Home » Blog » 3 Rekomendasi Jenis Daging Sapi untuk BBQ dan Bagiannya

3 Rekomendasi Jenis Daging Sapi untuk BBQ dan Bagiannya

jenis daging sapi untuk bbq

Daging sapi memang menjadi salah satu primadona dalam menu bebakaran dengan bumbu barbeque. Daging sapi memang dipercaya dengan kandungan yang kaya gizi. Daging sapi dengan kandungan sumber protein dan zat besi inilah menjadi kebutuhan untuk tubuh. Selain itu, daging sapi juga memiliki kandungan vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12. 

Maka, tak salah daging sapi ini menjadi salah satu jenis makanan yang dapat memenuhi asupan tubuh. 

Sapi juga memiliki perbedaan jenis, ada jenis sapi perah yang khusus menghasilkan susu. Ada jenis sapi potong yang akan diambil dagingnya.Usaha ternak sapi potong memang terbilang cukup menguntungkan. 

Indonesia sendiri sudah banyak peternakan yang memberikan sapi berkualitas. Permintaan daging sapi juga akan semakin meningkat. 

Banyak jenis daging sapi cocok untuk menu bbq. Sebelum membeli daging bbq, kenali dulu jenis-jenisnya.

Mengenal bagian – bagian daging sapi 

Sebenarnya kalau berbicara tentang jenis daging sapi, kita membicarakan tentang bagian daging sapi yang akan dimakan. Dalam video dari channel Chronicle 5 WCVB di bawah ini, Sahabat Sehat akan mendapat penjelasan tentang bagian-bagian daging sapi yang cocok untuk BBQ

Berikut ini adalah rekomendasi jenis daging sapi yang umum digunakan untuk BBQ:

Tenderloin

Tenderloin atau biasanya orang menyebut dengan has dalam. Daging ini diambil pada bagian tengah sapi hingga dekat dengan ekor. 

Tenderloin merupakan bagian daging sapi yang terkenal cukup mahal. Tenderloin memiliki tekstur yang empuk dan cukup sedikit lemak. Bagian ini menjadi yang favorit, karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk matang. 

Sirloin

Pasti sahabat sehat tidak asing lagi dengan bagian ini. Sirloin biasa disebut dengan has luar atau bagian punggung belakang. Daging pada bagian ini memiliki lapisan otot yang terdapat pada sisi luarnya, serta seratnya lebih kasar. 

Sirloin memiliki tekstur daging yang agak sedikit keras dibandingkan tenderloin. Sirloin ini memang cocok untuk dijadikan steak atau shabu-shabu. 

Rib Eye 

Bagian rib eye menjadi salah satu bagian yang cocok untuk dijadikan bbq. Bagian ini merupakan bagian di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Rib eye atau Fillet Scotch memiliki kandungan lemak yang keluar dari daging dan menghasilkan rasa juicy. 

Rib eye dapat dimasak beserta tulang atau juga tanpa tulang. Inilah salah satu bagian yang cocok untuk pecinta daging bbq. 

Selain penjelasan tentang jenis daging sapi, ada baiknya juga jika Sahabat Sehat mengenal sapi jenis apa yang akan dikonsumsi.

Apa saja jenis sapi yang biasa dikonsumsi?

Sebelum memasak olahan daging sapi terutama untuk bbq, sahabat sehat perlu ketahui jenis sapi yang biasa dijadikan daging untuk steak

Sapi Brahma 

Sapi potong terbaik pertama adalah sapi Brahma, atau orang banyak menyebutnya sapi Brahman. Sapi berasal dari India ini memang terkenal dari bentuk fisik yang kuat. 

Sapi Brahma ini kemudian dikembangkan oleh peternakan asal Amerika. Tidak tanggung-tanggung, hasil sapi Brahma dari Amerika ini menjadi sapi dengan daging berkualitas. Selain daging yang berkualitas, bobot dari sapi Brahma memang menakjubkan. 

Sapi Brahma menjadi salah satu daging sapi yang diminati banyak orang untuk produk impor. 

Sapi Angus 

Sapi Angus yang berasal dari Skotlandia ini menjadi sapi yang memiliki kualitas terbaik. Sapi ini memiliki ciri khas pada bagian kulit yang hitam. Selain itu, sapi Angus juga memiliki bobot yang cukup besar. 

Sapi Angus ini dipercaya memiliki daging dengan kualitas nutrisi yang tinggi, rendah lemak, dan memiliki serat yang padat. 

Sapi Limousin

Sapi Limosin merupakan sapi yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Sapi Limosin merupakan sapi yang impor yang berasal dari Perancis. Sapi jenis ini membutuhkan habitat di daerah yang sangat dingin. 

Daging sapi Limousin memiliki daging yang berkualitas dan bernutrisi tinggi. 

Sapi Madura 

Indonesia juga memiliki jenis salah satu jenis sapi unggulan, yaitu sapi Madura. Sapi Madura ini berasal dari persilangan sapi Bali dan sapi Zebu. 

Kualitas dari daging sapi Madura ini memang tak kalah baik dengan sapi impor lainnya. Namun, memang sapi Madura ini memiliki ciri ukuran tubuh yang kecil. 

Sapi Bali 

Selain sapi Madura, Indonesia juga memiliki sapi Bali. Sapi Bali ini memiliki karakteristik kaki berwarna putih. Sapi Bali memiliki habitat yang liar dan tidak heran jika sapi ini memiliki kualitas tenaga yang cukup besar. 

Masih banyak lagi sapi potong impor atau lokal yang memiliki kualitas terbaik. 

Tips memilih daging segar untuk BBQ

Tidak lupa ikuti juga tips memilih daging sapi segar dari channel SKWAD Food ini.

 

Inilah beberapa jenis dan bagian yang didapat dari daging sapi pilihan berkualitas untuk dikonsumsi. Apakah Sahabat Sehat masih bingung harus memilih jenis daging sapi untuk bbq? Jika Sahabat Sehat ingin makan daging BBQ yang lebih sehat, beli daging sapi jenis grass fed di SESA.ID. 

 

Sumber : Jabarprov

Gambar oleh RitaE dari Pixabay