Home » Blog » Antara Pria Dan Wanita, Siapakah Yang Kekebalan Tubuhnya Lebih Kuat ? 

Antara Pria Dan Wanita, Siapakah Yang Kekebalan Tubuhnya Lebih Kuat ?

sistem kekebalan tubuh wanita vs pria

sistem kekebalan tubuh wanita vs pria – Jika sahabat sehat selama ini beranggapan bahwa sistem kekebalan tubuh pada seorang wanita lebih rendah jika kita bandingkan dengan pria, ternyata untuk asumsi tersebut tidaklah terbukti akan kebenarannya.

Manakah yang lebih baik, sistem kekebalan tubuh wanita vs pria?

Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Belgia, jika kelebihan kromosom X pada seorang wanita itu yang menyebabkan jika wanita mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat dari pada seorang pria. 

Bahkan berdasarkan data statistik juga menunjukkan, wanita sebagai seorang mamalia betina akan hidup lebih lama jika dibandingkan dengan pria dan akan lebih memiliki kemampuan dalam menerima sebuah peristiwa shock, infeksi dan trauma. 

Pada seorang pria akan lebih memiliki dua hingga lima kali lipat terkena resiko mengembangkan sebuah penyakit dan mudah terkena virus dan bakteri.

Selain dari kromosom tolak ukur dari sistem kekebalan tubuh wanita vs pria dapat dilihat dari hormon tertentu. Jika pada pria hormon testosteron yang akan jadi pemicu turunnya sistem antibodi. Pria yang mempunyai hormon testosteron yang tinggi akan lebih cenderung mempunyai antibodi yang rendah. 

Pada saat testosteron turunkan antibodi, maka pada hormon estrogen akan memiliki sebuah reaksi yang berlebih supaya dapat lindungi tubuh. Reaksi emosional yang dilakukan oleh seorang wanita akan dianggap sebagai cara hormon tersebut dapat melindungi tubuh. 

Langkah meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk pria dan wanita

Jika kita lihat berdasarkan genetika bahwa seorang wanita lebih mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik jika kita bandingkan dengan seorang pria, tetapi situasi tersebut ada saatnya bisa saja dapat mengalami sebuah perubahan. Oleh karena itu kita tetap harus berusaha meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, dengan cara seperti di bawah ini :

Konsumsi Vitamin

Jika tubuh memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh maka dia akan memberikan sebuah tanda kepadamu. Biasanya tanda tersebut adalah ketika badan sahabat sehat sudah merasa tidak enak dan terserang flu.

Jika kondisi tersebut sudah dialami lebih baik sahabat sehat segera mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang cukup tinggi supaya segera dapat memaksimalkan sistem kekebalan tubuh sahabat Sehat sekalian. 

Melakukan Olahraga Dengan Rutin

Olahraga adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk lebih tingkat sistem kekebalan tubuh melalui latihan secara fisik yang akan lebih tingkat kebugaran dan ketahanan pada tubuh. Olahraga ini juga akan lebih dapat memaksimalkan kinerja pada jantung dan kinerja otak dan akan lebih membuat kita berpikir lebih jernih sehingga tidak akan mudah terkena sebuah penyakit. 

Konsumsi Makanan Sehat 

Sistem kekebalan tubuh wanita vs pria tetap saja harus selalu seimbang dengan cara menerapkan pola makan yang sehat. Konsumsi makanan sehat akan semakin lebih meningkatkan pada sistem kekebalan tubuh sahabat Sehat. Ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk lebih tingkatkan kekebalan tubuh, seperti buah-buahan, berbagai macam sayuran, vitamin C, makanan yang banyak kandungan proteinnya, dan juga vitamin E. 

Lakukan Berbagai Hal Yang Bisa Membuat Kamu Lebih Bahagia

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah Universitas di New York, jika kita mempunyai sebuah perasaan yang sedih maka itu dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh yang kita miliki. Maka dari itu, membuat diri ini lebih bahagia dan selalu memotivasi diri sendiri supaya selalu bahagia dan melakukan berbagai hal yang positif maka dapat lebih mampu untuk tingkat sistem kekebalan tubuh. 

Referensi: Halodoc
Photo by Pavel Danilyuk from Pexels