fbpx
Skip to content
Home » Blog » 5 Ciri-Ciri Daging Sapi yang Aman Dikonsumsi untuk Anak

5 Ciri-Ciri Daging Sapi yang Aman Dikonsumsi untuk Anak

Penasaran seperti apa ciri-ciri daging sapi yang aman dikonsumsi oleh anak dan keluarga. Kami sudah menyiapkan pembahasan akurat sehingga Sahabat Sehat tidak perlu khawatir lagi ketika akan membeli.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan apa saja ciri-cirinya pada para Sahabat Sehat. Sehingga ketika ingin mencari daging sapi sendiri bisa mendapatkan kualitas terbaik dan sehat dikonsumsi.

5 Ciri-Ciri Daging Sapi Masih Bagus

Di Indonesia kebanyakan masyarakat membeli daging dari wet market yang kebersihannya belum tentu terjamin. Oleh karena itu mengetahui apakah kondisinya masih layak dikonsumsi sangat penting.

Karena ketika ternyata kualitas dagingnya sudah buruk tentu akan berbahaya ketika dikonsumsi. Baik melalui infeksi cacing, telur lalat, sampai jamur bisa terjadi jika kondisinya tidak bagus lagi.

Langsung saja mari Sahabat Sehat kupas seperti apa ciri-cirinya sehingga Sahabat Sehat bisa mengimplementasikannya. Berikut ini adalah lima parameter yang dapat digunakan untuk menentukan kualitas dagingnya sebelum membeli.

DAPATKAN DAGING SAPI BAGUS DAN AMAN DI SESA.ID

1. Tanpa bercak

Salah satu ciri-ciri daging sapi yang masih bagus adalah tidak ada bercak mencurigakan. Misalnya pada bagian dagingnya terdapat sebuah bercak lingkaran seperti jamur, ini berbahaya untuk dikonsumsi.

Kemudian Sahabat Sehat juga bisa melihat ketika bakteri dan jamur sudah tumbuh dengan cara tersebut. Akan ada bercak putih kehijauan atau hitam ketika kondisi dagingnya sudah memburuk.

Secara umum warna dagingnya ketika masih segar akan merah merata dan selalu terlihat lembab. Itu adalah parameter secara visual yang dapat Sahabat Sehat jadikan sebagai acuan sebelum membeli produknya.

Grass Fed Daging Sapi Knuckle

Grass Fed Daging Sapi Knuckle

2. Aromanya segar

Sahabat Sehat juga bisa menilai ciri-ciri daging sapi yang masih bagus dari aromanya sebelum membeli. Saat dagingnya masih segar akan memiliki aroma khas yang cukup menyegarkan dan bisa diterima oleh hidung.

Namun ketika kondisinya sudah buruk akan tercium aroma tidak sedap dan mengganggu hidung. Jika itu sudah terjadi, maka artinya kondisi dagingnya benar-benar tidak bisa dimasak lagi.

Sahabat Sehat harus menghindari daging dengan kondisi seperti itu karena berpotensi menyebabkan keracunan. Jadi hati-hati apabila melakukan pembelian secara sembarangan di wet market.

3. Warnanya cerah

Kemudian ciri-ciri daging sapi segar dari aspek lainnya adalah masih berwarna segar. Meskipun beberapa hewan warna dagingnya lebih gelap namun biasanya tetap memiliki kejelasan warnanya.

Jadi tidak kusam ketika Sahabat Sehat lihat dari dekat karena itu menunjukkan bahwa kualitasnya sudah memburuk. Jadi apabila di pasar ada daging dengan warna pucat dan sudah layu jangan dibeli.

Bisa jadi kualitasnya sudah menurun bahkan menjadi sarang bakteri dan mikroba berbahaya. Sehingga Sahabat Sehat tetap harus waspada ketika membeli agar kesehatan keluarga tercinta terjaga.

BACA JUGA: 2 Menu Mpasi Daging Sapi, Enak dan Sehat

4. Teksturnya kenyal

Daging apapun ketika masih segar dan bagus ketika disentuh akan terasa cukup kenyal. Jadi ciri-ciri daging sapi yang masih bagus itu tidak kaku ketika Sahabat Sehat sentuh permukaannya.

Mengerasnya permukaan tersebut karena sudah kandungan air sudah keluar dari permukaannya. Dengan minimnya kadar air pada bagian luar akan membuat dagingnya menjadi keras.

Lalu bagaimana dengan daging basi yang direndam lagi dari segi teksturnya apakah berbeda. Tentu saja karena daging basi hasil rendaman akan sangat berair dan saat ditekan seperti spons.

Australia Wagyu Teriyaki Beku

Daging Sapi Slice

5. Kadar air tidak terlalu tinggi

Seperti sudah sedikit kami singgung sebelumnya kadar air dalam daging itu normalnya tidak terlalu tinggi. Jadi ketika menemukan produk dengan kadar air tinggi Sahabat Sehat perlu curiga.

Jangan-jangan itu adalah daging basi yang direndam sehingga bisa terlihat segar lagi. Jadi jangan ragu untuk menyentuh langsung terutama jika beli di wet market untuk memastikan kualitasnya terjaga.

Kelima ciri tersebut tentu saja dapat menjadi referensi apabila Sahabat Sehat belum pernah belanja daging secara langsung. Jadi bisa tahu seperti apa produk dengan kualitas bagus membedakannya dari produk berbahaya.

BACA JUGA: 2 Menu Sehat Ide Olahan Daging Sapi untuk Anak

Bagaimana Jika Membeli Daging Sapi secara Daring?

Sekarang Sahabat Sehat juga dapat membeli dagingnya secara daring melalui berbagai platform ecommerce. Tentu akan sulit karena Sahabat Sehat tidak tahu seperti apa kondisi dagingnya sebelum melakukan pembelian.

Salah satu cara agar bisa yakin kualitasnya bagus adalah tergantung pada platform penjualan. Jika membeli dari tempat terpercaya seperti sesa.id tentu saja semua kualitasnya sudah terjamin.

Sehingga tanpa mengetahui ciri-ciri daging sapi yang bagus Sahabat Sehat akan tetap memperoleh produk berkualitas. Ini adalah salah satu solusi paling mudah digunakan apabila tidak suka berbelanja di wet market.

Apabila Sahabat Sehat memang suka berbelanja secara daring selalu pastikan menggunakan platform terpercaya. Sesa.id dapat menjadi salah satu solusi terbaik karena semua kualitas barang disana sudah teruji.

Dengan menggunakan semua informasi tadi tentu pemilihan daging untuk keluarga tidak sulit lagi. Selalu ingat ciri-ciri daging sapi bagus agar ketika ingin memasak untuk keluarga bisa menghasilkan makanan sehat dan nikmat.

https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/ciri-ciri-daging-sapi-segar/