Home » Blog » Cara Memasak Ikan Tenggiri Asam Manis Pedas

Cara Memasak Ikan Tenggiri Asam Manis Pedas

ikan tenggiri asam manis

Ikan tenggiri asam manis – Menyantap hidangan dan masakan berkuah dengan cita rasa pedas pastinya akan terasa nikmat. Apalagi bila musim sedang hujan, masakan seperti ini sangat dicari-cari. Salah satu masakan tersebut adalah ikan tenggiri asam manis pedas yang berkuah.

Tubuh akan lebih hangat dan nyaman saat sahabat sehat menyantap masakan ini. Sahabat sehat yang memiliki waktu luang di akhir pekan, maka bisa menyantap menu masakan ini. 

Ikan Tenggiri Asam Manis Bernutrisi Tinggi 

Tak hanya lezat, resep masakan ini juga bergizi karena kaya zat selenium yang tinggi. Apa itu selenium? Selenium adalah mineral penting yang berfungsi sangat baik sebagai antioksidan, memproduksi DNA, mengatur hormon tiroid, dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Ikan tenggiri juga sebagai sumber protein yang sangat baik karena mengandung banyak vitamin B12 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bila sahabat sehat kekurangan vitamin B12, maka akan memicu terjadinya kurang darah atau anemia sehingga bisa merusak sistem syaraf. 

Bahan-Bahan Membuat Ikan Tenggiri Asam Manis 

Untuk membuat hidangan lezat dan bergizi ini, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan. Inilah beberapa bahan yang dibutuhkan. 

  • 1 ekor ikan tenggiri berukuran sedang, cucilah hingga bersih dan olesi dengan perasan air jeruk nipis dan garam. Diamkan lagi selama 15 menit dan cuci bersih 
  • Cabai rawit merah dan hijau secukupnya 

Bumbu Halus 

  • 5 siung bawang merah 
  • 3 siung bawang putih 
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 batang serai
  • ½ ruas kunyit 
  • 10 biji cabai merah keriting 
  • 1 sdm terasi 
  • 5 butir ketumbar
  • 5 lembar daun jeruk 
  • 3 lembar daun salam
  • 1 sdm asam jawa, larutkan dengan air 
  • Gula, garam, penyedap rasa secukupnya 
  • Air secukupnya 

Cara Memasak Ikan Tenggiri Asam Manis Pedas

Setelah sahabat sehat menyiapkan bahan-bahan diatas, saatnya mengolah bahan tersebut menjadi hidangan lezat nan sehat. Inilah beberapa langkah sederhana mengolah ikan tenggiri. 

  1. Pertama-tama haluskan semua bahan bumbu halus dengan blender. Sahabat sehat bisa mengulek ataupun menghaluskannya dengan bantuan mesin penghalus. 
  2. Setelah bumbu halus sudah siap, siapkan wajan dan panaskan minyak sampai cukup panas. Tumislah bumbu halus tersebut bersama daun jeruk dan salam sampai tercium aroma wanginya 
  3. Lalu, masukkan cabai rawit hijau ke dalam adonan bumbu tersebut. Lalu, tumislah sebentar sampai rata
  4. Kemudian, tuanglah air asam yang sudah diberi gula, penyedap rasa, garam, dan air secukupnya ke dalam wajan
  5. Masaklah racikan bumbu tersebut sampai air kuah mendidih. Setelah itu, masukkan ikan tenggiri dan masaklah sampai matang sempurna
  6. Sahabat sehat bisa mengetes rasa saat kuahnya sudah tercampur menjadi satu. Rasa Ikan tenggiri asam manis pedas akan sangat terasa. 

Tips Memasak Ikan Tenggiri Asam Manis Pedas

Goreng Ikan Tenggiri Terlebih Dulu 

Untuk memasak ikan tenggiri ini, sahabat sehat bisa menggoreng ikannya terlebih dulu agar tidak terlalu amis. Gorenglah setengah matang saja. 

Tambahkan Kecap dan Nanas

Bila rasa asam dan manisnya kurang nendang, sahabat sehat bisa menambahkan potongan nanas dan kecap di saat terakhir proses pemasakan. Rasa asam dan manis akan lebih segar bila diberi potongan buah nanas. 

Memilih Ikan Tenggiri Yang Tepat 

Bila sahabat sehat kesulitan membeli ikan tenggiri, maka bisa membeli ikan tenggiri beku. Ada banyak produk ikan tenggiri beku yang siap diolah.

Itulah beberapa cara untuk membuat ikan tenggiri asam manis

Referensi: Harian Aceh,Masak Apa Hari Ini

________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.