Home » Blog » Top 8 Jus Sayur Tinggi Serat Beserta Manfaatnya Bagi Tubuh Anda!

Top 8 Jus Sayur Tinggi Serat Beserta Manfaatnya Bagi Tubuh Anda!

jus sayur tinggi serat

Peran serat bagi tubuh sangatlah krusial dan dapat disejajarkan dengan nutrisi lainnya. Bagaimana tidak, serat menjadi salah satu zat pada makanan yang berperan menjaga kesehatan pencernaan.

Pada dasarnya kesehatan bermula dari pencernaan yang baik, karena fungsinya sebagai pengedar sari makanan untuk meneruskan nutrisi yang diperlukan organ-organ tubuh untuk bekerja.

Sayur merupakan media menemukan serat bagi tubuh, konsumsi olahan jus sayur tinggi serat merupakan cara tepat menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.

Mengenal Jenis-jenis Serat

Serat terdiri atas dua jenis besar sesuai fungsinya, berikut detail mengenai jenis serat yang perlu diketahui.

Serat Larut Air

Sama seperti namanya, serat jenis ini umumnya berbentuk cairan kental atau gel dan banyak terdapat pada buah dan sayur. Manfaat serat larut air yakni membantu atur kadar kolesterol baik dalam tubuh dan menjaga kadar gula darah. Serat yang masuk ke dalam saluran pencernaan membuat rasa kenyang lebih lama, karena proses penyerapan dilakukan bertahan sehingga tidak memicu lonjakan gula dalam darah.

Serat Tak Larut

Serat tak larut merupakan jenis serat yang dapat membantu pergerakan peristaltik usus, sehingga makanan diserap lebih cepat dan ampas sisa makanan dapat segera dibuang. Serat tak larut banyak ditemukan di sayuran berwarna hijau (memiliki banyak klorofil).

Daftar 8 Jus Sayur Tinggi Serat

Berikut ini rekomendasi jenis jus sayur tinggi serat beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda sekeluarga!

Jus Wortel

Terkenal sering dikonsumsi dalam bentuk jus, rupanya wortel menyimpan banyak serat sebanyak 3,2 gram dalam 100 gramnya. Serat dalam wortel bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida.

Jus Brokoli

Dalam 100 gram brokoli, terkandung serat sebanyak 3,4 gram. Serat dalam brokoli berfungsi menurunkan resiko penyakit degenerative Diabetes Mellitus. Kandungan serat tingi pada brokoli memberikan rasa kenyang lama, sehingga asupan kalori dapat diminimalisir, sehingga kadar gula darah menajdi normal.

Jus Kubis

Kubis mengandung serat larut air dan tak larut, kandungan serat tiap 100 gram sebanyak 1,2 gram. Walaupun terhitung sedikit, namun manfaat seratnya mampu turunkan resiko kanker karena anti-oksidan yang dimiliki.

Jus Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau kaya serat mencapai 7,8 gram tiap 100 gramnya, serat pada bayam bermanfaat menurunkan resiko penyaking jantung. Hubungan antara obesitas dengan penyakit jantung dapat diatasi lewat serat pada bayam.

Jus Akar Bit

Akar Buah Bit berwarna ungu memiliki serat sekitar 3,4 gram dalam satu cangkir. Serat pada akar bit mengurangi resiko penyakit kronis seperti kanker kolorektal atau usus besar. Selain itu, serat dalam akar bit telah dikaji menormalkan tekanan darah.

Jus Peterseli/Parsley

Dalam 30 gram Peterseli mengandung 1 gram serat yang berguna menjaga kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan manfaat serat pada peterseli menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 38%.

Jus Mentimun

Banyak digunakan sebagai lalapan, mentimun memberikan rasa segar pada olahan jus. Memiliki serat sebesar 2,16 gram, serat pada mentimun bermanfaat menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi.

Jus Tomat

Dibalik perdebatan tomat buah atau sayur, rupanya tomat mengandung serat sebanyak 1,5 gram yang berguna melancarkan sistem pencernaan.

Itulah delapan jus sayur tinggi serat yang bisa Anda olah menjadi menu sarapan sehat sebelum memulai aktivitas! Membuat jus sayur tentunya menggunakan mesin pelumat, kami sediakan kebutuhan juicer berkualitas untuk mendukung pola hidup sehat Anda di SESA.ID!

 

Photo by Los Muertos Crew from Pexels

Referensi : Manfaat.co.id