Home » Blog » 7 Ciri Madu Hutan Asli, Pehatikan Baik-Baik!

7 Ciri Madu Hutan Asli, Pehatikan Baik-Baik!

ciri madu hutan asli

Madu telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu jenis madu yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit adalah madu hutan. Akibat tingginya permintaan, beberapa pedagang nakal memalsukan dan menjual madu hutan palsu. Lalu, bagaimana ciri madu hutan asli

Cara Mengetahui Ciri Madu Hutan Asli

Madu hutan dihasilkan oleh lebah jenis Apis Dorsata. Lebah jenis ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan lebah ternak. Lebah hutan menghasilkan madu dari sari bunga atau nektar yang ada di hutan.

Karena diketahui memiliki khasiat yang baik, madu hutan seringkali dipalsukan oleh para pedagang nakal. Madu hutan biasa dipalsukan dengan ditambahkan air atau pemanis tambahan. Sehingga, madu hutan sudah tidak dapat dikatakan murni lagi. 

Berikut cara yang dapat Sahabat Sehat lakukan untuk mengetahui keaslian madu hutan.

  • Memperhatikan Warna

Madu hutan murni memiliki warna yang lebih bening. Warnanya cerah dan tidak keruh. Jika madu dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, kemudian terbentuk endapan di dasar botol, maka hal itu disebabkan oleh proses panen yang kurang tepat.

  • Tes kekentalan

Sahabat Sehat bisa menggunakan ibu jari untuk mengecek keaslian madu hutan. Caranya adalah dengan menaruh setetes madu pada ibu jari, lalu perhatikan kekentalannya. Apabila madu langsung menyebar dan tampak lebih encer, bisa jadi madu tersebut palsu.

Madu memiliki tingkat kekentalan yang cukup tinggi. Tekstur madu juga lengket, ia tidak akan mudah menyebar jika diteteskan pada suatu media.

  • Tes Pada Kain Putih

Kain berwarna putih juga bisa dijadikan alat untuk menguji keaslian madu hutan. Cara adalah dengan menuangkan 1 sendok makan madu ke atas kain. Ciri madu hutan asli tidak akan meninggalkan bekas noda.

  • Tes Air

Cara ini terbilang mudah. Pertama, tuangkan 1 sendok makan madu pada gelas berisi air. Madu hutan asli akan membentuk suatu gumpalan pada dasar gelas. Berbeda dengan madu palsu, ia cenderung lebih mudah larut ketika dituangkan pada air.

  • Tes Semut

Air gula dan madu asli sebenarnya akan sama-sama dihampiri semut jika dibiarkan pada wadah terbuka. Namun yang membedakan adalah, air gula cenderung akan dikerumuni lebih banyak semut dibanding dengan madu hutan asli.

  • Tes Panas

Untuk menguji keaslian dan kemurnian madu hutan juga bisa dilakukan dengan tes panas. Alat yang dibutuhkan hanya sendok dan api. Pertama, tuang madu yang akan dicek pada sendok, lalu panaskan sendok tersebut. Madu hutan asli akan membentuk karamel dan tidak menghasilkan busa.

  • Tes Asam Cuka

Hal yang perlu Sahabat Sehat lakukan adalah meneteskan 2-3 tetes sari cuka pada 1 sendok madu. Madu hutan asli tidak akan membentuk busa ketika ditetesi sari cuka, berbanding terbalik dengan madu palsu.

 

Kandungan Gizi Madu Hutan Asli 

Madu hutan memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Karena sebab inilah, madu hutan sering kali dijadikan sebagai bahan tambahan pada pengobatan herbal. Berikut kandungan gizi yang terkandung dalam madu hutan.

  1. Riboflavin
  2. Kalium
  3. Zink
  4. Fosfor
  5. Mangan
  6. Magnesium
  7. Asam pantotenat
  8. Niacin
  9. Kalsium

Madu memiliki rasa manis yang cukup kuat, hal ini disebabkan karena madu hutan mengandung gula, salah satu jenisnya adalah fruktosa. Rasa manis terkadang dikhawatirkan beberapa orang karena dapat menimbulkan penyakit tertentu. Tapi, gula dalam madu masih lebih baik dari gula pasir.

 

Setelah mengetahui ciri madu hutan asli, maka pastikan untuk selalu konsumsi madu hutan yang murni agar didapat manfaat yang baik bagi tubuh. Sesa menyediakan madu hutan asli yang terjamin kualitasnya. Produknya bisa Sahabat Sehat dapatkan di SESA.ID

 

referensi: Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *