Home » Blog » 6 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

6 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

cara meningkatkan imunitas tubuh – Tubuh yang sehat memiliki sistem imun yang kuat pula. Sistem imun ini akan menjaga daya tahan tubuh Sahabat Sehat, sehingga infeksi kuman penyakit akan mudah diatasi. 

Ada bermacam cara yang bisa Sahabat Sehat lakukan supaya imun tubuh bisa tetap terjaga. Beberapa cara meningkatkan imunitas tubuh dapat Anda simak berikut ini.

Konsumsi sayur dan buah

Dalam menjaga imunitas tubuh, Anda sebaiknya mengonsumsi sayur dan buah dengan jumlah yang cukup. Sayur dan buah merupakan makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang telah terbukti membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak gampang terserang penyakit.

Dalam sayur dan buah terkandung banyak vitamin dan mineral, yang mana fungsinya adalah memperkuat imunitas tubuh. Ini akan sangat berguna dalam melawan virus dan bakteri yang akan mendatangkan penyakit. Konsumsi buah serta sayur yang banyak mengandung vitamin dan juga mineral.

Istirahat yang cukup

Penyebab imunitas tubuh melemah salah satunya adalah karena kurang istirahat. Tubuh menjadi mudah lelah dan penyakit akan lebih mudah menyerang. Cukupi kebutuhan istirahat Anda supaya sistem imun tubuh tetap terjaga.

Orang dewasa sendiri butuh waktu istirahat sekitar 7-8 jam sementara untuk remaja memerlukan waktu istirahat sekitar 9-10 jam.

Kelola stress

Stress yang berlebihan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol dalam tubuh. Padahal, tingginya hormon kortisol ini dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh akan mengalami penurunan fungsi.

Oleh sebab itu, Sahabat Sehat perlu menjaga supaya stress dapat dikelola dengan baik.

Olahraga secara rutin

Tubuh yang fit dan bugar akan membuat kita menjadi lebih kuat dalam melawan penyakit. Sebaiknya, Anda rutin berolahraga sekitar 30 menit setiap harinya. Tujuannya adalah untuk melawan infeksi penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Olahraga secara rutin juga akan mencegah terjadinya obesitas yang akan memicu komplikasi penyakit, serta risiko osteoporosis. Olahraga akan merangsang kinerja antibodi dan  juga pembentukan sel-sel darah putih. Sel darah putih sendiri akan membantu melawan infeksi penyakit dalam tubuh. 

Olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah salah satunya adalah jogging dan aerobik. Berjalan kaki setiap hari juga akan membantu Anda mendapatkan fisik yang sehat.

Hindari alkohol dan rokok

Alkohol dan rokok akan mengganggu kinerja organ-organ dalam tubuh, di antaranya adalah ginjal, hati, paru-paru, dan jantung. Selain itu, kekebalan tubuh juga dapat mengalami penurunan apabila Anda mengonsumsi alkohol dan merokok.

Infeksi pada organ-organ tersebut akan lebih mudah terjadi, maka dari itu, hindari alkohol dan rokok jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan usia yang panjang.

Konsumsi suplemen

Beberapa orang memilih meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi suplemen. Suplemen bisa menjadi pilihan bagi Anda yang merasa bahwa kebutuhan nutrisinya kurang tercukupi setiap harinya.

Beberapa kandungan suplemen yang perlu dipertimbangkan di antaranya adalah echinacea (antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan), propolis, selenium, zinc, herbal echinacea, vitamin C, vitamin E, vitamin D, dan vitamin B6. Konsumsi suplemen dengan dosis yang tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Jangan lupa pilih toko jual suplemen imunitas yang direkomendasikan oleh situs-situs kesehatan untuk menghindari risiko yang tidak diharapkan.

Cara meningkatkan imun tubuh dengan cepat tersebut bisa Anda mulai terapkan dalam kehidupan sehari-hari supaya tubuh tetap sehat. Jika Anda memiliki masalah mengenai daya tahan tubuh, segera konsultasikan ke dokter dan tenaga medis terkait untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi: Farmasi UGM

Gambar oleh Sasin Tipchai dari Pixabay