Home » Blog » Segar dan Sehat, Ini 5 Cara Membuat Jus Semangka

Segar dan Sehat, Ini 5 Cara Membuat Jus Semangka

cara membuat jus semangkat

Sahabat sehat, menikmati segelas jus semangka di siang hari pasti sangat segar ya. Semangka adalah buah yang kaya kandungan air, vitamin, mineral dan antioksidan. Salah satu manfaat jus semangka yaitu mengatasi dehidrasi, menyehatkan pencernaan, membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga daya taha tubuh. Ada banyak cara membuat jus semangka yang segar dan sehat. 

Rasa buah semangka yang segar dan manis cocok dipadukan dengan aneka buah dan sayur. Buah semangka juga cocok dibuat jus dengan tambahan madu, susu atau yogurt. Yuk, simak beberapa cara membuat jus semangka yang nikmat dan segar ini!

Jus Semangka Susu

Cocok meneguk jus semangka susu di tengah atau sore hari ketika Sahabat sehat merasa lelah setelah beraktivitas. Jus semangka susu dingin akan mengembalikan energi dan semangat seketika. Gunakan susu rendah lemak supaya kandungan kalori jus tidak berlebihan, ya! 

Cara membuat jus semangka susu:

  • Siapkan bahan-bahannya: 700 gram potongan buah semangka, 400 ml susu cair, 2 sendok makan madu atau kental manis, 200 gram es batu jika suka jus dingin.
  • Masukkan semua bahan jus ke dalam blender dan haluskan. Tuang jus ke dalam gelas saji dan nikmati selagi segar.   

Jus Semangka Jeruk Nipis

Suka rasa jus yang segar dan manis sekaligus. Jus semangka jeruk nipis cocok nih dinikmati sebagai minuman segar dan mengenyangkan sambil menunggu jam makan siang atau jam makan malam tiba. Tentu jus lebih segar dari camilan tinggi kalori ya, Sahabat sehat. 

Cara membuat jus semangka jeruk nipis:

  • Siapkan bahan-bahannya: 2 gelas potongan buah semangka, 1 buah jeruk nipis segar.
  • Masukkan potongan buah semangka ke dalam juicer dan haluskan. 
  • Sajikan di gelas saji dan tambahkan perasan jeruk nipis dan potongan es batu, aduk sebentar dan nikmati. 
  • Jika ingin memberi rasa manis Sahabat sehat boleh tambahkan satu sendok makan madu. 

Jus Semangka Sawi Hijau

Jus semangka untuk diet sehat dikombinasikan dengan sawi hijau. Rasa manis alami dari semangka akan membuat jus sayur semakin nikmat. Jus semangka dan sawi hijau juga sangat cocok untuk ibu hamil dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jus semangka sawi hijau kaya akan vitamin A, C dan K serta kaya antioksidan. 

 Cara membuat jus semangka sawi hijau:

  • Siapkan bahan-bahannya: 500 gram semangka (sebaiknya gunakan semangka kuning agar warnanya cerah, tapi gunakan semangka merah pun tidak masalah), 5 batang sawi hijau segar, 1 buah jeruk nipis. 
  • Buah semangka dan sawi dipotong-potong. Masukkan semangka, sawi hijau dan air jeruk nipis ke dalam juicer. Jus semangka sawi hijau lebih nikmat diminum saat dingin. 

Sahabat sehat, cara membuat jus semangka bisa menggunakan blender atau juicer. Jika menggunakan juicer maka tidak perlu menambahkan cairan atau air. Juicer dapat membuat buah dan sayur mengeluarkan air dari sari alaminya sehingga nutrisinya lebih utuh. 

Pilihlah juicer yang multifungsi dan punya kapasitas besar sehingga bisa membuat jus lebih praktis untuk keluarga. Kuvings Whole Slow Juicer merupakan pilihan juicer berkualitas untuk menghasilkan jus buah dan sayur yang segar dengan nutrisi tetap terjaga. Sahabat sehat bisa menemukan pilihan juicer terbaik sesuai kebutuhan di SESA.ID

 

Referensi: Cookpad

Photo by Leah Rolando from Pexels