Home » Blog » 7 Fungsi Vitamin D3 untuk Kesehatan Tubuh

7 Fungsi Vitamin D3 untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah sahabat sehat fungsi vitamin D3 untuk kesehatan tubuh, dan bisa dijadikan sebagai pencegah beberapa penyakit. Vitamin D3 merupakan salah satu bagian dari vitamin D, terkadang untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin D3 dibutuhkan Suplemen Vitamin D3.

Mengenal Bagaiman Vitamin D Bekerja

Seperti yang sudah di sebutkan diatas vitamin D3 merupakan bagian dari vitamin D, dan Vitamin D terbagi dari

Ergocalciferol -D2 ( Ergokalsiferol, secara alami ditemukan di beberapa tanaman.)

Cholecalciferol -D3 ( Kolekalsiferol, secara alami ditemukan dan diproduksi oleh kulit saat terkena sinar matahari serta juga ditemukan pada hewan. )

Adalah vitamin yang larut dalam lemak yang membantu tubuh Anda menyerap kalsium dan fosfor dalam makanan. Memiliki jumlah vitamin D , kalsium , dan fosfor yang tepat penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat. Untuk suplemen, D3 dianggap lebih baik dari D2.

DAPATKAN SUPLEMEN D3 DAN SUPLEMEN KESEHATAN LAINNYA DI SESA.ID

Fungsi Vitamin D3 untuk Kesehatan Tubuh

1. Kekebalan Daya Tahan Tubuh

Dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda melawan virus dan infeksi bakteri . Penelitian menunjukkan itu membantu Anda mencegah:

  • Infeksi saluran pernafasan akut
  • Pneumonia
  • Mungkin, COVID-19

2. Bantu Menurunkan Berat Badan

Fungsi vitamin D3 dalam menurunkan berat badan masih dalam pembicaraan dan masih dicari kebeneranya. Bagaimana sebuah penelitian yang sudah dilakukan wanita pasca-menopause diberi suplemen vitamin D3 untuk intervensi penurunan berat badan.

Hasilnya menunjukan bahwa wanita memiliki kadar vitamin D3 yang memadai kehilangan lebih banyak lemak tubuh, sehingga mengalami penurunan berat badan.

Sedangkan penelitian lainnya telah menyimpulkan bahwa vitamin D tidak mendorong penurunan berat badan. Jadi masih diperlukan penelitan lebih lanjut.

Vitamin D3 400 IU NOW

Vitamin D3 400 IU NOW

3. Kesehatan Tulang

Sahabat sehat Vitamin D bekerja dengan kalsium untuk mendukung tulang Anda. Jika sahabat sehat  kekurangan vitamin D, tubuh sahabat sehat tidak bisa mendapatkan kalsium dari makanan. Jadi itu mencurinya dari tulangmu. Hal ini menyebabkan:

  • Tulang yang lebih lemah
  • Fraktur
  • Osteoporosis

Mendapatkan lebih banyak D3 dari makanan sangat membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang puncak. Itulah jumlah maksimum jaringan tulang yang Anda capai selama masa dewasa.

Semakin baik kepadatan tulang Anda, semakin kecil kemungkinan Anda terkena penyakit (seperti osteoporosis) yang melemahkan tulang.

4. Kesehatan Otot

Vitamin D tampaknya membantu Anda membangun otot yang lebih kuat. Studi menunjukkan hubungan antara kekuatan otot dan kadar vitamin D yang tinggi.

Para peneliti menemukan orang dengan lebih banyak vitamin D memiliki:

  • Tubuh lebih ramping
  • Lebih banyak massa otot
  • Fungsi otot yang lebih baik

Vitamin D penting untuk kekuatan tulang dan otot. Ini meningkatkan kepadatan tulang dan massa otot. Vitamin D yang rendah menempatkan Anda pada risiko osteoporosis dan masalah lain yang terkait dengan tulang yang lemah.

5. Kesehatan Jantung

Dalam beberapa penelitian menunjukkan kekurangan vitamin D dapat meningkatkan peluang untuk :

  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Tekanan darah
  • Serangan jantung

D3 tampaknya mengurangi risiko gagal jantung . Ini diyakini dapat meningkatkan fungsi jantung pada orang dengan otot jantung yang lemah. 9 Sekali lagi, diperlukan lebih banyak penelitian.

Vitamin D yang rendah dapat menyebabkan penyakit inflamasi seperti alergi dan asma. Ini juga dapat meningkatkan peluang Anda terkena penyakit jantung dan stroke.

6. Menurunkan Suasana Hati Depresi

Kadar vitamin D yang rendah mungkin terkait dengan depresi klinis.

 Namun, tidak jelas mengapa. Bisa jadi itu:

  • Vitamin D yang rendah menyebabkan depresi
  • Atau perilaku depresi (misalnya, kebiasaan makan yang buruk, lebih sedikit waktu di luar) menyebabkan rendahnya vitamin D

Bukti menunjukkan peningkatan kadar vitamin D membantu gejala depresi. Ini mungkin memiliki peran dalam rejimen pengobatan depresi. Studi yang lebih besar diperlukan untuk memahami hubungannya.

Vitamin D dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda melawan beberapa penyakit, termasuk COVID-19. Ini juga dapat membantu meringankan gejala depresi.

7. Anti Peradangan

Vitamin D dapat mempengaruhi kondisi medis yang disebabkan oleh peradangan. Vitamin D rendah dapat meningkatkan peluang Anda untuk memiliki :

  • Alergi
  • Asma
  • Eksim
  • Atopi (kecenderungan genetik untuk mengembangkan alergi)

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D selama kehamilan membuat bayi lebih kecil kemungkinannya untuk menderita asma. 7 Selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen apapun selama kehamilan.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210629082400-255-660618/5-manfaat-vitamin-d3-untuk-kesehatan#:~:text=Terdapat%20beragam%20manfaat%20vitamin%20D3,manfaat%20vitamin%20D3%20untuk%20kesehatan.

https://www.webmd.com/drugs/2/drug-10175/vitamin-d3-oral/details#:~:text=Vitamin%20D%20(ergocalciferol%2DD2%2C,building%20and%20keeping%20strong%20bones.

https://www.verywellhealth.com/vitamin-d3-5082500

Sumber Gambar:

pexels.com

sesa.id