Home » Blog » Gula Semut dan Keuntungan Mengonsumsinya

Gula Semut dan Keuntungan Mengonsumsinya

gula semut adalah

gula semut adalah – Saat ini ada cukup banyak jenis gula yang bisa untuk Sahabat Sehat konsumsi. Dari gula pasir, gula aren, gula palem, gula jawa  dan gula semut. Dalam artikel kali ini, SESA akan membahas mengenai apa itu gula semut dan apa manfaatnya bagi kita. Mari baca selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Gula Semut

Gula semut adalah gula yang mempunyai bentuk layaknya rumah semut di tanah. Gula ini juga sering disebutkan sebagai gula merah dalam versi bubuk. Bahkan ada yang menyebutnya gula kristal. 

Gula semut bahan dasarnya adalah nira atau dari dari pohon kelapa atau pohon enau (aren). Pohon-pohon tersebut masuk ke dalam jenis tumbuhan palmae. Maka tidak heran jika sering juga disebut sebagai palm sugar. 

Dibandingkan dengan gula merah, gula semut lebih praktis. Tidak hanya itu, gula ini juga lebih mudah larut di air karena mempunyai kandungan air yang sedikit. Rasa dari gula ini sudah pasti manis dan mempunyai aroma khas. Keunggulan lain dari gula ini adalah tahan lebih lama dan mempunyai banyak manfaat. 

Ada cukup banyak keuntungan yang bisa Sahabat Sehat dapatkan dari mengonsumsi gula semut. Nah, apa saja? Berikut ini di antaranya:

Keuntungan Konsumsi Gula Semut

Setelah mengetahui tentang apa itu gula semut? Maka Sahabat Sehat selanjutnya juga perlu mengetahui tentang keuntungan mengonsumsinya. Di bawah ini beberapa keuntungan tersebut:

Dapat Menambah Semangat

Apabila Sahabat Sehat selama ini kerap seperti kehilangan semangat dikarenakan energi pada dalam tubuh yang berkurang, maka mulai sekarang bisa untuk mengonsumsi gula semut. Hal itu karena gula semut adalah gula yang mempunyai kandungan kalori rendah. Tapi hal tersebutlah yang akan memberikan dan memicu energy tambahan sebagai tenaga. Dengan begitu, Sahabat Sehat akan lebih bertenaga di dalam selesaikan pekerjaan sehari-hari. Sahabat Sehat bisa tambahkan gula semut di minuman pada pagi hari sebagai pengganti dari gula pasir. 

Membantu Mencegah Anemia

Anemia dapat terjadi dikarenakan kemampuan dari hemoglobin yang berkurang. Hemoglobin sendiri adalah senyawa pada sel darah merah yang mengikat oksigen. Anemia akan membuat penderitanya menjadi mengalami lelah, sesak napas, serta kurang semangat di dalam jalankan kegiatan sehari-hari. 

Nah, salah satu cara untuk mencegah penyakit anemia adalah Sahabat Sehat bisa untuk konsumsi gula semut yang dijadikan pemanis dalam minuman ataupun makanan. Misalnya saat Sahabat Sehat membuat teh, bisa untuk mengganti gula putih atau gula pasir menjadi gula semut. Gula semut mengandung zat besi tinggi sehingga sangat baik untuk cegah anemia. 

Membantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Di dalam gula semut terkandung senyawa yang bisa untuk jaga imunitas atau sistem daya tahan tubuh. Dengan begitu, apabila Sahabat Sehat mengonsumsi gula semut tidak mudah untuk terserang penyakit. Imbangi konsumsi gula semut dengan olahraga yang teratur. 

Peredaran Darah yang Lancar

Peredaran darah lancar bagus sekali untuk jaga kesehatan tubuh. Hal itu karena pasokan kebutuhan darah untuk berbagai organ di dalam tubuh tercukupi. Dengan begitu, kinerja dari berbagai organ tersebut jadi lebih optimal. Nah, salah satu cara untuk membuat peredaran darah menjadi lebih lancar adalah dengan konsumsi gula semut. 

Kolesterol Tubuh yang Terjaga

Sahabat Sehat harus menjaga kolesterol dalam tubuh agar jumlahnya tetap normal. Hal itu karena kadar kolesterol yang naik dapat menjadi pemicu komplikasi-komplikasi dalam tubuh, salah satunya sakit jantung. Salah satu jaga kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengganti gula putih biasa dengan gula semut sebagai campuran atau pemanis minuman atau makanan. Itu karena gula semut mengandung niacin yang sangat baik dalam menjaga keseimbangan kadar kolesterol pada tubuh ketika naik. 

Nah, itulah berbagai keuntungan yang bisa Sahabat Sehat dapatkan dari konsumsi gula semut. Sama seperti gula palem dan gula aren, gula semut adalah gula alami sehingga sangat bagus untuk jaga kesehatan tubuh. Maka dari itu, setelah mengetahui definisi gula semut, Sahabat Sehat harus mencoba gula tersebut. 

 

Referensi : Kompasiana, Brilio

Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay

https://www.kompasiana.com/garudamudaindo018798/5e59de42097f362d0107ed92/manfaat-mengenai-gula-semut-untuk-kesehatan

https://www.brilio.net/creator/ini-5-manfaat-gula-semut-atau-gula-kristal-bagi-kesehatan-9133d4.html