Home » Blog » Sauerkraut Adalah Kimchi Jerman? Yuk, Cari Tahu & Rasakan 5 Manfaatnya!

Sauerkraut Adalah Kimchi Jerman? Yuk, Cari Tahu & Rasakan 5 Manfaatnya!

sauerkraut adalah

Pernah mendengar tentang makanan sauerkraut belum? Katanya mirip sama kimchi korea, Sahabat Sehat! Kalau penasaran, yuk kita cari tahu tentang makanan ini!

Apa itu Sauerkraut?

Termasuk sebagai salah satu makanan terkenal di Jerman, sauerkraut adalah kubis hasil fermentasi yang berasal dari negara Jerman maupun Eropa. Arti dari nama sauerkraut ialah sour cabbage.

Meskipun, sangat terkenal di Jerman tapi asalnya dibuat di Tiongkok. Kok bisa? Nah, pada awalnya menurut beberapa sumber para pekerja Tembok Besar China melakukan fermentasi kubis parut ke dalam rice wine

Hal ini berguna untuk mengawetkan kubis parut tersebut sekaligus agar para pekerja memiliki sumber pangan. Lalu setelah itu, makanan ini dibawa ke Tanah Eropa.

Dimulai pada abad 16 Jerman mengembangkan proses pembuatan fermentasi kubis parut ini dan masih dipakai hingga sekarang.Rasanya yang asam terbentuk karena adanya asam laktat yang dihasilkan oleh bakteri pada saat proses fermentasi gula dalam kubis parut. Jenis bakteri yang termasuk seperti Lactobacillus,Leuconostoc,dan Pediococcus. 

Seperti hasil fermentasi makanan pada umumnya, nutrisi yang dimiliki juga yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan gizi sauerkraut ada beberapa macam seperti 

  • Mineral
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Vitamin K1,K2
  • Mangan
  • Float
  • Kalium
  • Zaf Besi

Sauerkraut juga memiliki karbohidrat sebanyak 4,28 gram, protein 0,91 gram, dan serat 2,9 gram. Kalori yang terdapat pada sauerkraut juga hanya sebesar 19 kalori. Jadi, sangat baik dikonsumsi bagi Sahabat Sehat yang sedang dalam proses diet, ditambah sauerkraut bisa juga dijadikan pendamping untuk makanan utama.

Manfaat sauerkraut

Nah, untuk Sahabat Sehat yang ingin tahu kira-kira apa saja manfaatnya, berikut ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh :

Menguatkan daya tahan tubuh

Bagi Sahabat Sehat yang memiliki kekebalan tubuh kurang baik, sauerkraut bisa membantu hal tersebut. Sauerkraut adalah makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin C yang berperan dalam menjaga imunitas tubuh.Mengapa hal ini perlu? Karena, sebagian besar bakteri berasal dari saluran cerna yang dapat mempengaruhi kekebalan tubuh Sahabat Sehat.

Mencegah kanker

Berdasarkan penelitian pada tahun 2005 di Polandia Amerika Serikat, ditemukan bukti bahwa sauerkraut dapat menghalangi sel kanker. Di dalam sauerkraut terdapat glukosinolat yang tinggi.Senyawa ini ternyata terbukti memiliki peran dalam menghambat aktivitas sel kanker di dalam tubuh

Membantu kesehatan pencernaan

Hasil fermentasi pada kubis parut ini sangat kaya probiotik. Probiotik dapat membantu melawan bakteri jahat, mengurangi gas perut,diare,dll.

Sehingga bisa dikatakan sauerkraut memberikan keuntungan bagi saluran pencernaan Sahabat Sehat.

Membantu dalam proses diet

Mengkonsumsi sauerkraut dapat mengurangi resiko obesitas serta membantu Sahabat Sehat dalam menurunkan berat badan. Seperti kebanyakan sayur pada umumnya, sauerkraut memiliki kalori rendah namun sangat tinggi akan serat. Hal ini, menjadikan Sahabat Sehat dapat kenyang lebih lama dari biasanya.

Menjaga kekuatan tulang

Vitamin  K yang tinggi pada sauerkraut mencegah Sahabat Sehat terkena masalah tulang seperti osteoporosis. Vitamin K2 di dalamnya berperan mengikat kalsium sehingga mineral yang dibutuhkan oleh tulang dapat terpenuhi. Alhasil, tulang Sahabat Sehat juga lebih kuat dan sehat.

Itulah tadi penjelasan singkat serta manfaat dari sauerkraut bagi Sahabat Sehat. Mengkonsumsi sauerkraut juga tidak boleh berlebihan, karena sauerkraut adalah hasil fermentasi yang dapat memproduksi gas lambung yang berlebih. Jadi, pastikan untuk memperhatikan sebelum menikmati hidangan Sahabat Sehat.

Referensi : Sehatq, Justtryandtaste, BBC Good Food