Home » Blog » 5 Tanda Sistem Imun Dalam Tubuhmu Lemah

5 Tanda Sistem Imun Dalam Tubuhmu Lemah

tanda sistem imun lemah

tanda sistem imun lemah – Sistem imun dalam tubuh sahabat sehat dapat menjadi salah satu pelindung utama untuk seseorang supaya tidak mudah terserang sebuah virus. Tetapi sekarang ini masih banyak sekali orang yang memiliki sistem imun yang lemah. 

Tanda sistem imun lemah adalah mudah sekali terserang flu, pilek yang bisa sampai 2 hingga 3 kali dalam satu tahun, hal itu masih dianggap wajar tetapi jika sudah berlebihan maka itu menjadi salah satu tanda sistem imunnya begitu lemah. 

Biasanya orang yang memiliki fungsi sistem imun yang lemah akan mudah sekali merasa lelah dan tidak adanya semangat dalam melakukan sebuah aktivitas. 

Berikut tanda-tanda lain bahwa sistem tubuh Sahabat Sehat lemah.

Mudah Terkena Flu

Tanda sistem imun lemah yang satu ini masih dibilang cukup normal bagi orang dewasa untuk pilek dan bersin pada tiap tahunnya. Pada kebanyakan orang flu tersebut akan sembuh dengan sendirinya antara 7 – 10 hari. Pada saat itu, tubuh kita akan membutuhkan 3 – 4 hari supaya lebih dapat kembangkan antibodi dan melakukan perlawanan terhadap kuman yang mengganggu tersebut. 

Tetapi yang perlu kamu waspadai adalah jika kamu mudah sekali terserang flu dan memiliki flu yang tidak kunjung sembuh. Hal tersebut merupakan salah satu tanda sistem imun lemah dan berusaha melawan virus yang ada dalam tubuh. 

Sangat Mudah Sekali Terserang Infeksi

Bila kamu adalah salah satu orang yang mudah sekali mengalami infeksi, besar kemungkinan sistem imun dalam tubuh sahabat sehat sedang dalam bahaya. Hal itu menjadi tanda sistem imun lemah, selain hal tersebut masih ada beberapa tanda lagi jika keadaan imun sedang tidak baik-baik saja :

  • Terserang pneumonia 2 kali dalam satu tahun. 
  • Terkena sinusitis yang kronis dalam satu tahun. 
  • Mengalami sebuah infeksi telinga dalam waktu satu tahun. 

Sakit Kepala

Jika sistem imun kita sedang lemah sahabat sehat besar kemungkinan akan lebih cepat dalam mengalami stres yang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Stres dalam jangka waktu yang panjang akan bisa lebih melemahkan pada respon sistem imun tubuh. 

Karena stres tersebut dapat menurunkan tingkat limfosit, sehingga akan lebih mudah untuk terkena infeksi penyakit. Salah satu gejala yang bisa timbul, jika sahabat sehat sedang mengalami stres yang tinggi adalah sakit kepala, tekanan darah rendah dan nyeri pada dada. 

Mempunyai Sebuah Luka Yang Akan Lama Sembuhnya

Pada umumnya kulit akan mengalami fase penyembuhan pada saat tergores, terpotong maupun terbakar. Tubuh kita akan bekerja untuk melindungi luka dengan cara menyalurkan darah yang begitu kaya akan nutrisi pada luka sehingga nantinya akan membantu dalam regenerasi kulit. 

Penyembuhan tersebut akan bergantung pada sel imun yang masih sehat. Jika sistem imun kita sedang lemah akan mengakibatkan kulit tidak bisa untuk melakukan regenerasi. Sehingga luka akan sulit untuk cepat sembuhnya. 

Cepat Merasa Lelah

Jika sahabat sehat merasa sudah cukup dalam tidur tetapi masih saja merasa lelah itu bisa saja menjadi sebuah tanda sistem imun lemah sedang terjadi. Ketika sistem imun dalam tubuh kita sedang tidak baik-baik saja, maka tingkatan energi juga akan mengalami kelemahan.

Hal itu disebabkan karena tubuh sedang berusaha untuk lebih menghemat energi, supaya dapat mengisikan daya pada sistem imun kita sehingga nantinya dapat melawan bakteri dan virus yang ada pada tubuh kita ini supaya tidak mudah terserang penyakit. 

sumber: Halodoc
Photo by cottonbro from Pexels