dan dapat dicampur dengan jenis buah lain. Namun melalui informasi berikut ini, kami akan memberi tau Sahabat Sehat, cara lain mengolah bit, serta apa saja khasiat yang diberikan dari buah berwarna ungu ini.

DAPATKAN SAYUR DAN BUAH ORGANIK DI SESA.ID

Khasiat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Cara Unik Mengolahnya

Tidak hanya untuk dibuat sebagai jus, Sahabat Sehat juga bisa mengolah buah bit menjadi berbagai menu atau snack yang menyehatkan saat hamil. Selain itu kenali manfaat yang bisa didapat, dengan mengonsumsi bit secara rutin yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin.

BACA JUGA: Ternyata Manfaat Kacang Kedelai untuk Ibu Hamil Itu Banyak

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu khasiat yang dapat ibu hamil dapat adalah imunitas tubuh meningkat, jika kekebalan tubuh stabil, maka tubuh akan lebih kuat menangkal penyakit. Antioksidan di dalam bit, dapat menjaga kesehatan bayi agar tidak terganggu, karena imunitas sang ibu akan meningkat.

2. Menurunkan Risiko Osteoporosis

Penurunan massa tulang tentu menjadi permasalahan perlu diperhatikan, kekuatan tulang saat sedang hamil sangat penting. Karena massa tubuh akan meningkat, yang membuat tulang harus semakin kuat dalam menopang tubuh sang ibu.

Tentu saja buah bit mengandung kalsium, yang mampu meningkatkan kekuatan tulang dan menghindar dari gejala osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Beet Organik

Beet Organik

 

3. Menyimbangkan Metabolisme Tubuh

Potassium di dalam bit, mampu menyeimbangkan elektrolit, sehingga metabolisme juga bisa berjalan dengan baik. Terlebih lagi jika Sahabat Sehat cenderung memiliki tekanan darah yang tidak stabil, maka bisa mempengaruhi kesehatan atau perkembangan janin di dalam tubuh juga.

4. Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Manfaat lain dari buah bit untuk ibu hamil adalah, sebagai sumber vitamin yang pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seperti vitamin A dan C, berfungsi untuk organ penglihatan. Sistem reproduksi, sistem kekebalan tubuh, pembentukan protein, penyembuhan luka dan lainnya.

5. Sumber Zat Besi

Saat sedang hamil, biasanya zat besi kita cenderung ikut terserap oleh janin sehingga menurun. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka bisa menyebabkan berbagai penyakit muncul. Namun tidak perlu khawatir, dengan mengonsumsi bit, maka kadar zat besi di dalam tubuh terpenuhi.

6. Menurunkan Risiko Kecacatan pada Janin

Kecacatan pada janin bisa menjadi masalah yang kompleks, karena bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah, memenuhi kadar asam folat di dalam tubuh dan buah bit dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung asam folat cukup tinggi.

Salah satu cara untuk mengolah bit, Sahabat Sehat bisa menjadikannya sebagai salad. Campurkan dengan berbagai buah dan sayuran lain, lalu tambah saus dressing atau yoghurt tanpa lemak, maka salad buatan Sahabat Sehat bisa siap dengan cepat selain itu pembuatannya mudah.

7. Mencegah Dekalsifikasi Gigi

Tingginya kalsium dan silika di dalam buah ini, membuat Sahabat Sehat terhindar dari dekalsifikasi atau karies gigi, yang disebabkan oleh kurangnya kalsium dan magnesium.

Maka dari itu bagi ibu yang sedang mengandung, Sahabat Sehat bisa menjadikan buah bit sebagai jus atau smoothies untuk merasakan terhindar dari kondisi tersebut.

8. Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat berikutnya buah bit untuk ibu hamil adalah, mengatasi nyeri sendi yang hampir dirasa oleh semua ibu yang sedang mengandung. Gejala ini tentu menghambat dalam bergerak, jangan sampai nyeri ini menimbulkan peradangan, yang akan lebih lama untuk disembuhkan.

9. Mencegah Anemia

Anemia disebabkan karena kadar hemoglobin atau sel darah merah yang menurun. Ada beberapa gejala yang biasanya dirasakan adalah pusing, lemas, dan tidak bertenaga.

Anemia bisa berbahaya bagi kesehatan janin, maka dari itu Sahabat Sehat harus mengonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi. Untuk bisa mendapatkan kadar zat besi yang sesuai, ibu hamil bisa memilih bit sebagai buah yang menyehatkan dan membawa banyak manfaat.

BACA JUGA: Top 8 Jus Sayur Tinggi Serat Beserta Manfaatnya Bagi Tubuh Anda!

10. Meningkatkan Fungsi Hati

Buah berwarna ungu ini juga bisa meningkatkan fungsi hati, karena memiliki sifat membersihkan. Dikarenakan buah bit mengandung sekelompok antioksidan mengandung betacynasis, dan bertindak dalam mengeluarkan racun di dalam tubuh.

11. Membersihkan Darah

Pembuluh darah yang kotor karena penumpukan lemak, bisa dibersihkan secara alami dengan rutin mengonsumsi air putih, namun juga bisa mengonsumsi sayuran dan buah, seperti buah bit, yang bisa membersihkan kotoran di pembuluh darah sehingga tekanan kembali normal.

12. Mencegah Cacat Tabung Saraf

Manfaat buah bit untuk ibu hamil berikutnya adalah, mencegah cacat tabung syaraf seperti kelainan pada organ tubuh tertentu dan masalah lainnya. Untuk menurunkan risiko terjadinya kondisi tersebut, pastikan kadar asam folat terpenuhi sebanyak 600-800 mikrogram setiap hari.

13. Menjaga Stamina

Terkadang saat sedang mengandung, kita memang merasa lebih lemas dan malas bergerak. Tapi apabila stamina tubuh terjaga dengan baik, tentu saja Sahabat Sehat akan lebih bersemangat dan bebas melakukan kegiatan apa saja, karena tubuh terasa ringan saat digerakkan.

Sahabat Sehat bisa mengonsumsi buah bit untuk menjaga stamina, ibu hamil bisa mengonsumsinya dengan dipanggang, menjadikannya sebagai puree ataupun es krim.

14. Baik untuk Organ Ginjal dan Empedu

Tentu saja buah ini juga baik untuk organ seperti ginjal dan empedu, sebab memiliki sifat sebagai detoks alami untuk mengeluarkan racun. Tentu racun didalam tubuh akan menjadi berbahaya, apabila tidak dikeluarkan secara rutin dan dibiarkan mengendap di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan produk segar dengan kualitas terbaik, Sahabat Sehat bisa mendapatkannya melalui Apps di Playstore dan Appstore Sesa.id. Tersedia beragam pilihan produk, dan bisa dipesan lewat aplikasi sehingga lebih praktis.

Itu dia beberapa khasiat yang terkandung dari buah bit. Dengan berbagai manfaat yang dimiliki oleh buah bit untuk ibu hamil, Sahabat Sehat tidak perlu khawatir karena buah ini bisa membersihkan tubuh dari berbagai racun.

  1. https://cantik.tempo.co/read/1269349/bit-aman-dikonsumsi-ibu-hamil-rasakan-8-manfaatnya
  2. https://id.theasianparent.com/buah-bit-untuk-ibu-hamil
  3. https://katadata.co.id/iftitah/berita/62218bfc54273/4-manfaat-buah-bit-untuk-ibu-hamil-kandungan-gizi-dan-efek-sampingnya
  4. https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-buah-bit-untuk-ibu-hamil