Home » Blog » 4 Alasan Kuat Perlu Memulai Gaya Hidup Sehat Dengan Jus Sayur

4 Alasan Kuat Perlu Memulai Gaya Hidup Sehat Dengan Jus Sayur

gaya hidup sehat dengan jus sayur

Polusi disertai cuaca tak menentu seperti sekarang ini, rupanya meningkatkan radikal bebas yang apabila terpapar terus-menerus berakibat menurunnya fungsi tubuh. Organ tubuh yang tak mampu bekerja semestinya beresiko mengalami gangguan kesehatan.

Tentunya Sahabat sehat tidak ingin hal buruk terjadi pada tubuh, bukan? Mulailah gaya hidup sehat dengan jus sayur salah satunya. Mengapa jus sayur? olahan paling sederhana dan praktis ini menyimpan sejuta manfaat bagi tubuh, karena sayuran sendiri pada dasarnya mengandung beragam mikronutrisi seperti vitamin, mineral dan serat.

4 Alasan Perlu Mulai Gaya Hidup Sehat Dengan Jus Sayur

Menerapkan pola hidup sehat dengan rutin mengonsumsi jus sayur memang bukan perkara mudah bagi sebagian orang yang tak begitu menyukai sayur. Namun, demi kesehatan tubuh, hal tersebut harus segera dipenuhi hingga menjadi suatu kebiasaan.

Detoksifikasi Alami Tubuh

Organ dalam tubuh setiap harinya telah bekerja keras melakukan beragam aktivitas fisik, belum lagi asupan berbagai jenis makanan tidak sehat yang ternyata mendominasi tubuh. Meskipun saat ini Anda belum merasakan efek sampingnya, tak menutup kemungkinan menjadi bom waktu di kemudian hari.

Gaya hidup sehat dengan jus sayur berdasarkan beberapa penelitian mampu meminimalisir racun dalam tubuh, baik lewat polusi hingga makanan yang dikonsumsi. Proses detoksifikasi lewat jus sayur akan meningkatkan kerja pencernaan, proses penyerapan nutrisi pun terjadi dengan baik dan cepat untuk mengedarkan sari makanan.

Cegah Penuaan Dini

Paparan zat kimia akibat debu, polusi dan pencemaran lingkungan berdampak pada kesehatan kulit yang menjadi pelindung organ dalam tubuh. Kulit sehat dapat dilihat secara visual lewat elastisitas, warna dan tekstur. Mendapatkan kulit sehat dari dalam dapat Anda lakukan lewat konsumsi jus sayur.

Sayuran mengandung banyak cairan, antioksidan, beberapa jenis vitamin C dan E, seperti bayam, brokoli, tomat dan wortel. Kandungan tersebut terbukti meningkatkan elastisistas kulit dan mendukung aktivitas kolagen tubuh.

Cegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskuler atau jantung memiliki rasio angka penderita tertinggi di dunia dan menjadi penyebab kematian terbesar. Jantung berfungsi sebagai alat transportasi tubuh bersama darah membawa nutrisi dan oksigen yang diperlukan organ dalam untuk melakukan tugasnya masing-masing.

Itulah mengapa jantung perlu dijaga kesehatannya lewat asupan makanan dan olahraga. Gaya hidup sehat dengan jus sayur dapat mendukung kesehatan jantung Anda. Sayur kaya akan antioksidan dan mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh, sehingga hambat penumpukan plak kolesterol yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah dan turunnya fungsi jantung.

Kuatkan Kepadatan Tulang

Beberapa sayuran mengandung kadar likopen tinggi, fungsinya menjaga kepadatan tulang dan menangkal kerusakan sel pada sendi dan jaringan tulang penyebab pengeroposan tulang. Senyawa likopen banyak ditemukan pada sayuran berwarna merah seperti tomat, bayam merah, paprika, kubis merah dan wortel.

Kekurangan likopen dalam tubuh menyebabkan tulang tak mampu hasilkan osteoblast dan berdampak pada penyakit osteoporosis dan osteoarthritis. Namun, kelebihan senyawa satu ini juga tak baik, pasalnya akan mengakibatkan perubahan warna kulit menjadi kuning dan kerusakan beberapa sel tubuh.

Sahabat sehat perlu tetap menyesuaikan batas konsumsi harian, jus sayur dapat mengatur kebutuhan sesuai batas aman. Membuat jus sayur sangat mudah dilakukan, bahkan dapat tersaji dalam hitungan menit saja.

Juicer atau blender merupakan mesin yang dapat membantu Anda membuat jus lebih praktis. Sayangnya, beberapa produk tidak mampu menjaga nutrisi utuh dari sayur sesaat setelah diproses.

Kini, gaya hidup sehat dengan jus sayur yang sarat nutrisi bisa sangat mudah Sahabat sehat dapatkan menggunakan Kuvings!

 

Referensi : labsatu.com

Photo by FoodGenerations from Pexels