Home » Blog » 5 Jus Buah untuk Kesehatan Mata yang Bagus

5 Jus Buah untuk Kesehatan Mata yang Bagus

jus untuk kesehatan mata

 

Jus buah untuk kesehatan mata – Salah satu organ indra manusia yang sangat penting adalah mata. Apa yang Sahabat Sehat rasakan, sekitar 80 persen datang dari mata atau indera penglihatan. Maka dari itu, merawat dan menjaga kesehatan mata sangatlah penting. 

Melakukan perawatan mata secara baik akan mengurangi kemungkinan Sahabat Mata dari kehilangan penglihatan selama sementara, kemungkinan kebutaan, dan mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak dan glukoma. 

Ada banyak hal yang bisa Sahabat Sehat lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Misalnya melakukan tes mata dengan rutin, menghindari merokok, mengonsumsi makanan yang bergizi, membersihkan lensa kontak, dan lain sebagainya. 

Selain itu, Sahabat Sehat juga bisa mengonsumsi beberapa jus buah bagus untuk kesehatan mata. Tidak hanya bagus untuk mata, tentu juga menyehatkan tubuh. Nah, apa saja jus buah untuk kesehatan mata tersebut? Mari simak yang di bawah ini!

1. Jus Tomat

Minuman sehat yang satu ini mengandung likopen serta fitonutrien seperti lutein, betakaroten, vitamin C dan zeaxanthin yang kaya. Berbagai nutrisi tersebut membantu melindungi Sahabat Sehat dari masalah-masalah mata, misalnya degenerasi makula dan katarak. Zeaxanthin dan Lutein merupakan karotenoid xanthophyll yang mampu secara efektif mencegah serta mengobati berbagai macam sakit mata berdasarkan penelitian, uji klinis serta studi epidemiologi pada hewan. 

2. Jus Blueberry

Jus buah untuk mata yang sehat ini mampu untuk kurangi risiko kanker, katarak, glukoma, penyakit jantung dan beberapa kondisi lain. Sebuah penelitian menunjukkan jika buah blueberry mampu untuk meningkatkan penglihatan, mengurangi efek dari penyakit Alzheimer serta meningkatkan kapasitas memori sehingga mendukung pembelajaran. 

3. Jus Buah Pisang

Jus buah untuk kesehatan mata yang selanjutnya adalah jus pisang. Pisang merupakan buah yang dipercaya mampu untuk memberikan energi pada tubuh serta mampu untuk menghilangkan konstipasi. Selain itu, jika Sahabat Sehat banyak mengonsumsi buah pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan secara alami.

Buah Pisang juga mampu untuk mencegah dan menangkal berbagai penyakit yang berkaitan penglihatan. Itu karena mempunyai kandungan beta-karoten yang bisa diubah jadi vitamin A sehingga sangat bermanfaat bagi Sahabat Sehat yang kurang vitamin A.  

4. Jus Jeruk

Sebuah studi menunjukkan jika makan buah jeruk setiap hari mampu untuk mengurangi risiko penglihatan yang buruk sampai 60 persen. Bahkan sebuah penelitian lain juga mengungkapkan jika orang yang teratur makan buah jeruk ataupun minum jus jeruk bisa untuk mencegah degenerasi makula karena usia 15 tahun setelahnya. 

5. Jus Apel, Umbi dan Wortel

Buah apel mengandung flavonoid yang dikenap mampu untuk membuat mata lebih sehat. Lalu wortel mempunyai kandungan beta-karoten yang bisa untuk diubah jadi vitamin A yang pastinya sangat bagus untuk mata. Sementara umbi merah di dalamnya terkandung zeaxanthin dan lutein yang juga mendukung kesehatan. Dengan mengonsumsi jus buah dikombinasikan dengan wortel dan umbi akan sangat bagus untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata Sahabat Sehat. 

Buah memang makanan yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Maka dari itu, banyak manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh jika rutin mengonsumsi buah-buahan.

Misalnya saja mengonsumsi buah dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menurunkan berat badan dan pastinya membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan mata. Maka tidak heran jika buah banyak digemari dan dikonsumsi, baik dengan cara dimakan langsung ataupun dibuat jus seperti di atas. 

Nah, demikian pembahasan tentang beberapa jus buah untuk kesehatan mata. Semoga bermanfaat untuk Sahabat Sehat!

Referensi:Tribun, Tagar

Photo by Charlotte May from Pexels

________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.