Home » Blog » 7 Cara Perawatan Rambut Ketombe Secara Alami 

7 Cara Perawatan Rambut Ketombe Secara Alami

cara perawatan rambut ketombe secara alami

Pernahkah Sahabat sehat mengalami kulit kepala terasa sangat gatal, bila digaruk menimbulkan aroma tak sedap, bahkan terlihat beberapa ketombe putih berjatuhan di pakaian? Hal tersebut tentu menjengkelkan karena dapat menggangu aktivitas dan mengurangi rasa percaya diri. 

Itulah pentingnya menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala setiap hari. Dewasa kini, telah hadir beragam formulasi produk perawatan rambut untuk mengatasi ketombe. Bagi beberapa orang, produk perawatan saja tak cukup menghentikan ketombe membandel, perlu diimbangi dengan cara perawatan rambut ketombe secara alami dan teratur untuk hasil maksimal. 

Ikuti 7 Cara Perawatan Rambut Ketombe Secara Alami 

Jika Sahabat sehat punya masalah ketombe membandel dan kesal karenanya, tak perlu risau, mari ulas tuntas cara perawatan yang alami dan ampuh berikut ini!

1. Rutin Keramas

Keramas merupakan aktivitas membersihkan kulit kepala dan rambut dari berbagai kotoran seperti debu, polusi dan keringat. Idealnya dilakukan setiap dua hari sekali, jika lebih dari 3 hari dapat dikatakan jarang keramas. Mengapa jarang keramas menyebabkan ketombe? Tentu saja karena tidak bersihnya kulit kepala sehingga terjadi penumpukan minyak dan kotoran tempat bertumbuhnya jamur penyebab ketombe. 

Oleh sebab itu, waktu ideal keramas harus selalu dilakukan untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut, sehingga penyebab munculnya ketombe bisa disiasati. 

2. Konsumsi Cukup Nutrisi

Asupan makan nyatanya berdampak pada kesehatan tubuh tak terkecuali pertumbuhan rambut. Dalam beberapa penelitian mengamini bila seseorang kekurangan beberapa vitamin dan mineral akan mengakibatkan berbagai permasalahan rambut, baik kerontokan maupun mudah ditumbuhi jamur ketombe. 

Pastikan Sahabat sehat mendapatkan sumber nutrisi tersebut dari makanan utuh seperti daging, kacang, biji-bijian, sayur dan buah. 

3. Olesi Minyak Esensial 

Minyak esensial didapatkan dari hasil penyulingan tanaman, bunga, biji, buah dan akar untuk mrndapatkan ekstrak. Sebelum banyak penelitian dilakukan, sejak dulu minyak esensial seperti tea tree, rosemary dan peppermint oil telah dipercaya mampu mengatasi permasalahan rambut seperti ketombe. 

4. Baluri Lidah Buaya  

Sudah jadi rahasia umum jika tanaman lidah buaya sangat ampuh mengatasi permasalahan rambut, tak terkecuali membersihkan kulit kepala. Khasiat anti jamur sangat cocok untuk mengurangi resiko munculnya jamur kulit kepala penyebab ketombe. 

Oleskan daging lidah buaya yang sudah dikupas, dicuci dan dihaluskan ke kulit kepala sebelum keramas. Pijat perlahan selama 2 menit, kemudian diamkan selama kurang lebih satu jam, selanjutnya bilas dengan shampoo dan air. 

5. Manjakan Kulit Kepala

Memanjakan kulit tubuh dengan pijatan memberikan efek relaksasi, sehingga peredaran darah menjadi lancar. Sama halnya dengan kulit kepala, lakukan pijatan lembut pada kulit kepala sambil diolesi dengan minyak esensial selama beberapa menit. Pijatan tersebut akan merangsang pertumbuhan sel rambut dan menutrisi kulit kepala. 

6. Mengelola Stress 

Stress ternyata mempengaruhi kenaikan hormon androgen pemicu terjadinya peningkatan kelenjar sebasea sehingga memproduksi lebih banyak sebum. Produksi sebum berlebih menyebabkan timbulnya jamur ketombe. 

Maka dari itu, hindari pemicu stress dengan menghadapi berbagai tekanan dengan tenang. Ada baiknya melakukan “me time” untuk sekedar menyenangkan diri agar stress tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan kulit. 

7. Pilih Produk Shampoo Berbahan Alami 

Produk shampoo yang tepat akan membuat kulit kepala dan rambut semakin sehat dan bersih, permasalah ketombe pun akan sangat jarang terjadi. 

 

Pilihlah produk shampoo berbahan alami seperti french cypress, scotch pine dan ekstrak thuja yang dipercaya efektif membersihkan dan menutrisi rambut sampai ke akar. Berbahan dasar vegan, tentu shampoo Aromatica ini sangat bisa diandalkan sebagai cara perawatan rambut ketombe secara alami dan ampuh.

 

Referensi : beautynesia.id