fbpx
Skip to content
Home » Blog » 8 Ragam Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

8 Ragam Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

makanan untuk meningkatkan daya tubuh anak
Photo by Jill Wellington from Pexels

 

Makanan untuk Tingkatkan Daya Tubuh Anak – Munculnya varian-varian baru COVID-19 membuat kita sebagai orang tua khawatir dengan sistem imun anak kita.

Pasalnya, sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa diberikan kepada anak-anak. Penelitian terbaru pada September 2020 kemarin, perusahaan penyedia vaksin Pfizer baru saja menjadi perusahaan pertama yang melibatkan anak-anak usia 12-15 tahun untuk uji coba vaksin COVID-19. Hal serupa juga dilakukan oleh Moderna untuk melakukan uji coba vaksin untuk anak usia 12-17 tahun.

Sambil menunggu tersedianya vaksin, hal yang dapat Sahabat Sehat lakukan untuk menambah imunitas tubuh Si Kecil dan membuatnya tidak mudah terserang penyakit adalah dengan membuat sistem imunitas Si Kecil bekerja optimal dengan memberikannya asupan nutrisi yang baik bagi daya tahan tubuh.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Nutrisi

Makanan padat nutrisi dan gizi menjadi salah satu cara Sahabat Sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Pemberian nutrisi yang tepat tentu dapat mendukung tumbuh kembang untuk belajar, tapi juga membantu memperkuat imunitas tubuhnya dalam melawan infeksi penyakit. Berikut ini adalah makanan untuk meningkatkan daya tubuh anak:

1. Makanan Tinggi Protein

Protein sangat penting untuk daya tahan tubuh anak. Sahabat Sehat bisa memberikan telur organik, daging sapi grass-fed, daging ayam organik ataupun probiotik yang tentu saja kaya akan protein.

Kuning telur adalah salah satu bagian dari telur ayam organik yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan penting untuk tumbuh kembang anak. Omega-3 yang terkandungnya pun dapat meningkatkan kinerja sel otak anak.

Tak hanya itu, daging unggas organik ataupun daging sapi rendah lemak seperti ayam probiotik dan grassfed beef mengandung seng dan mineral yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Aneka Berries

Strawberry, blueberry, blackberry, raspberry mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan flavonoid yang dapat melindungi sel dari berbagai macam kerusakan akibat radikal bebas dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil. Frozen berries organik memiliki nutrisi yang sama dengan buah berries sehingga bisa menjadi alternatif berries yang aman untuk si Kecil karena bebas dari pestisida, herbisida dan bahan-bahan kimia lainnya.

3. Aneka Sayuran

Aneka sayuran warna warni dan berdaun seperti wortel, beetroot, labu, tomat, bayam, kale dan brokoli kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral yang dibutuhkan si Kecil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

4. Ikan

Ikan salmon, kembung, herring, kakap, selar dan minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan dalam meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, melindungi paru-paru dari peradangan, dan meningkatkan aliran udara pada paru-paru.

Namun, Sahabat Sehat sebaiknya juga memperhatikan kandungan formalin, PCB dan bahan kimia lainnya yang terakumulasi di dalamnya. Ikan-ikan kecil, alami dan organik akan lebih aman untuk dikonsumsi si Kecil karena tidak terpapar dari bahan-bahan berbahaya tersebut.

5. Yoghurt

Makanan yang terbuat daari fermentasi susu mengandung probiotik atau bakteri baik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Jika si Kecil alergi susu, Sahabat Sehat bisa memberikan coconut yoghurt yang terbuat dari produk nabati, bebas laktosa dan tanpa gula tambahan sebagai alternatif dairy yoghurt.

6. Jamur

Jamur mengandung vitamin B, zinc dan beta glucan yang berperan sebagai makanan pendukung daya tahan tubuh anak. Selain itu jamur juga memiliki efek antibakteri, antivirus dan antikanker.

7. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein, zinc, omega-3, vitamin E dan antioksidan yang berperan penting dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh. Ibu bisa memberikan walnut, flaxseed dan chia seed dalam bentuk granola sebagai cemilan sehat si Kecil atau dicampurkan ke berbagai makanannya.

8. Madu

Madu kaya akan antioksidan flavonoid dan polifenol yang dapat meningkatkan fungsi sel T dan B yang berperan dalam meningkatkan respon kekebalan tubuh si Kecil. Madu liar (raw honey) seperti madu uray lebih menyehatkan karena pembuatannya tidak melalui pasteurisasi dan filtrasi sehingga kandungan alaminya tetap terjaga dan lebih bernutrisi.

Bagaimana Sahabat Sehat? Sudah tahu mau masak apa untuk tingkatkan imunitas tubuh anak? Bantu #SehatSekarang si Kecil dengan memenuhi ragam nutrisi penting untuk menunjang daya tahan tubuhnya dengan menggunakan bahan-bahan organik dan alami dari sesa.id!

________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.