fbpx
Skip to content
Home » Blog » Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil Agar Mendapat Nutrisi yang Tepat

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil Agar Mendapat Nutrisi yang Tepat

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil

Ketahui waktu tepat kapan sebaiknya minum susu ibu hamil agar bayi dan janin mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Sahabat Sehat ketika hamil pasti ingin memberikan semua hal terbaik untuk sang calon anak sejak dari dalam kandungan.

Apalagi jika ini merupakan kehamilan pertama, segala upaya akan dilakukan, mulai dari periksa rutin ke dokter sampai pemberian nutrisi melalui asupan makanan serta minuman. Namun, ternyata ada aturan waktu tepat untuk konsumsi susu saat menjalani kehamilan.

DAPATKAN KEBUTUHAN IBU DAN ANAK YANG AMAN DAN SEHAT DI SESA.ID

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil

Produk untuk mencukupi nutrisi bumil selama mengandung 9 bulan sudah banyak beredar di pasaran. Sahabat Sehat bisa membelinya secara bebas di toko-toko swalayan atau membeli secara online di berbagai toko digital.

Saat kehamilan tiba, Sahabat Sehat membutuhkan asupan asam folat dalam kadar tertentu untuk memastikan kesehatan fisik bayi. Asam folat juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kecacatan pada bayi saat terlahir di bulan kesembilan nantinya.

Selain itu, konsumsi secara rutin juga membantu menambah stamina Sahabat Sehat, terutama jika jadwal kegiatan setiap hari cukup padat. Jadi, kapan sebaiknya minum susu ibu hamil secara tepat? Jawabannya sejak usia kehamilan sudah menginjak trimester 1.

Trimester 1 artinya 3 bulan pertama kehamilan, dimana janin sudah mulai berkembang dan membutuhkan asupan gizi sesuai kadarnya. Sudah selesai menghadapi trimester 1, Sahabat Sehat tetap dianjurkan untuk konsumsi susu lagi ketika masuk trimester 2 maupun 3.

Untuk takarannya, pastikan tidak berlebihan, sesuai anjuran saja, yakni tiga cangkir per hari sudah cukup memberikan nutrisi untuk si kecil. Pastikan ketika memilih produk, Sahabat Sehat memperhatikan kandungan zat besinya pada kemasan.

Karena kondisi bumil membutuhkan asupan zat besi cukup tinggi untuk menghindari terjadinya kelahiran prematur. Solusi untuk Sahabat Sehat yang memiliki alergi terhadap susu sapi, bisa memilih susu kedelai untuk menggantikan berbagai nutrisi dari susu sapi.

Namun, ketika memilih produknya pastikan dalam kemasan memuat kandungan kalsium untuk menunjang perkembangan si kecil dan menambah energi saat hamil. Setelah tahu kapan sebaiknya minum susu ibu hamil, ketahui juga kandungan tepat untuk nutrisi janin.

Banner Ibu dan Anak

5 Manfaat Konsumsi Susu Saat Kehamilan

Perlu tidak, sebenarnya mengonsumsi minuman ini pada saat kehamilan? Pola pikir dikembalikan kepada masing-masing orang. Tetapi, jika melihat manfaatnya maka akan ada banyak sekali hal yang membuat Sahabat Sehat tahu betapa pentingnya asupan nutrisi ini:

  • Sebagai Asupan Protein

Asupan protein sesuai kadarnya membantu menyehatkan fisik bayi ketika lahir sampai mempengaruhi bobot tubuh ketika dilahirkan. Sumber protein bisa didapatkan dari mana saja, di antaranya tempe, telur, daging sapi, daging ayam, dan juga susu sapi.

  • Memenuhi Kebutuhan Kalsium

Kandungan kalsium pada produk bumil membantu menyehatkan gigi serta tulang janin. Tidak heran, ketika ke dokter biasanya akan diberikan penambah kalsium maupun asam folat. Setelah itu ketahui kapan sebaiknya minum susu ibu hamil untuk asupan sempurna.

  • Melengkapi Kebutuhan Vitamin D

Asupan vitamin D secara alami bisa didapatkan ketika berjemur di pagi hari. Namun, tidak semua lokasi memiliki arah sinar matahari yang baik dan nyaman untuk berjemur. Solusi mudahnya bisa konsumsi minuman dengan kandungan vitamin D untuk kesehatan janin.

  • Menangkal Maag

Maag biasanya menjadi ancaman bagi beberapa orang ketika sedang hamil. Faktor penyebabnya bisa karena nafsu makan berkurang sebab mual selalu melanda. Solusinya, ketahui sebaiknya minum susu ibu hamil untuk mencegah terjadinya maag.

  • Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Terakhir, manfaat konsumsi minuman khusus saat kehamilan adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi atau menjaga asupan cairan pada tubuh. Tubuh yang tetap mendapatkan asupan cairan sesuai porsinya akan memiliki tingkat konsentrasi tinggi untuk menjalani aktivitas.

Kelima manfaat konsumsi produk khusus saat kehamilan di atas merupakan alasan kenapa banyak produsen memasarkan berbagai merk. Sebelum memilih salah satu produk, pastikan Sahabat Sehat sudah terlebih dahulu melakukan konsultasi kondisi kehamilan dengan dokter.

Dua Jenis Susu untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya jenis-jenis minuman susu yang kami bahas di sini adalah dua jenis general dan bisa dipertimbangkan semua Sahabat Sehat, sekalipun tidak hamil. Namun, menjadi perhatian khusus untuk bumil dengan membedakan dua jenis produk berikut:

  • Skim

Setelah mengetahui kapannya sekarang cari tahu jenis apa yang paling pas untuk dikonsumsi. Pertama, ada low fat yang membantu Sahabat Sehat tetap bugar dan bisa menjalani aktivitas harian tanpa ringkih.

  • Full Cream

Full cream direkomendasikan untuk Sahabat Sehat dengan bobot tidak berlebihan. Karena kandungan lemak dalam full cream lebih tinggi dari kandungan lemak di dalam low fat. Jadi, memang paling tepat sebelum memilih produk adalah berkonsultasi dengan dokter.

Sahabat Sehat bisa saja dianjurkan meminum produk yang low fat. Bisa juga dianjurkan memilih full cream jika dirasa asupan lemak belum tercukupi. Selain mengetahui kapan sebaiknya minum susu ibu hamil, pilihan jenisnya juga harus diperhatikan.

https://www.orami.co.id/magazine/kapan-sebaiknya-minum-susu-ibu-hamil

Gambar

sesa.id

 

 

Tags: