Home » Blog » Ciri-Ciri Daya Tahan Tubuh yang Baik dan 7 Cara Meraihnya dengan Mudah

Ciri-Ciri Daya Tahan Tubuh yang Baik dan 7 Cara Meraihnya dengan Mudah

ciri ciri daya tahan tubuh yang baik

ciri ciri daya tahan tubuh yang baik – Ciri-ciri daya tahan tubuh yang baik bisa ditandai dengan kemampuannya yang secara efektif mampu menangkal virus, bakteri, kuman, dan partikel jahat lainnya yang hinggap di dalam tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik dapat meningkatkan kesehatan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Bagaimana Mengetahui Ciri-Ciri Daya Tahan Tubuh yang Baik?

Sahabat Sehat sudah tahu kalau manfaat utama memiliki daya tahan tubuh yang baik adalah tubuh tidak mudah sakit. Tapi mungkin saja Sahabat Sehat bertanya-tanya, apakah hanya itu saja? Jawabannya ada di bawah ini.

Daya tahan tubuh yang baik, harus bisa bekerja secara efektif. Mengapa demikian? Untuk menghindari dampak kerusakan organ tubuh saat terjadi pertempuran melawan partikel-partikel jahat.

Jadi, daya tahan tubuh tidak boleh keliru dalam mendeteksi apakah itu virus atau bakteri, yang masuk ke dalam tubuh. Daya tahan tubuh tidak bisa sembarangan melawan, karena berbeda partikel jahatnya, maka berbeda pula cara menanganinya. Dengan kata lain, daya tahan tubuh harus mampu mengenali tubuh sendiri.

Saat daya tahan tubuh sudah mampu bekerja secara efektif, secara otomatis ia akan tahu kapan waktunya ia harus bekerja dan kapan harus berhenti. Dengan demikian, daya tahan tubuh bisa mengontrol tingkat sensitivitasnya pada tataran sedang. Karena apabila daya tahan tubuh terlalu sensitif, maka bisa saja timbul masalah lain berupa alergi.

Pada intinya, ciri-ciri daya tahan tubuh yang baik adalah mampu bekerja sesuai porsi dan proporsinya. Jadi, Sahabat Sehat perlu mempraktikkan cara meningkatkan daya tahan tubuh agar daya tahan tubuh tetap bisa bekerja sesuai prosedur.

Bagaimana Cara Memiliki Daya Tahan Tubuh yang Baik?

Pada dasarnya, Sahabat Sehat bisa memiliki daya tahan tubuh yang baik dengan cara melakukan pola hidup sehat sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi makanan bergizi dan kaya antioksidan

Sahabat Sehat perlu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dalam jumlah yang cukup. Selain itu, perlu juga mengonsumsi buah dan sayur, karena memiliki antioksidan yang tinggi, agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

  1. Minum air putih dengan cukup

Air putih sangat bagus untuk kesehatan, terlebih lagi betapa mudah mendapatkannya. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak meminum air putih dalam jumlah yang cukup.

  1. Melakukan olahraga dengan rutin

Sahabat Sehat bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga secara rutin. Dianjurkan untuk melakukannya paling tidak tiga puluh menit setiap harinya.

  1. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Ternyata, berat badan juga berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Berat badan yang tidak ideal, bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

  1. Tidak merokok dan tidak minum alkohol

Jika ingin daya tahan tubuh tetap terjaga, Sahabat Sehat dianjurkan untuk tidak merokok, terlebih lagi meminum minuman beralkohol karena kedua hal ini sangat mempengaruhi kesehatan.

  1. Mengelola stres

Tingkat stres yang tinggi, bisa meningkatkan hormon kortisol. Akibatnya, hormon ini akan mengganggu daya tahan tubuh saat berperang melawan penyakit. Untuk itu, perlu sekali melakukan refreshing agar tidak stres.

  1. Tidur dan istirahat dengan cukup

Tidur tidak bisa disepelekan. Jika seseorang kurang tidur, kesehatannya secara berangsur akan menurun, begitu juga dengan daya tahan tubuhnya. Jika sudah demikian, penyakit akan mudah menyerang. Maka dari itu, Sahabat Sehat perlu mengelola waktu agar tidur mendapat porsi waktunya dengan cukup.

Demikianlah informasi mengenai ciri-ciri daya tahan tubuh yang baik dan cara meraihnya dengan sangat mudah. Semoga bermanfaat.

Referensi: Suara
Photo by Yaroslav Shuraev from Pexels