Home » Blog » 4 Panduan Pola Hidup Sehat untuk Remaja

4 Panduan Pola Hidup Sehat untuk Remaja

pola hidup sehat untuk remaja

Siapa di sini Sahabat Sehat yang masih remaja ataupun memiliki anak remaja? Pola hidup anak remaja terkadang masih kurang peduli mengenai pentingnya menjaga pola hidup sehat bagi dirinya. Ditengah banyaknya tugas dan kegiatan yang ada, bnyak remaja seringkali lupa akan menjaga kesehatan fisiknya.

Contohnya, sering tidur larut malam karena bermain game online atau bergaul dengan teman, mengonsumsi makanan yang instan dan minim gizi dan nutrisi, serta kurangnya gerak atau berolahraga. Hal ini membuat remaja kurang berenergi, kurang fokus dalam belajar dan dapat mengakibatkan kemampuan otak menurun.

Seharusnya pola hidup sehat tidak hanya bagi orang yang sudah berusia lanjut saja, namun anak remaja justru harus memulai pola hidup sehat terlebih dahulu. Berikut panduan pola hidup sehat yang baik bagi remaja.

Sebelum menjalani rangkaian pola makan sehat untuk anak remaja, Ibu perlu tahu berbagai kandungan gizi yang Ia butuhkan. Ibu bisa memberikan menu makanan yang bervariasi dan seimbang untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi anak.

Usahakan Tidak Melewatkan Sarapan

Sesibuk apapun, setelat apapun, anak remaja kita bangun dari tidur, usahakan jangan sampai mereka melewatkan sarapan. Ibu bisa menyiapkan sarapan yang mudah, kaya gizi, dan sesuai dengan pola makan sehat remaja. Pilihlah yang organik dan padat nutrisi serta gizi agar anak tidak kekurangan nutrisi.

Konsumsi Smoothies untuk sarapan karena praktis, lebih mudah diserap oleh tubuh dan kandungan nutrisinya lengkap dengan memasukkan buah, sayur, superfood, kacang-kacangan, biji-bijian, liquid seperti air kelapa atau susu, muesli.

Cek resep green smoothies gampang cuman 30 detik di bawah ini.

Selain itu, ibu juga bisa mencoba makanan sehat cepat saji yang berbeda seperti muffin yang tidak mengandung gluten, tanpa tambahan gula, lebih rendah kalori, bergizi, , atau pasta dari Skinny Pasta yang tinggi serat rendah karbohidrat, terbuat dari bahan-bahan organik, alternatif untuk membuat pasta, mie dan nasi yang lebih sehat, bebas gluten, dan bebas gula, serta aman untuk remaja Sahabat Sehat yang vegan.

Kurangi Jajanan Manis

Untuk mendapatkan pola makan yang menyehatkan, sebaiknya ibu mengurangi konsumsi yang manis-manis untuk anak. Ibu bisa alihkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman manis yang lebih sehat dan alami seperti paket smoothies energy booster yang mengandung bahan alami dan organik, tanpa tambahan gula, dan padat nutrisi dan gizi atau paket snack sehat dari SESA yang terdiri dari Sari Buah Nanas & Markisa dengan Nata de Coco Duta 250 ml, Cookies & Cream White Chocolate Pod 100 g,Premium Gethuk Chips Barbeque Cavatoz 80 g, Kenari Nuts Cacao Cinnamon East Forest 80 Gr.

Kurangi Makanan Cepat Saji

Banyak remaja yang menggemari makanan cepat saji seperti ayam goreng, minuman bersoda, dan keripik kentang. Bila ingin menjalani pola makan yang menyehatkan, sebaiknya kurangi intensitas mengonsumsi makanan tersebut.

Sahabat Sehat bisa memesan makanan cepat saji yang sehat dan enak di SESA seperti Beef Burger yang tidak kalah dari restoran cepat saji. Beef Burger dari SESA terbuat  daging Grass Fed yang lebih bergizi, aman dan disajikan dengan sayuran organik, homemade mayonais , roti burger dari tepung gandum organik serta karbohidrat kompleks yaitu ubi goreng membuatnya lebih rendah kalori dan menjadi alternatif burger sehat tinggi nutrisi. Dilengkapi ubi goreng organik menambah kelezatan beef burger yang tidak kalah lezat dari beef burger lainnya.

Konsumsi Buah dan Sayur

Untuk menjalani pola makan yang sehat bagi remaja, ibu tetap perlu menyajikan buah dan sayur untuk anak setidaknya satu porsi setiap hari. Pilihlah buah dan sayur yang alami, organik, segar dan tidak mengandung pestisida.

Ibu bisa mulai dengan menyiapkan buah-buahan segar yang berair, seperti semangka, melon, anggur, atau stroberi. Untuk sayuran, ibu bisa membuatkan anak sayur sop dengan isian wortel, buncis, dan sosis. Keduanya memiliki rasa yang manis dan anak sukai.

 

Memang sulit untuk menjalani pola makan yang lebih sehat, tetapi ibu bisa mengajak anak untuk mengurangi asupan makanan rendah gizi. Sebagai orangtua, pastikan pola makan remaja Anda terpenuhi dengan baik setiap harinya agar anak tetap sehat dan aktif sepanjang hari. Penuhi gizi dan nutrisi seimbang untuk dukung #SehatSekarang anak remaja hanya dengan membeli bahan-bahan organik, sehat, alami, dan segar hanya di sesa.id!

Photo by Zen Chung from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.