Home » Blog » Resep Ikan Tenggiri Bumbu Kuning dengan Santan

Resep Ikan Tenggiri Bumbu Kuning dengan Santan

ikan tenggiri bumbu kuning
Photo by Pranjall Kumar from Pexels

Ikan tenggiri bumbu kuning menjadi salah satu varian resep ikan tenggiri yang bisa dicoba di rumah. Sahabat sehat bisa memasak resep ini sendiri di rumah. Prosesnya mudah dan hasilnya enak. Ikan tenggiri memiliki cita rasa gurih dan tekstur dagingnya terasa lembut.

Cita rasa ini akan semakin keluar bila dicampurkan dengan bumbu kuning dan kuah santan. Pastikan Sahabat Sehat memakai ikan tenggiri berkualitas bagus dan masih baru agar rasanya lebih enak.

Sahabat sehat juga lebih baik menggoreng ikan tenggiri terlebih dulu sebelum dimasak dengan racikan bumbu kuning. Hal ini bertujuan agar hasil masakannya lebih enak dan bumbu lebih meresap.

Persiapan Memasak Ikan Tenggiri Bumbu Kuning 

Untuk memasak ikan tenggiri kuning ini, sahabat sehat bisa memprediksi estimasi waktunya. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak ikan tenggiri ini adalah selama 45 menit saja. Hal ini sudah mencakup proses persiapan dan pemasakan ikan tenggiri. Untuk hasil yang diperoleh dari resep ini adalah 4 porsi. Tingkat kesulitan memasak resep ini adalah mudah. Jadi, sahabat sehat bisa segera mempraktikkannya di rumah. 

Bahan-Bahan Ikan Tenggiri Bumbu Kuning 

Untuk membuat resep ikan tenggiri bumbu kuning ini, persiapkanlah beberapa bahan dibawah ini. Pastikan semua bahan sudah disiapkan dan didapatkan. 

  • 500 gram ikan tenggiri 
  • 300 ml santan 
  • 1 buah jeruk nipis 
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam 
  • 2 lembar daun jeruk 
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ merica bubuk 
  • 2 sdm minyak goreng, untuk menumis dan bisa memakai secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan

Bumbu Halus 

  • 5 butir bawang merah 
  • 4 butir bawang putih 
  • 3 butir kemiri 
  • 4 cm kunyit 
  • 3 cm jahe 

Sahabat bisa menghaluskan bumbu halus dengan blender atau menguleknya. Bila ingin hasil yang lebih sedap, mengulek bumbu halus lebih direkomendasikan karena aromanya akan lebih keluar. 

 

Langkah-Langkah Membuat Ikan Tenggiri Bumbu Kuning

Untuk membuat resep ikan tenggiri bumbu kuning berkuah santan ini, maka Sahabat sehat harus menerapkan beberapa langkah dibawah ini. 

  1. Cuci bersih semua ikan tenggiri. Potong-potonglah ikan tenggiri menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian, lumurilah ikan tenggiri tersebut dengan memakai air perasan jeruk nipis dan juga garam sampai rata. Kemudian, diamkanlah ikan tersebut selama 10 menit dan bilaslah kembali sampai bersih. 
  2. Lalu, panaskan minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ikan tenggiri. Setelah minyak goreng sudah panas, gorenglah ikan tenggiri hingga matang. Lalu, angkat dan tiriskan ikan tenggiri goreng tersebut. 
  3. Panaskan minyak goreng secukupnya. Tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan hingga wangi
  4. Lalu, masukkan serai, daun jeruk, dan daun salam. Aduklah bumbu-bumbu tersebut hingga rata
  5. Setelah bumbu sudah matang, maka tuanglah santan dan masukkan merica, gula, dan garam. Aduklah semua bahan dan biarkan sampai mendidih. 
  6. Setelah itu, masukkan ikan tenggiri goreng ke dalam kuah santan. Aduklah secara rata. Kecilkan api dan masak sampai bumbu meresap sempurna. Angkat dan angin-anginkan
  7. Ikan tenggiri bumbu kuning ini siap disajikan selagi hangat 


Untuk menghasilkan olahan ikan tenggiri bumbu kuning, maka sahabat sehat harus memilih ikan tenggiri berkualitas baik. Ikan tenggiri segar memiliki ciri-ciri daging ikan lebih keras dan kokoh saat ditekan, mata lebih jernih dan cembung, insang berwarna merah segar, dan tidak terlihat sangat hitam. 

Referensi: Selerasa

________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.