Home » Blog » 5 Jenis Minyak Goreng untuk Diet Sehat yang Berhasil

5 Jenis Minyak Goreng untuk Diet Sehat yang Berhasil

minyak goreng untuk diet

minyak goreng untuk diet – Tujuan diet bukan sekadar menurunkan berat badan saja, tetapi diet tetap perlu mencukupi nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh.  Diet sehat dilakukan dengan seimbang, antara memilih bahan makanan sehat dan olah raga teratur. Bahan makanan sehat adalah salah satu kunci berhasilnya diet sehat. 

Salah satu bahan makanan penunjang diet adalah memilih sumber lemak sehat. Lemak sehat bisa didapatkan dari pilihan minyak goreng yang sehat. Tidak semua minyak goreng tepat digunakan saat diet. Hal utama yang perlu diperhatikan ketika memilih minyak goreng untuk diet adalah kandungan lemak tak jenuh di dalamnya.

Kebutuhan Masak

Sahabat sehat yang sedang menjalani atau berencana melakukan diet sehat, perlu perhatikan pilihan minyak goreng diet yang baik. Ini dia, beberapa pilihan minyak goreng untuk diet:

1. Minyak Zaitun/Olive Oil

Minyak Zaitun

Extra Virgin Olive Oil SESA 1 L

Minyak zaitun menjadi pilihan pertama bagi Sahabat sehat yang ingin menjalankan program diet sehat. Minyak goreng untuk diet harus mengandung lemak tidak jenuh tunggal, seperti yang ada pada minyak zaitun. Lemak tidak jenuh tunggal berguna sebagai penunjang untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga keseimbangan kalori dalam tubuh. Mengolah makanan dengan minyak zaitun dianjurkan tidak dalam suhu terlalu panas. 

2.  Minyak Kelapa/Coconut Oil

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa Kara-1000 ML

Sahabat sehat, ingin menjalankan diet dengan tetap bisa merasakan makanan enak? Sahabat sehat bisa memilih minyak kelapa untuk memasak di dapur. Minyak kelapa punya aroma dan cita rasa yang lezat untuk masakan. Minyak kelapa juga kaya vitamin dan rendah kolesterol. Minyak kelapa mengandung trigliserida yang berguna untuk membantu membakar lemak dalam tubuh dan melancarkan metabolisme. Minyak kelapa punya titik didih tinggi sehingga aman digunakan untuk menggoreng aneka masakan.

3. Minyak Canola

Minyak canola salah satu pilihan minyak goreng untuk diet karena kaya akan nutrisi baik. Minyak canola kaya antioksidan, asam alfa-linoleat, omega 3 dan omega 6. Kandungan nutrisi yang ada dalam minyak canola bermanfaat untuk menjaga kestabilan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Minyak canola dianjurkan untuk memasak makanan yang cepat matang, supaya kandungan vitaminnya tetap utuh. 

4. Minyak Biji Bunga Matahari

Minyak biji bunga matahari kaya akan manfaat untuk menunjang program diet sehat. Minyak biji bunga matahari mengandung betain dan asam phenolic yang berguna sebagai zat antioksidan. Minyak biji bunga matahari juga kaya akan kandungan vitamin E dan vitamin K. Selain membantu menjaga berat badan, minyak ini juga baik menjaga imunitas tubuh. 

5.  Minyak Jagung

Minyak jagung cocok dijadikan minyak goreng untuk diet. Titik didih minyak jagung mencapai 204 derajat celcius, Sahabat sehat bisa menggunakannya untuk menggoreng dan menumis. Kandungan asam esensial dalam nutrisi minyak jagung baik untuk membantu menurunkan berat badan. Minyak jagung rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol jahat bagi tubuh. Sahabat sehat akan mendapatkan manfaat untuk diet sekaligus untuk kesehatan tubuh dengan mengonsumsi minyak jagung.

Sahabat sehat, tetap perhatikan takaran minyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh. Minyak nabati jika digunakan terlalu berlebihan juga tidak baik. Minyak goreng untuk diet yang baik tidak mengandung kolesterol jahat dan lemak jenuh bisa didapatkan di SESA.ID

Sahabat sehat bisa membuat variasi aneka makanan dengan pilihan minyak goreng untuk diet yang tepat. Variasi makanan sehat bisa membuat diet jadi lebih semangat. Jangan lupa seimbangkan dengan olah raga dan selalu berpikir positif agar tubuh selalu sehat dan bugar.

Kebutuhan Masak

Referensi : Wowkeren
Photo by RODNAE Productions from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatSekarang. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.