Home » Blog » Rahasia Resep Steak Tenderloin Nikmat Dan Lezat 

Rahasia Resep Steak Tenderloin Nikmat Dan Lezat 

resep steak tenderloin

resep steak tenderloin – Steak merupakan salah satu makanan lezat yang banyak disenangi masyarakat. Rasa gurih dari daging dan tambahan bumbu-bumbu membuat resep steak terderloin banyak dicari untuk dipraktekkan di rumah. 

Makanan steak banyak dijumpai di berbagai belahan dunia manapun. Steak diolah dengan cara dipanggang atau dibakar sampai menciptakan aroma wangi yang lezat.

Makanan yang banyak digemari ini telah ada sejak pertengahan abad ke 15, terbukti dengan resep yang dicantumkan dalam buku masak pada zaman tersebut. 

Banner Daging

Memasang Steak Tenderloin 

Daging yang digunakan untuk resep steak tenderloin adalah daging yang tidak mengandung lemak dalam jumlah banyak sehingga membuat harga steak lebih mahal. Harga dari steak tersebut mempengaruhi jumlah penyajiannya yakni lebih kecil dari steak sirloin. 

Steak tenderloin biasa disebut khas dalam, fillet mignon atau fillet. Steak tenderloin ini biasa disajikan pada acara-acara yang spesial. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak steak tenderloin relatif lebih cepat karena tidak mengandung banyak lemak di dalamnya. 

Selain menggunakan daging tenderloin, steak dapat diolah dengan sapi grass fed, merupakan salah satu sapi yang dipelihara dengan sistem diberi makan rumput, diberi vitamin alami, dilepas bebas suntik antibiotik, dan terbebas dari tambahan hormon. 

Keunggulan dari sapi grass fed yakni : 

  1. Mengandung lebih banyak Conjugated Linoleic Acid atau CLA yang merupakan salah satu nutrisi anti kanker 
  2. Bebas dari cemaran kimia seperti hormon dan antibiotik, bergizi dan aman dimakan
  3. Memiliki kandungan vitamin D lebih tinggi dikarenakan hewan tidak dikandang sehingga dapat menerima banyak sinar matahari secara langsung
  4. Ramah lingkungan, dapat mengurangi hama dan ramah lingkungan
  5. Kotoran dapat digunakan untuk mengembalikan kesuburan tanah. 

Banner Daging

Sahabat sehat dapat membuat olahan steak tenderloin menggunakan daging dalam bentuk olahan sapi beku dengan kualitas yang sama baiknya dengan daging segar. Daging beku sangat cocok digunakan untuk mengolah di keesokan hari. 

Tips menyimpan daging sapi beku adalah di dalam suhu freezer. Cara mengolah daging sapi beku diantaranya simpan daging beku pada suhu ruang hingga menjadi lunak, keluarkan daging dari kemasan dan olah daging sesuai kebutuhan. 

Langkah-Langkah Membuat Steak Tenderloin 

Bahan : 

  1. 150 gram tenderlon 
  2. 2 buah bawang putih 
  3. 150 gram kentang yang telah dikupas 
  4. 200 ml krim segar 
  5. Minyak zaitun 
  6. 50 gram mentega 
  7. 1 kuning telur 
  8. ½ sendok makan lemon 
  9. ½ sendok makan gula 
  10. 1 sendok makan cuka
  11. Garam dan merica secukupnya
  12. Daun peterseli 

Cara membuat : 

  1. Cuci bersih daging yang akan dijadikan steak 
  2. Bumbui dengan menggunakan garam dan merica hingga meresap. 
  3. Siapkan wajan dan masukkan 1 sendok makan mentega 
  4. Masak daging yang telah dilumuri bumbu 
  5. Tunggu hingga daging masak sesuai selera 
  6. Kemudian angkat dari wajan

Agar lebih nikmat sahabat sehat dapat menambahkan kentang yang telah direbus matang ditambah dengan saus steak. Memasak daging tenderloin lebih lembut karena mengandung lemak sehingga jika disandingkan dengan steak sirloin akan menghasilkan steak yang berbeda. 

Tunggu apalagi? Tentunya sahabat sehat sudah ngiler melihat resep steak tenderloin dan tidak sabar untuk mencobanya di rumah. Selamat mencoba membuat steak tenderloin dan semoga berhasil. 

Banner Daging

sumber: Pergikuliner
Photo by Taha Samet Arslan from Pexels