Home » Blog » Tidak Sulit, Ini 4 Cara Menyapih Anak dari ASI ke Susu Formula

Tidak Sulit, Ini 4 Cara Menyapih Anak dari ASI ke Susu Formula

cara menyapih anak dari ASI ke susu formula

Cara menyapih anak dari ASI ke susu formula dibutuhkan ketika anak telah memasuki usia lepas ASI yaitu sekitar 2 tahun. Dalam kondisi lain karena masalah kesehatan ibu menyusui maka bayi harus berhenti ASI lebih cepat atau karena sebab lainnya.  Menyapih adalah proses mengalihkan kebiasaan anak mengonsumsi ASI hingga benar-benar berhenti mengonsumsi ASI. 

Proses menyapih akan lebih mudah ketika anak sudah berada di atas usia 6 bulan. Cara menyapih anak dari ASI ke susu formula tidak sulit, Sahabat sehat! Mari ikuti beberapa tips berikut ini agar menyapih anak sukses dan lancar tanpa menyebabkan anak menjadi rewel. 

Cara Memilih Susu Formula yang Tepat untuk Bayi 

Memilih susu formula pada bayi harus sesuai dengan usia dan kebutuhan nutrisinya. Selain itu, cobalah memberi susu formula dalam beberapa hari dan amati kondisi kesehatan bayi. Lanjutkan jika tidak menyebabkan alergi, gangguan pencernaan dan efek samping lain.

Namun, jika ada gejala efek samping setelah bayi mengonsumsi susu formula merek tertentu konsultasikan pada dokter. Kemungkinan bayi mengalami alergi terhadap salah satu komposisi susu formula. 

Alihkan Secara Perlahan

Cara menyapih anak dari ASI ke susu formula sebaiknya bertahap dan tidak tiba-tiba. Sahabat sehat bisa mengurangi frekuensi pemberian ASI ketika hendak menyapin bayi ke susu formula. Kombinasikan pemberian ASI dan susu formula. Hal ini supaya pencernaan bayi tidak kaget karena ada perubahan asupan nutrisi dari ASI ke susu formula. 

Jika tidak memungkinkan memberi ASI secara langsung misalnya karena Sahabat sehat harus bekerja, maka buatkan ASI perah dan berikan di waktu tertentu. Contoh, pagi atau malam hari bayi masih diberikan ASI, sedangkan siang dan sore bayi meminum susu formula. Kurangi waktu pemberian ASI dalam beberapa hari sampai bayi sepenuhnya mengonsumsi susu formula.

Berikan Pilihan Rasa Susu yang Disukai Anak

Ketika anak sudah berada di sekitar usia 1 tahun maka anak sudah dapat membedakan rasa makanan dengan sangat baik. Anak sudah bisa memilih rasa favoritnya sendiri. Supaya cara menyapih anak dari ASI ke susu formula lebih mudah dan lancar pilih susu formula dengan rasa favorit anak. Misalnya rasa cokelat atau stroberi. Anak akan lebih mudah tertarik pada rasa susu formula tersebut sehingga lebih cepat teralihkan perhatiannya dari ASI. 

Ajak Anak Meminum Dari Botol Atau Gelas yang Lucu

Alihkan perhatian anak dengan alat makan yang lucu dan menarik. Mungkin Sahabat sehat bisa memilihkan alat makan seperti botol minum atau gelas berdasarkan karakter kartun favorit anak. Hal ini akan membuat anak lebih semangat meminum susu formulanya.  Hindari menggunakan botol dot terlalu sering apalagi jika usia Anak sudah di atas 1 tahun agar tidak menyebabkan ketergantungan. 

Sahabat sehat, itulah beberapa cara menyapih anak dari asi ke susu formula yang efektif. Jangan sungkan untuk memberikan pujian pada anak ketika berhasil minum sendiri dari botol minum atau gelas favoritnya, supaya anak semakin bersemangat menjalani proses menyapih.

Kegiatan menyapih anak akan semakin mudah dengan memenuhi kebutuhan ibu menyusui di sini. SESA menyediakan kebutuhan ibu dan anak yang lengkap, mulai dari makanan, peralatan makan, perawatan tubuh anak dan lain-lain. 

Referensi: Alodokter

Photo by Sarah Chai from Pexels