Home » Blog » Apa itu Daging Tenderloin? Mengapa Steak Daging Tenderloin Mahal?

Apa itu Daging Tenderloin? Mengapa Steak Daging Tenderloin Mahal?

daging tenderloin adalah

Sahabat Sehat lebih suka tenderloin atau sirloin? Setiap orang punya alasannya sendiri kenapa mereka memilih jenis daging tertentu. Kalau mempertimbangkan isi dompet, tentunya orang-orang lebih memilih sirloin.

Tapi kira-kira kenapa ya banyak orang mau mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli daging tenderloin?

Katanya daging tenderloin itu teksturnya lebih lembut dan empuk, serta rasa yang juicy dan gurih, sehingga lebih banyak diminati banyak orang.

Itu saja? Apa alasan lainnya? Yuk Sahabat Sehat kenali daging tenderloin yang terkenal ini.

Apa sih tenderloin itu?

Daging tenderlion adalah otot lonjong yang sering disebut psoas major, dari tulang pinggul hingga ke tulang rusuk ke-13, yang terdapat di sepanjang bagian tulang belakang yang letaknya tepat di balik ginjal sapi dan otot tersebut terbungkus lapisan lemak tebal yang sering disebut lemak ginjal.

Dimana otot ini tidak banyak digunakan untuk bergerak sehingga tekstur daging tenderlion sangat empuk. Singkatnya daging tenderlion terletak pada bagian tengah sapi.

Tekstur daging tenderloin

Banner Daging
Potongan daging tenderloin yang diambil dari bagian tengah sapi yang otot – ototnya sangat jarang bekerja sehingga memiliki tekstur daging yang lembut dan empuk.

Bahkan hanya dengan melihatnya saja, kita dapat mengenali jenis daging tenderloin karena penampangnya yang tak berotot dan tidak mempunyai serat. Maka wajar saja harga daging tenderlion sedikit lebih mahal dibandingkan dengan daging sirloin.

Cara mengolah tenderloin

Karena tekstur yang dimiliki daging tenderloin adalah lembut dan empuk, maka tidak perlu di masak terlalu lama jika dimasak terlalu lama maka struktur dagingnya akan berubah dan akan menjadi lebih keras. Selain steak, olahan daging tenderloin lain yang sering dan biasa disajikan dalam bentuk sate, rendang, kare atau semur.

Memasak steak tenderloin sebaiknya tidak perlu terlalu lama, masak dengan api besar hingga bagian luarnya berubah warna menjadi kecoklatan dan biarkan bagian dalamnya berair, atau sering disebut medium-rare.

Karena tekstur lembut dan gurihnya, bumbu yang digunakan cukup dengan mentega, garam, lada hitam untuk menambah cita rasanya.

Harga daging tenderloin

Biarpun sahabat sehat dapat dengan mudah mendapatkan daging tenderloin dengan mudah di pasaran, namun dengan kualitas rasa dan tekstur dari daging tenderloin memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan daging – daging lain.

Jika sahabat sehat ingin membuat steak, daging sirloin grass fed bisa menjadi pilihan alternatif. Selain harganya lebih terjangkau dibanding tenderloin, daging jenis ini memiliki kelebihan lain.

Misalnya dagingnya lebih banyak mengandung vitamin D karena sapi – sapi ini dipelihara dengan cara dilepas di alam bebas sehingga lebih banyak terkena sinar matahari, serta bebas cemaran kimia karena mendapat pakan rumput alami yang bebas dari vitamin buatan dan tambahan hormon juga bebas suntik antibiotik.

Selain itu, daging sirloin grass fed mengandung lebih banyak lemak sehat dan omega-3 yang baik untuk jantung, serta kaya akan CLA (Conugated Linoeic Acid) yang dikenal sebagai nutrisi anti kanker.

Dan kelebihan lainnya semasa sapi ini hidup secara alami mengurangi hama alam dan kotorannya dapat membantu menyuburkan tanah sehingga lebih ramah lingkungan.

Itulah sekilas tentang daging tenderloin dan mengapa daging tenderloin adalah pilihan bahan baku steak terbaik. Jika sahabat sehat menyukai daging dengan tekstur lembut dan juicy maka steak tenderloin adalah jawabannya.

Banner Daging

Referensi : Steak tenderloin