Home » Blog » Memilih Daging Sapi untuk Membuat Tenderloin Steak yang Sehat

Memilih Daging Sapi untuk Membuat Tenderloin Steak yang Sehat

tenderloin steak adalah

Tenderloin steak adalah masakan yang dibuat dari potongan daging sapi bagian otot lonjong yang yang memanjang di sepanjang bagian belakang tulang belakang. Steak tenderloin memiliki tekstur yang lembut. Biasanya dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang sampai keluar aroma menggoda yang begitu lezat. 

Kata steak berasal dari bahasa Skandinavia yakni “steik” dengan arti irisan daging tebal yang dipanggang dalam kamus The Oxford English Dictionary. Steak sudah ada sejak abad ke 15, maka tak heran jika dalam buku resep zaman tersebut telah terdapat langkah memasak steak. 

Perbedaan Steak Sirloin Dan Steak Tenderloin 

Ketika memesan steak pada sebuah restaurant akan diberikan pilihan steak sirloin atau steak tenderloin. Steak tenderloin adalah steak yang dibandrol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan steak sirloin karena dagingnya tidak mengandung banyak lemak. 

Banner Daging

Steak Tenderloin

Dari segi penyajian pun berbeda karena saat memesan steak tenderloin potongan daging lebih kecil karena mahalnya harga yang diberikan. Steak tenderloin dapat disebut juga fillet mignon, fillet dan khas dalam. Daging tenderloin terletak di bagian tengah sapi. 

Memasak daging tenderloin akan semakin nikmat jika ditambah dengan bumbu-bumbu yang tepat. Cara memasaknya pun sangatlah mudah karena tidak membutuhkan waktu lama daging sudah lembut. Apabila dimasak dalam waktu yang terlalu lama akan membuat daging cepat keras dan kering. 

Steak Sirloin

Sedangkan steak sirloin adalah bagian otot sapi yang sering digunakan untuk bergerak. Dalam bagian sapi, sirloin dibagi menjadi tiga yakni dua berada pada bagian bawah tenderloin dan satu lagi pada bagian atas. 

Steak sirloin biasa disajikan saat acara-acara santai. Sirloin memiliki kandungan lemak yang cukup banyak dari tenderloin. Apabila dimasak dengan benar akan menghasilkan steak yang gurih, empuk dan juicy atau berair. 

Daging Sapi Untuk Membuat Steak 

Saat membeli daging sapi terdapat tabel sapi grain fed dan grass fed. Sapi grass fed adalah sapi yang dipelihara dengan cara diberi makan rumput dan dilepas, tidak diberi vitamin buatan, tidak diberi tambahan hormon dan bebas dari suntik antibiotik.

Sedangkan sapi grain fed merupakan sapi yang diberi makan berupa sereal, jagung dan biji-bijian tertentu. Perbedaan pakan dari kedua sapi tersebut akan menghasilkan karakteristik daging yang berbeda-beda dan mempengaruhi rasa ketika dimasak. 

Keunggulan dari sapi grass fed diantaranya : 

  1. Mengandung lebih banyak omega 3 dan lemak sehat yang bermanfaat untuk kesehatan jantung 
  2. Memiliki kandungan vitamin D lebih tinggi dikarenakan hewan tidak dikandangkan melainkan bebas menerima cahaya matahari secara langsung
  3. Memiliki kandungan CLA atau conjugated linoleic acid atau yang biasa dikenal sebagai salah satu nutrisi anti kanker
  4. Kotoran dapat digunakan untuk mengembalikan kesuburan tanah 
  5. Ramah lingkungan dan dapat mengurangi hama secara alami 
  6. Nontoxic alternatif atau alternatif untuk  konsumsi daging sapi yang bebas dari pencemaran bahan kimia seperti hormon serta antibiotik, lebih bergizi dan aman untuk dikonsumsi. 

Bagi sahabat sehat yang ingin membuat steak tenderloin dan bingung dimana harus membeli daging steak yang segar dan organik. Sahabat Sehat dapat mampir di SESA.ID tempat jual daging sapi organik untuk steak tenderloin. 

Banner Daging

sumber: Pergikuliner
Photo by Yana Mazhuha from Pexels