Home » Blog » 6 Makanan Bernutrisi Penting untuk Kesehatan Otak

6 Makanan Bernutrisi Penting untuk Kesehatan Otak

nutrisi penting untuk otak

Sering lemot di kala rapat kantor? Wah, bisa jadi Sahabat Sehat kekurangan asupan penting untuk kesehatan otak, lho! Strategi yang paling penting untuk meningkatkan kinerja otak adalah adalah mengikuti pola diet sehat. Dengan mengonsumsi ragam makanan sehat seperti  buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat menjadi asupan penting untuk otak.

Selain itu, mengonsumsi beragam sumber protein dari bahan nabati dan ikan serta lemak sehat, seperti minyak zaitun atau kanola adalah langkah untuk menjaga kesehatan otak. Nah, apa saja ya makanan-makanan yang dinilai menjadi superfood untuk otak kita? Simak penjelasannya berikut ini!

Ragam Pilihan Makanan Sehat untuk Otak

Masukkan superfood ini ke dalam menu makan harian kamu, dan Sahabat Sehat dapat meningkatkan peluang untuk memelihara kesehatan otak sepanjang hidupmu. Yuk coba!

Buah Berry

Flavonoid adalah pigmen tumbuhan alami yang memberi buah berry warna cemerlang. Flavonoid terbukti dapat membantu meningkatkan daya ingat. Dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Annals of Neurology, menemukan kalau wanita yang mengonsumsi dua atau lebih porsi stroberi dan blueberry setiap minggu dapat menunda penurunan daya ingat.

Tak hany itu, dengan mengonsumsi buah berry, khususnya blueberry, dapat efektif untuk memperbaiki atau menunda hilang ingatan sesaat. Blueberry juga membantu melindungi otak dari stres oksidatif dan dapat mengurangi efek dari kondisi kognitif lain yang berhubungan dengan usia, seperti Alzheimer dan Demensia.

Ikan

Asam lemak esensial yang terdapat dalam ikan dengan kandungan minyak tinggi tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Oleh karena itu harus diperoleh dari asupan makanan. Lemak ini penting untuk kesehatan otak. DHA juga memiliki peran penting terhadap keberlangsungan fungsi neuron.

Salmon, tuna, mackerel, sarden, dan ikan berminyak tinggi lainnya, kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Asam lemak omega-3 berbentuk aktif seperti EPA dan DHA mudah dicerna oleh tubuh sehingga mencegah Sahabat Sehat dari penyakit Alzheimer.

Bila Sahabat Sehat adalah seorang vegetarian, jangan lupa mengonsumsi suplemen omega-3 berbahan dasar nabati, juga cukupi asupan alami dengan menambahkan chia seed, biji rami, kacang kedelai, biji labu, kacang walnut, dan minyaknya — yang juga tinggi akan vitamin E.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, seledri, dan brokoli, kaya akan nutrisi yang menyehatkan otak, misalnya vitamin K, lutein, folat, dan beta karoten. Penelitian menunjukkan makanan nabati ini dapat membantu memperlambat penurunan kognitif. Kandungan vitamin K pada brokoli dikenal efektif meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak. Brokoli juga mengandung senyawa glucosinolates tinggi, yang berfungsi memperlambat kerusakan pada neurotransmitter, asetilkolin, yang dibutuhkan agar sistem saraf pusat dalam otak bisa bekerja dengan baik dan sekaligus menjaga kesehatan otak dan ingatan yang tajam.

Gandum

Gandum utuh, seperti oatmeal, roti gandum, sereal gandum, dan beras merah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jantung yang sehat artinya peredaran darah yang juga baik. Kesehatan kardiovaskular yang baik, artinya Anda mempromosikan asupan darah yang baik ke seluruh sistem organ, termasuk otak.

Kacang Kenari

Kacang merupakan salah satu sumber protein dan lemak sehat yang sangat baik, dan kacang kenari khususnya dapat meningkatkan daya ingat. Kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang disebut asam alfa-linolenat (ALA), yang membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi arteri yang baik untuk jantung dan otak.

Alpukat

Makanan yang kaya akan vitamin E dan C ini termasuk buah yang tinggi lemak, namun kandungan lemak dalam buah legit ini tergolong sebagai lemak tak jenuh tunggal, yang berkontribusi terhadap sirkulasi darah sehat. Aliran darah yang sehat artinya otak yang sehat.

Variasi dari sejumlah makanan di atas dapat membantu Anda memelihara kesehatan otak. Namun, jangan lupa bahwa pola makan sehat harus diikuti dengan olahraga rutin agar dapat menjaga asupan oksigen ke otak dengan baik. Pilihlah makanan yang organik, alami, dan pasti terjaga kualitasnya. Lengkapi kebutuhan makanan untuk #SehatSekarang -mu agar asupan nutrisi otak tetap terjaga dengan berbelanja di sesa.id!