Home » Blog » 5 Tips Batasi Asupan Kalori Minyak Goreng Sehari-hari

5 Tips Batasi Asupan Kalori Minyak Goreng Sehari-hari

kalori minyak goreng

Asupan kalori harian dibutuhkan untuk menjaga berat badan yang ideal dan juga mengontrol kesehatan tubuh. Kebutuhan kalori pada setiap orang sebenarnya berbeda, berdasarkan dari aktivitas, usia, jenis kelamin dan berat badan.

Mengetahui kebutuhan kalori yang tepat pada diri seseorang, akan lebih baik dengan berkonsultasi pada Dokter ahli gizi. Rata-rata pria dewasa butuh 2.500 kalori sehari, sedangkan wanita dewasa butuh 2.000 kalori per hari.

Jika ingin menambah berat badan, perlu asupan kalori lebih banyak dari jumlah kalori yang dibakar tubuh per hari. Sebaliknya, jika ingin menurunkan berat badan, kalori yang dibakar tubuh harus lebih banyak daripada kalori yang masuk.

Sahabat sehat, untuk menjaga asupan kalori yang tepat perlu menjalankan gaya hidup sehat dan pilihan makanan yang tepat. Pilihan makanan yang tepat sering kali dipengaruhi dari bahan-bahan makanan yang dipilih, termasuk minyak goreng yang digunakan. 

Minyak goreng bisa menjadi salah satu bahan makanan penyumbang kalori yang banyak. Sebab, hampir setiap masakan menggunakan minyak goreng dalam olahannya. Kalori yang ada pada minyak goreng rata-rata 70-90 kkal per 1 sendok makan minyak goreng.

Sahabat sehat, simak 10 tips batasi asupan kalori minyak goreng sehari-hari, supaya hidup lebih sehat:

1. Sesuaikan Takaran Minyak Goreng dalam Resep

Resep masakan biasanya menyertakan takaran minyak goreng yang pas. Hindari menggunakan minyak goreng berlebihan. Jika dibutuhkan, pilih jenis minyak goreng dengan yang lebih rendah kalori. Gunakan sendok takar untuk minyak goreng bisa jadi solusi yang praktis membatasi kalori minyak goreng yang dikonsumsi sehari-hari.

2. Gunakan Wajan Anti Lengket

Wajan anti lengket adalah solusi untuk menghemat kebutuhan minyak goreng dalam memasak. Bahan makanan yang dimasak dengan wajan anti lengket tetap bisa matang sempurna, walaupun dengan takaran minyak lebih sedikit daripada wajan biasa. Jika sahabat sehat menggunakan wajan anti lengket, perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan api besar, supaya makanan matang merata.

3. Menggunakan Alat Semprot Minyak

Menuangkan langsung minyak dari wadahnya berisiko minyak terlalu banyak keluar. Cara menghemat penggunaan minyak, bisa dengan menggunakan alat semprot minyak. Alat semprot minyak cocok untuk masakan yang hanya butuh sedikit minyak ketika dimasak. Misalnya, ketika menumis atau memanggang.

4. Menggukus atau merebus Sayuran Sebelum Dimasak

Manfaat mengukus dan merebus sayuran sebelum dimasak bisa mempercepat waktu matang. Ketika waktu memasak bahan makanan bisa dipercepat, maka kebutuhan minyak juga bisa dihemat. Tips ini hanya bisa digunakan untuk beberapa jenis sayuran yang bertekstur keras, tidak cocok untuk sayuran yang mudah layu atau lunak.

5. Ganti dengan Minyak Sayur Rendah Kalori

Mengatasi kelebihan kalori minyak dalam masakan, bisa disiasati dengan menggunakan minyak sayur yang rendah kalori. Jenis minyak goreng sehat sudah banyak tersedia di pasaran. Minyak goreng kelapa rendah kalori, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari atau minyak canola, bisa menjadi alternatif minyak goreng sehat. Dengan begitu, Sahabat sehat bisa lebih menjaga batasan kalori minyak goreng yang masuk dalam tubuh. 

Sebenarnya, kalori yang masuk dalam tubuh bukan hanya berasal dari kalori minyak saja, tapi dari bahan makanan lain. Jadi, selain pilihan minyak goreng rendah kalori, Sahabat sehat juga perlu menjaga pilihan makanan sehari-hari. Selain menjaga asupan makanan yang tepat, Sahabat sehat juga perlu menjaga pola hidup sehat dan olah raga teratur. 

Referensi : Voaindonesia

Photo by cottonbro from Pexels