Home » Blog » Lebih Sehat Selama Pandemi dengan 4 Pilihan Jus Sayur Organik Ini

Lebih Sehat Selama Pandemi dengan 4 Pilihan Jus Sayur Organik Ini

Jus Sayur

Makanan yang selalu sehat adalah sayuran tapi … Bosan dengan menu sayuran yang itu-itu saja? Eits, selain dijadikan sayur sop atau tumisan, cobalah mengolah sayuran tersebut menjadi jus.

Mengonsumsi jus akan mempermudah saluran pencernaan untuk mencerna dan menyerap khasiat dari sayuran dengan maksimal.

Sayuran adalah sumber vitamin, mineral, fitonutrien, dan zat lainnya yang penting bagi tubuh. Apalagi jika kamu memilih sayuran organik, maka manfaatnya akan semakin maksimal. Sayuran organik bebas dari pestisida, herbisida, hormon, antibiotik, dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Pilihan Jus Sayur Segar untuk Sehat Sekarang

Es buah ataupun es kopi memang menyegarkan. Tapi, konsumsi minuman tersebut setiap hari tentu tak baik bagi tubuh. Coba ganti dengan konsumsi jus sayur. Faktanya, manfaat jus sayur sangat baik untuk mereka yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Hal ini disebabkan karena tekstur dan kandungan jus yang lebih mudah dicerna dan diserap.

Saluran pencernaan jadi tidak perlu bekerja terlalu keras agar nutrien dalam jus dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Berikut beberapa pilihan jus sayur yang dapat dijadikan pilihan untuk hidup lebih sehat:

Jus Sayuran yang Banyak Airnya

Salah satu jus sayur yang baik dikonsumsi adalah jus timun. Kandungan  vitamin A, kalsium, vitamin B6, B12, C, D, dan vitamin K, magnesium, serat, potasium, sodium, zat besi, fosfor, mangan, zinc, dan karoten serta air dalam timun dapat membantu memulihkan tubuh yang dehidrasi karena aktivitas.

Selain mengandung banyak air, bila saat berbuka mengonsumsi jus timun dapat membantu proses detoksifikasi, mendinginkan tubuh, dan menjaga sistem pencernaan. Untuk meningkatkan cita rasanya, tambahkan madu dan jeruk nipis. Yang perlu diingat, sebaiknya hindari menambahkan sirup. Karena pemanis dan pewarna buatan hanya akan merusak nutrisinya.

Jus Sayuran yang Mengenyangkan,Cocok untuk Diet

Jus sayur yang baik dikonsumsi lainnya adalah jus tomat. Tomat memang termasuk buah-buahan namun tomat dapat dikategorikan sebagai sayuran. Tomat mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh, mulai dari vitamin A,C,E, kalium, fosfor, natrium, hingga riboflavin (vitamin B2).

Tak hanya itu, mengonsumsi jus tomat mampu mengenyangkan kamu bagi kamu yang ingin diet karena tomat mengandung hormon leptin yaitu hormon pemberi rasa kenyang, yang dapat mencegah kamu mengonsumsi makanan secara berlebihan. Otomatis, jus tomat dapat membantu kamu mencegah obesitas.

Jus Sayuran untuk Menjaga Stamina

Jus sayur  yang bagus untuk tubuh adalah jus bayam.  Bayam terkenal berkat khasiatnya yang kaya akan zat besi. Tidak hanya itu, di dalam bayam juga terkandung karoten, asam amino, iodin, potasium dan magnesium, vitamin A, C, K, E, dan B kompleks.

Manfaat bayam untuk kesehatan adalah dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lemas. Bayam mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga membuat kamu kenyang lebih lama. Untuk itu, kamu tetap bisa beraktivitas prima ketika sedang diet tanpa merasa lemas.

Jus untuk Melawan Radikal Bebas

Manfaat jus sayur lainnya yang baik untuk tubuh adalah jus wortel. Jus wortel dapat meningkatkan sekresi empedu (cairan pemecah lemak), sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan mengubah makanan menjadi energi.

Selain itu, wortel kaya akan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, kerusakan sel, serta peradangan. Bila ingin menambah kenikmatannya, boleh mencampurkannya dengan es batu, air putih, atau sedikit gula pasir, pastikan komposisinya juga seimbang, sehingga tetap sehat. Dan ingat, hindari menambahkan krim kental manis yang justru akan merusak nutrisi jus wortel.

Tips Jus Sayur untuk Pemula

Tonton juga tips membuat jus sayur untuk pemula di sini.

View this post on Instagram

 

A post shared by sesa.id (@sesaindonesia)


Jika Anda sedang memerlukan asupan energi secara instan, maka jus lebih tepat untuk diminum. Kandungan vitamin dan mineral di dalam jus, ditambah dengan teksturnya yang cair akan diserap tubuh lebih cepat. Sehingga dapat dengan mudah memberikan energi ke dalam tubuh. Tunggu apalagi? Yuk, segera buat jus sayur favoritmu! Jadikan #SehatSekarang dengan konsumsi jus sayur organik. Dapatkan beragam sayur organik hanya di sesa.id!

Photo by Kindel Media from Pexels