Home » Blog » Mari Ketahui Apa Itu Gula Aren dan Apa Saja Manfaatnya

Mari Ketahui Apa Itu Gula Aren dan Apa Saja Manfaatnya

gula aren adalah

gula aren adalah – Ada banyak manfaat gula aren bagi kesehatan. Tidak heran jika gula ini banyak dipakai untuk campuran minuman dan makanan. Itu juga karena gula aren sering dipakai sebagai ganti dari pemakaian gula putih.

Pengertian Gula Aren

Gula aren adalah gula yang terbuatnya dari nira atau cairan dari batang pohon aren yang keluar. Gula aren ini biasanya berbentuk butiran, cair hingga blok.

Rasa dari gula aren yaitu caramel ringan serta manis khas. Tidak hanya bisa untuk membuat manis makanan serta minuman, gula aren seperti yang disebutkan juga mempunyai cukup banyak manfaat untuk kesehatan. Apalagi bagi penderita penyakit diabetes. 

Manfaat dari gula aren bagi kesehatan karena merupakan gula alami dan tidak ada kandungan bahan kimia yang dipakai. Nah untuk mengetahui apa saja manfaat tersebut. Berikut ini pembahasannya:

Manfaat untuk Kesehatan 

Seperti yang disebutkan di atas gula aren adalah gula alami dan tidak memakai bahan kimia dalam pembuatannya. Maka dari itu, manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Di dalam gula aren terkandung antioksidan. Seperti yang diketahui jika antioksidan mempunyai manfaat untuk jaga imunitas atau kekebalan tubuh. Antioksidan dapat membantu dalam mencegah peradangan serta infeksi yang menjadi penyebab turunnya sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, gula aren pun mampu untuk tingkatkan energi secara cepat. Dengan begitu, mampu untuk atasi lelah dikarenakan kekurangan energi. 

Menjadi Antiseptik

Gula aren punya sifat yang anti mikroba dan anti peradangan. Sifat-sifat tersebut mampu untuk membantu dalam mencegah infeksi dan penyembuhan luka. Gula aren pun bisa untuk menyembuhkan sariawan pada bibir dan gusi. Selain itu, gula aren mampu untuk lawan alergi seperti alergi pencernaan, alergi kulit dan alergi pernapasan. 

Mampu Hangatkan Tubuh

Gula aren punya sifat yang hangatkan tubuh. Hal itu dengan campurkan gula arena ke minuman, kemudian Sahabat Sehat bisa meminumnya ketika tubuh kedinginan. Gula aren bahkan biasanya bisa menjadi bahan tambahan di dalam minuman hangat seperti wedang jahe karena mampu untuk jaga stabilitas dari suhu tubuh. 

Meredakan Flu dan Demam

Dikarenakan mempunyai sifat yang anti peradangan serta mampu untuk menghangatkan, gula aren bisa menjadi solusi di dalam menyembuhkan sakit flu dan demam. Sahabat sehat bisa untuk mengonsumsi minuman hangat yang dicampur dengan gula aren sehingga dapat untuk meredakan serta mencegah sakit flu dan demam. 

Mencegah Obesitas

Jika dibandingkan dengan gula putih, gula aren merupakan gula yang rendah kalori. Maka dari itu, apabila Sahabat Sehat mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup mampu untuk kontrol berat badan. Sebanyak 4 gram atau satu sendok teh mengandung sekitar 15 kalori, sementara pada gula putih kalori yang terkandung sekitar 16,3 kalori. 

Kalori yang rendah tersebutlah yang membuat gula aren menjadi alternatif pemanis pada minuman bagi yang menjalankan diet. 

Mampu Melancarkan Pencernaan

Gula aren juga berfungsi untuk lancarkan pencernaan. Fungsi lainnya, gula aren mampu untuk tingkatkan sistem pencernaan di lambung. Hal itu karena gula aren di dalamnya terkandung serat makanan yang berfungsi dalam kelancaran pencernaan.

Inulin di gula aren pun mempunyai manfaat untuk kesehatan pencernaan manusia. Inulin sendiri merupakan serat prebiotik yang dapat untuk difermentasi sehingga bermanfaat untuk perangi bakteri jahat dalam usus. 

Nah, itulah berbagai manfaat dari gula aren. Gula aren adalah gula alami, maka jika Sahabat Sehat mengonsumsi secara tepat akan menghasilkan sangat baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. 

Referensi: Liputan 6
Gambar oleh Couleur dari Pixabay