Home » Blog » Hitung Berat Badan Ideal dan Lengkapi dengan Menu Sehat Alami

Hitung Berat Badan Ideal dan Lengkapi dengan Menu Sehat Alami

berat badan ideal

Puasa bisa jadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan salah satu usaha untuk menadapatkan berat badan ideal. Hal ini dikarenakan kita menunda makan dari waktu subuh sampai maghrib selama kurang lebih 8 jam. Memiliki berat badan ideal tentu dambaan semua orang. Tak heran, banyak orang berlomba-lomba untuk mencapainya.

Menghitung berat tubuh ideal pada pria dan wanita tentu berbeda. Sebab, jenis kelamin menjadi salah satu faktor untuk mengukur berattubh ideal seseorang. Hal ini penting, tidak hanya karena menunjang penampilan, tapi juga karena alasan kesehatan. Berat badan yang terjaga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya obesitas alias kelebihan berat badan.

Apa itu Berat Badan Ideal?

Berat badan ideal adalah berat badan yang dianggap paling menyehatkan bagi seseorang dengan mengacu pada tinggi badannya. Dengan kata lain, berat badan inilah yang akan memberikan nilai seberapa sehat dan seberapa sehat usia tubuh dan usia sesungguhnya.

Memiliki dan menghitung berat tubuh ideal tentu penting sebagai upaya untuk mempertahankan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit seperti obesitas, jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Sementara itu, bila berat badan di bawah ideal akan menyebabkan penyakit anemia, gangguan tumbuh kembang, dan bahkan kematian.

Cara Mengukur Berat Badan Ideal

Berat tubuh ideal antara satu orang dengan yang lainnya mungkin akan berbeda, tergantung pada jenis kelaminnya. Sebab, karakteristik tubuh antara wanita dan pria berbeda, termasuk tinggi badan hingga komposisi lemak dan otot tubuh. Ada beberapa cara menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita yang bisa dicoba, di antaranya:

Metode Broca 

Berat tubuh ideal seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk jenis kelamin dan tinggi badan. Nah, salah satu cara menghitung berat tubuh ideal yang sudah lama dikenal adalah metode broca. Dalam metode ini, perhitungan berat tubuh dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu. Pada pria, rumus menghitung berat badan ideal dengan metode ini adalah :

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%].

Sementara pada wanita, rumus yang digunakan dalam menghitung berat badan ideal dengan metode broca adalah

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%].

Dengan kata lain, untuk mengetahui berat badan ideal bagi pria maupun wanita, penting untuk terlebih dahulu mengetahui tinggi badan.

Body Mass Index

Selain dengan metode broca, menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita juga bisa menggunakan kalkulator atau rumus indeks masa tubuh. Indeks Massa Tubuh alias Body Mass Index (BMI) merupakan salah satu cara menghitung berat badan ideal yang paling populer.

Untuk mengetahui berat badan ideal, perlu dilakukan perhitungan antara berat badan dengan tinggi badan. Cara mengukur BMI adalah:

Berat badan (kg) : tinggi badan (m) x tinggi badan (m)

Dengan mengetahui BMI, kamu bisa mengetahui apakah berat tubuh saat ini masuk dalam kategori ideal atau normal, berlebih, atau justru kurang.

Meski begitu, penghitungan BMI disebut tidak selalu akurat dalam menentukan berat tubuh ideal untuk pria dan wanita. Maka dari itu, tidak perlu terlalu bergantung pada hasilnya.

Makanan Padat Gizi dan Nutrisi

Sahabat Sehat bingung bagaimana ya memasak makanan padat gizi dan nutrisi untuk mendapatkan berat tubuh ideal? Tenang saja, SESA menyediakan berbagai makanan padat nutrisi dan gizi yang tentu saja sehat, organik, dan alami.

Nasi Goreng Superfood

Terbuat dari quinoa, brown rice, kembang kol, kecap ikan, kelapa amino, almond, kacang mete, biji wijen, keripik bayam, dan ayam char siu menjadikan makanan ini mengandung 527 kalori dengan perincian 40 g carb, 28 g protein, 29 g fat, serat 6 g, Vitamin A 53%, Selenium 51%.

Nasi goreng superfood kami merupakan pilihan nasi goreng yang lebih sehat karena kandungan kalori yang rendah dengan campuran brown rice dan quinoa, kembang kol, kecap ikan, kelapa amino, almond, kacang mete, biji wijen, keripik bayam dan kembang kol. Dilengkapi dengan ayam char shiu organik yang mengandung yogurt, madu dan lada. Hidangan ini diproses dengan metode tumis, yang memberikan aroma nikmat untuk meningkatkan nafsu makanmu.

Nasi Uduk Komplit

Terbuat dari beras coklat, quinoa, santan kelapa, daun salam, dengan sambal cabai merah, sayuran campur, tempeh orek dan ayam goreng bumbu rempah menjadikan makanan ini mengandung 503 kalori, 25 g carb, 34 g protein, 13 g fat, serat 8 g, Vitamin B6 28% DV, Manganese 85% DV.

Nasi uduk komplit kami merupakan pilihan nasi uduk yang lebih sehat karena kandungan multi nutrisi. Terbuat dari beras coklat dicampur dengan quinoa, santan kelapa, daun salam, dengan sambal cabai merah, sayuran campur, tempeh orek dan ayam goreng bumbu rempah. Sekarang Sahabat Sehat dapat menikmati nasi uduk favorit dengan nutrisi yang lebih sehat.

Cripsy Chicken Burger

SESA membuat Crispy chicken burger yang tentu disukai anak dan keluarga dengan daging ayam organik  yang lebih bergizi, aman dan disajikan dengan sayuran organik, homemade mayonais , roti burger dari tepung gandum organik serta karbohidrat kompleks yaitu ubi goreng membuatnya lebih rendah kalori dan menjadi alternatif burger sehat tinggi nutrisi.

Mengandung paha ayam organik, tepung pati garut, roti burger dari tepung gandum utuh organik, Garam, Mentega, saus barbeque, selada romaine, kol putih, kol merah, peterseli, dan mayonaise homemade menjadikan kalori yang terkandung cukup rendah dari crispy chicken burger biasa yaitu 530 kalori, 104 g carb, 8 g protein, 1 g fat, serat 24%.

Hainan Chicken Rice

Nasi ayam hainan kami merupakan pilihan nasi ayam hainan yang lebih sehat karena kandungan multi nutrisi. Terbuat dari perpaduan sayuran dan bahan-bahan pilihan organik dan natural. Menggunakan brown rice, kacang-kacangan dan quinoa sehingga menambah nilai nutrisi dan serat serta ayam kukus jahe dan kuah stok ayam yang merupakan sumber kolagen.

Hidangan ini rendah kalori dan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Terbuat dari brown rice, quinoa, steamed chicken ginger, chicken bone broth stock, organic pak choy, garlic chili sambal and fried garlic. Mengandung 374 calorie, 33 g carb, 28 g protein, 10 g fat, serat 8 g, Vitamin B6 28% DV, Manganese 85% DV.

Bagaimana Sahabat Sehat? Sudah tergoda untuk mencicipi beragam makanan khas SESA yang kaya nutrisi, gizi seimbang, sehat, dan tentu saja terbuat dari bahan-bahan organik dan alami?

Beragam menu sehat ini bisa membantu Sahabat Sehat untuk mendapatkan berat badan ideal tanpa harus bersusah payah memikirkan menu sehat lho! Namun, jangan lupa berolahraga rutin ya! Dapatkan menu #SehatSekarang yang menggoda lidah ini hanya di sesa.id!

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.