Home » Blog » 8 Ciri-Ciri Ikan Tenggiri yang Segar dan Layak Konsumsi

8 Ciri-Ciri Ikan Tenggiri yang Segar dan Layak Konsumsi

ciri ikan tenggiri yang segar

Ciri ikan tenggiri yang segar sangat penting untuk diketahui agar bisa membedakan mana ikan tenggiri yang segar dan tidak. Ikan tenggiri yang masih segar akan sangat baik sekali untuk dijadikan produk olahan dengan hasil yang baik.

Berikut ini adalah 8 ciri-ciri ikan tenggiri yang segar dan layak konsumsi :

Ciri Ikan Tenggiri yang Segar : Mata

Mata merupakan komponen yang penting untuk melihat tingkat kesegaran dari ikan tenggiri. Ciri ikan tenggiri yang segar pertama bisa dilihat dari bagian matanya. Ciri-ciri mata dari ikan tenggiri yang masih segar adalah warnanya cerah dan bening.

Tidak ada warna yang pudar ataupun cenderung abu-abu. Selain itu, ciri pada mata lainnya adalah mata ikan tenggiri berbentuk cembung dan menonjol. Jika ikan tenggiri memiliki mata yang berkerut, cekung, dan tenggelam maka bisa dipastikan bahwa ikan tersebut sudah tidak segar.

Insang Ikan Tenggiri

Insang ikan tenggiri merupakan komponen penting pada ikan tenggiri agar ikan bisa bernapas. Selain itu, komponen ini juga bisa Sahabat Sehat jadikan sebagai parameter untuk mengetahui kesegaran dari ikan tenggiri.

Ikan tenggiri yang segar memiliki insang yang berwarna merah khas darah. Artinya, ikan tenggiri masih belum terlalu lama mati karena aliran darah masih belum terhenti. Selain itu, Sahabat Sehat juga bisa mengamati dari aroma insangnya.

Jika insang memiliki aroma yang segar dan lendirnya bening maka bisa dipastikan ikan masih segar. Jika ikan tenggiri insangnya sudah berwarna coklat, beraroma asam, dan lendirnya keruh maka bisa jadi ikan sudah tidak segar lagi.

Warna Tubuh Ikan Tenggiri

Sahabat Sehat juga bisa memastikan kesegaran ikan tenggiri dari warna tubuhnya. Warna tubuh ikan tenggiri yang masih segar adalah terang. Jika warna ikan sudah pudar, maka bisa jadi ikan sudah tidak segar lagi.

Selain itu, tubuh ikan juga masih dilapisi dengan lendir yang berwarna bening. Jika ikan sudah berlendir dan warnanya kelabu maka bisa jadi ikan tenggiri sudah tidak segar lagi.

Aroma Ikan Tenggiri

Aroma ikan tenggiri bisa juga Sahabat Sehat jadikan sebagai parameter untuk mengetahui kesegarannya. Aroma dari ikan tenggiri yang masih layak untuk dikonsumsi adalah segar. Tidak ada aroma asam busuk yang mengganggu indera penciuman Sahabat Sehat.

Aroma laut juga tercium dari ikan tenggiri yang masih segar. Namun, aroma laut disini termasuk dalam aroma laut yang segar dan masih enak untuk dicium. Jika sudah mengganggu, maka bisa jadi ikan sudah tidak segar lagi.

Daging Ikan Tenggiri

Daging ikan tenggiri yang masih segar adalah berwarna putih. Jika berwarna kemerahan, terutama disekitar tulang maka bisa jadi daging ikan tenggiri sudah tidak segar lagi. Selain itu, Sahabat Sehat juga bisa mengamati kesegaran daging ikan tenggiri dengan menekannya.

Ketika daging ikan tenggiri yang masih segar ditekan oleh jari maka akan terasa kenyal, padat, dan kembali ke bentuk semula. Jika tidak seperti ciri-ciri yang sudah disebutkan maka kemungkinan ikan tenggiri sudah tidak segar lagi.

Sisik Ikan Tenggiri

Sisik ikan tenggiri yang masih segar akan menempel kuat pada kulit. Jika Sahabat Sehat menjumpai ikan tenggiri di pasaran yang sisiknya mudah lepas maka bisa dipastikan bahwa ikan tenggiri sudah tidak segar.

Dinding Perut Ikan Tenggiri

Dinding perut juga bisa Sahabat Sehat amati untuk mengetahui ikan tenggiri masih segar atau tidak. Ciri ikan tenggiri yang segar adalah dinding perutnya  utuh dan elastis. Jika tidak seperti ciri yang disebutkan maka kemungkinan ikan sudah tidak segar.

Contoh Cara Mengolah Ikan Tenggiri

Ingin tahu cara mengolah ikan tenggiri yang lezat ? Tonton video tentang Kreasi Olahan Ikan Lokal Indonesia by Chef Dylan di bawah ini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sesa.id (@sesaindonesia)

 

Belanja ikan tenggiri di SESA.ID.

ikan tenggiri beku

Ikan tenggiri di Sesa merupakan ikan hasil tangkap laut lepas yang rendah merkuri sehingga aman dikonsumsi. Ikan langsung disimpan pada suhu dingin (cold storage) sesaat setelah ditangkap untuk menjaga kualitasnya

Keunggulan:
1. Bebas formalin dan tambahan hormon
2. Rendah lemak
3. Mengandung Asam Lemak Omega 3, baik untuk perkembangan sel otak, sangat cocok menjadi salah satu menu harian anak

Berat : 800-900 gram
Jenis : Beku, sudah dibersihkan
Takaran saji : 85 gram
Cara Penyimpanan : Simpan pada suhu freezer
Cara Pengolahan : Ikan yang masih beku diamkan pada suhu ruang hingga lunak, keluarkan ikan dari kemasan, ikan siap diolah.

Cek harga ikan tenggiri di SESA.ID. Siapa tahu sekarang sedang diskon.

Referensi :  Pem. Gorontalo

Photo by Eva Elijas from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.