Home » Blog » 5 Jenis Apel untuk Diet Menurunkan Berat Badan

5 Jenis Apel untuk Diet Menurunkan Berat Badan

jenis apel untuk diet

Ada banyak jenis apel dari seluruh belahan dunia. Apel termasuk tanaman yang berbuah tanpa mengenal musim, sehingga apel selalu tersedia sepanjang tahun. Rasa apel beragam tergantung jenisnya. Ada rasa apel yang asam dan ada yang manis.

Sahabat sehat, ada beberapa jenis apel yang cocok dikonsumsi sebagai makanan diet. Jenis apel untuk diet dipilih berdasarkan kandungan nutrisi yang terbaik. Apel dengan serat dan protein yang tinggi cocok dikonsumsi saat diet. 

Simak 5 jenis apel untuk diet menurunkan berat badan berikut ini!

Apel Jonathan dari Indonesia

Kota Malang terkenal dengan penduduknya yang membudidayakan banyak jenis apel. Salah satu apel asal Malang yang terkenal adalah Apel Jonathan. Apel Jonathan punya kulit yang tipis berwarna hijau muda.  

Nutrisi apel Jonathan tak kalah dengan apel import. Kandungan serat, protein dan zat besinya sangat tinggi. Apel Jonathan pas untuk diet karena tinggi serat yang berguna dalam proses metabolisme tubuh.

Apel Cameo dari Washington

Apel Cameo adalah apel berwarna merah dengan bercak garis kekuningan. Jenis apel ini mudah ditemukan di rak buah supermarket. Ciri khas apel ini adalah kulitnya cukup tebal, rasanya manis dan kandungan airnya sangat tinggi. 

Apel Cameo cocok untuk menjadi camilan diet sehat. Rasanya manis dan tinggi kandungan serat. Apel ini enak dimakan langsung atau dijadikan jus buah segar dengan rasa manis alami.

Apel Granny Smith dari Australia

Apel Granny Smith punya warna kulit hijau cerah. Kandungan seratnya sangat tinggi, bahkan kulit Apel Granny Smith mengandung serat yang menyehatkan. Apel Granny Smith sangat cocok sebagai jenis apel untuk diet. Apel berkulit hijau ini tinggi antioksidan, vitamin A dan vitamin C.

Rasanya renyah dengan perpaduan asam dan manis yang tidak berlebihan.  Apel Granny Smith sangat lezat diolah menjadi salad buah dengan aneka dressing yang lezat.

Apel Golden Delicious 

Seperti namanya Apel Golden Delicious punya warna kulit yang kuning keemasan. Tidak hanya cantik dari luar, rasa apel ini sangat enak karena daging buahnya lunak dan manis. Kandungan serat Apel Golden Delicious mencapai 3.3 gram dalam 1 buah apel ukuran sedang. 

Apel jenis ini mengandung gula alami yang tidak membahayakan tubuh walaupun dikonsumsi rutin. Apel Apel Golden Delicious adalah jenis apel untuk diet yang lezat dimakan langsung atau dibuat salad buah.    

Apel Fuji 

Apel Fuji banyak dibudidayakan di negara Asia. Apel ini jadi favorit karena punya rasa yang semanis madu. Kulit apel fuji berwarna merah, daging buahnya tebal dan renyah. Apel Fuji salah satu varian apel yang sangat kaya gizi karena dibudidayakan secara alami tanpa modifikasi genetik. 

Apel Fuji kaya antioksidan, serat, vitamin A, B, C dan zat besi. Apel jenis ini punya nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh saat menjalankan diet. Apel Fuji enak dimakan langsung atau diolah menjadi jus, smoothie, pie apel, selai apel dan sebagainya.

  

Sahabat sehat, bisa memilih jenis apel untuk diet sesuai selera. Pada dasarnya, apa pun jenis apel punya kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda, hanya saja kadar serat, protein dan vitamin dalam 1 buah apel bisa berbeda-beda. 

Memilih jenis apel untuk diet haruslah memperhatikan kesegaran apel yang akan dikonsumsi. Sahabat sehat bisa mendapatkan apel yang segar dan kaya nutrisi untuk diet di sini.

Referensi: Sehatq

Photo by Carlo Martin Alcordo from Pexels