Home » Blog » Mengenal Gula Palem dan Kelebihannya dari Gula Lain

Mengenal Gula Palem dan Kelebihannya dari Gula Lain

gula palem adalah

gula palem adalah – Masih cukup banyak orang yang kerap mengira jika gula nira, gula jawa serta gula palem adalah gula dengan jenis yang sama. Bahkan tak jarang orang salah saat membedakan jenis-jenis gula itu. Padahal meskipun punya warna yang sama yaitu coklat, ketiga gula itu adalah jenis yang berbeda. 

Namun yang akan dibahas kali ini adalah mengenai gula palem. Untuk itu, bagi Sahabat Sehat yang ingin mengenal lebih jauh tentang gula palem, bisa untuk menyimak di sini. 

Gula Palem Apa Itu?

Gula palem adalah jenis gula yang terbuat dari sari batang pohon palem. Gula ini mulai banyak untuk digunakan untuk menggantikan gula pasir sebagai pemanis makanan. Hal itu karena gula palem dinilai lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi dibandingkan dengan gula pasir. 

Bagi sebagian orang, definisi gula palem sama dengan gula nira ataupun gula jawa. Warnanya yang sama-sama coklat membuat orang-orang susah untuk membedakan. Padahal gula palem sebenarnya lebih mudah untuk dikenali. Hal itu karena teksturnya yang berbentuk butiran pasir yang lembut. 

Ciri-Ciri Gula Palem

Nah, agar Sahabat Sehat lebih paham tentang perbedaan dari gula palem. Berikut ada beberapa hal mengenai gula palem yang perlu untuk Sahabat Sehat ketahui. Mari simak!

  • Gula palem seperti yang dikatakan di atas merupakan gula yang terbuat dari sari pohon palem. 
  • Gula palem punya tekstur yang seperti butiran pasir lembut.
  • Warna dari gula palem adalah coklat namun lebih terang dibandingkan gula aren. Perbedaan warna dengan gula jawa adalah gula jawa mempunyai warna coklat terang sampai coklat kemerahan. 
  • Gula palem mempunyai rasa manis teringan dibandingkan dengan gula aren ataupun gula jawa. Gula palem juga mempunyai seperti caramel yang khas. 

Selain hal-hal di atas, sebenarnya masih cukup banyak hal yang perlu Sahabat Sehat ketahui tentang apa itu gula palem. Misalnya saja, keunggulan gula palem dibandingkan dengan gula yang lainnya. Nah, itu akan dibahas di sini, di antaranya:

Manfaat Gula Palem

Mempunyai Kandungan Kalium

Gula palem memiliki kandungan utama kalium di dalamnya. Gula palem dalam satu senok teh terdapat kandungan kalium yang mampu untuk penuhi sekitar 1 persen kebutuhan seseorang harian. Kalium sendiri merupakan elektrolit yang penting sekali dan mempunyai manfaat dalam menjaga sistem pencernaan, sinyal saraf, kontraksi otot serta keseimbangan cairan. Dengan Sahabat Sehat cukupi kebutuhan dari kalium harian bisa untuk membantu dalam menurunkan risiko penyakit stroke, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mencegah batu ginjal dan osteoporosis. 

Mempunyai Kandungan Energi

Tidak hanya kalium, di dalam gula palem ada kandungan karbohidrat. Seperti yang diketahui jika karbohidrat merupakan sumber energi. Dengan energi cukup, tubuh dapat untuk berfungsi secara baik. 

Terkandung Inulin yang Bagus untuk Pencernaan

Zat inuli juga terdapat pada gula palem. Inulin merupakan serat pangan yang bisa larut dan bermanfaat sekali untuk bakteri usus di dalam pencernaan. Tidak hanya bermanfaat untuk lindungi saluran cerna, zat inulin pun dapat untuk membantu dalam mengontrol kadar gula di dalam darah penderita sakit diabeter tipe 2. Namun, tetap perlu untuk diingat, gula palem merupakan bahan pemanis yang alami sehingga tak bisa jika dikonsumsi berlebihan. 

Gula palem adalah gula yang alami sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Apalagi di dalamnya terdapat kandungan-kandungan yang baik sehingga membantu menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. 

Referensi: Sehatq

Photo by Eva Elijas from Pexels