Home » Blog » 4 Bagian Daging Steak : Jangan Salah Pilih!

4 Bagian Daging Steak : Jangan Salah Pilih!

jenis daging sapi untuk steak

Siapa yang tidak mengenal daging steak? Makanan yang diolah dari daging sapi ini selalu memanjakan lidah. Secara khas, jenis daging sapi untuk steak memang memiliki tekstur juicy yang didapatkan melalui proses dipanggang. Selain itu, kombinasi antara salad sayuran, kentang goreng, dan saus barbeque menjadi pelengkap hidangan ini.

Selain rasa, daging sapi juga memiliki banyak kandungan gizi. Daging sapi mengandung nutrisi, seperti protein berkualitas tinggi, lemak, vitamin, dan zat besi. Nutrisi pada daging sapi berguna untuk pertumbuhan otot dan pemeliharaan tubuh. 

Pada umumnya, hidangan utama atau main course harus memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh yang dari komponen daging hewani, sayur, dan karbohidrat. Oleh karena itu, steak selalu menjadi hidangan utama atau main course. 

Akan tetapi, saat memasak steak, jenis daging, bagian daging, dan tingkat kematangan menjadi tolok ukur enak dan tidaknya makanan tersebut. Sahabat Sehat yang suka menikmati steak, mungkin tidak asing lagi, bukan? Namun, bagi Anda yang ingin mencoba, perlu diperhatikan terlebih dahulu bagian daging sapi yang cocok dijadikan olahan steak 

Bagian Daging Sapi untuk Steak 

Nah, agar tidak salah pilih, ada baiknya Sahabat Sehat mengetahui bagian-bagian daging sapi yang dapat diolah menjadi steak. 

  1. Sirloin, bagian ini biasanya disebut dengan daging sapi has luar atau bagian punggung luar dekat dengan paha belakang. Tekstur bagian daging ini sedikit lebih keras dari tenderloin. Namun, sirloin menjadi bagian daging steak yang paling banyak diminati. Memasak daging ini juga harus berhati-hati, tidak boleh terlalu matang dan tidak boleh terlalu mentah. Jadi, tingkat kematangannya harus on point atau tepat. 
  2. Tenderloin, bagian daging ini disebut daging has dalam yang terletak pada bagian dalam ke belakang badan sapi dekat dengan ekor. Dalam IDNTimes, tenderloin memiliki tekstur daging yang lembut setelah diolah. Selain itu, bagian daging ini memiliki lapisan lemak yang sedikit.
  3. Rib Eye atau fillet scotch merupakan bagian daging yang diambil di sekitar tulang rusuk. Bagian daging ini memiliki banyak lemak yang dapat menghasilkan rasa yang juicy. Rib eye biasanya disajikan dengan potongan besar dan menjadi salah satu bagian yang digemari pecinta steak.
  4. Dilansir IDNTimes, T-Bone merupakan bagian daging dari potongan tulang pinggang pendek sapi yang berbentuk huruf T, sehingga dinamakan t-bone. Lalu, ada dua bagian yang berbeda, yaitu satu sisi merupakan tenderloin dan satu sisi lain sirloin. Meski, tidak selembut bagian daging lainnya, t-bone mengeluarkan rasa yang juicy dan gurih

Tingkat Kematangan Daging Steak

Setelah memilih jenis bagian daging sapi untuk steak yang cocok, Sahabat Sehat juga perlu memahami tingkat kematangan yang pas. Mengolah daging sapi memang harus berhati-hati agar daging menghasilkan cita rasa yang nikmat.

  1. Rare, tingkat kematangan ini masih terbilang mentah. Jika, Sahabat Sehat memilih tingkat kematangan ini berarti hanya bagian luar saja yang telah matang dan bagian dalam masih berwarna merah. Dengan kematangan rare, daging dapat mengeluarkan minyak yang masih bercampur dengan darah. 
  2. Medium rare, tingkat kematangannya berada satu level diatas rare. Akan tetapi, daging masih dalam keadaan mentah.
  3. Medium merupakan tingkat kematangan steak yang paling pas dan lezat. Hampir setengah bagian steak sudah matang. Namun, masih terdapat bagian daging yang berwarna merah saat mengiris daging pada bagian tengahnya. Kematangan ini menghasilkan tekstur yang lembut, empuk, dan juicy. 
  4. Dalam Suara medium well memiliki tingkat kematangan yang hampir seluruh daging telah matang sempurna sekitar 80%. Daging dengan kematangan ini menghasilkan tekstur yang kenyal dan sedikit berair. Warna permukaan daging juga cenderung berwarna coklat dan tidak terlalu berwarna merah.
  5. Welldone merupakan tingkat kematangan sempurna tanpa menyisakan warna merah pada daging. Jika, Sahabat Sehat tidak bisa memakan daging yang masih berwarna merah. Kematangan ini cocok dipilih untuk masakan steak Anda. Permukaan daging sapi berwarna coklat dan memiliki tekstur yang cenderung keras, serta tidak juicy. 

Nah, tertarik untuk mencoba dan menikmati hidangan ini bukan? Sahabat Sehat dapat menggunakan jenis daging grass fed tinggi nutrisi. Silahkan berbelanja daging sapi dan kebutuhan harian lainnya melalui situs belanja online SESA.ID

 

Sumber referensi : Suara

Gambar oleh gurkan erol dari Pixabay