Home » Blog » Penting! Penuhi Kebutuhan Gizi Ini untuk Ibu Hamil

Penting! Penuhi Kebutuhan Gizi Ini untuk Ibu Hamil

kebutuhan gizi ibu hamil

Selain pemeriksaan kehamilan secara rutin, penting juga untuk menjaga kesehatan ibu hamil dengan cara mengkonsumsi makanan yang cukup. Tak hanya itu, asupan makanan yang memenuhi nutrisi atau kebutuhan nutrisi harian juga dapat membantu ibu hamil mengoptimalkan perkembangan janin.

Untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan hingga persalinan, Sahabat Sehat harus memastikan bahwa semua kebutuhan nutrisi harian ibu terpenuhi dengan baik.

Selama kehamilan, kamu perlu mendapat tambahan 300 kalori dari makanan, terutama pada trimester kedua dan ketiga Selain itu, banyak zat gizi mikro yang dibutuhkan selama kehamilan. Berikut ini adalah daftar nutrisi penting yang menjadi prioritas selama kehamilan:

Lantas, apa saja kebutuhan gizi atau daftar gizi yang perlu dikonsumsi ibu hamil untuk kesehatan tubuh dan calon janinnya?

1. Makronutrien

Makronutrien merupakan nutrisi yang mengandung kalori atau energi, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Kebutuhan makronutrien yang dibutuhkan adalah:

  • Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting bagi ibu hamil. Sahabat Sehat harus mengonsumsi karbohidrat kompleks yang juga mengandung serat, agar terhindar dari sembelit. Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, kacang-kacangan, serta sayuran dan buah, misalnya jagung dan oat.
  • Protein berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel atau jaringan, terutama pada otak janin. Selain itu, protein juga membantu pertumbuhan jaringan payudara dan meningkatkan suplai darah dalam tubuh.Kebutuhan asupan protein untuk ibu hamil adalah sekitar 75–100 gram atau 2–3 porsi sumber protein per hari. Adapun sumber protein yang baik untuk ibu hamil meliputi daging sapi tanpa lemak, ikan, daging ayam, daging domba, tahu, dan hati sapi.
  • Lemak saat hamil sangat dianjurkan. Namun, pilihlah sumber lemak baik atau lemak tak jenuh, seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, serta ikan salmon. Lemak baik yang mengandung Omega-3 berperan penting untuk mendukung pertumbuhan otak dan mata bayi sebelum lahir sertaperkembangan kognitif dan penglihatan anak sesudah kelahiran. Selain itu, lemak juga membantu pertumbuhan plasenta dan jaringan lainnya, serta menurunkan risiko terjadinya kelahiran prematur.

2. Mikronutrien

Mikronutrien merupakan kelompok makanan yang meliputi vitamin dan mineral. Berikut beberapa mikronutrien yang kebutuhannya perlu diutamakan saat hamil:

  • Kalsium tak hanya menguatkan tulang dan gigi kamu, kalsium juga berguna untuk membangun tulang dan gigi janin. Selama hamil, kamu membutuhkan kalsium sekitar 1000 miligram yang dapat kamu memperoleh kalsium dari susu, keju, yoghurt, ikan sarden atau salmon, dan bayam.
  • Asam folat juga memiliki peran penting dalam mengurangi risiko cacat lahir, termasuk cacat pembentukan tabung saraf pada janin yang memengaruhi otak serta saraf tulang belakangnya. Contohnya adalah spina bifida dan anencephaly.Kebutuhan asam folat harian di masa kehamilan adalah 600–800 mikrogram. Sumber asam folat di antaranya adalah sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, hati sapi, buah jeruk, stroberi, lemon, mangga, dan tomat.
  • Zat besi memiliki fungsi untuk meningkatkan volume darah dan mencegah anemia. Asupan harian yang ideal di masa kehamilan adalah 27 miligram. Adapun sumber zat besi bisa yang bisa kamu konsumsi, yaitu lobak, sayuran hijau seperti bayam, selada, kubis, biji-bijian, roti, sereal, oatmeal, daging sapi dan sea food.
  • Beragam Vitamin yaitu vitamin A, C, B6, B12, dan D untuk kesehatan kulit dan mata, pembentukan sel darah merah serta pertumbuhan tulang.

Jangan sungkan untuk memeriksakan kandungan kamu secara rutin, agar kesehatan ibu dan janin bisa selalu terpantau. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait keluhan maupun gizi ibu hamil. Asupan nutrisi merupakan hal yang sangat penting dalam kehamilan.

Jika kebutuhan gizi ibu hamil tidak tercukupi karena bila tidak tercukupi akan menyebabkan masalah kesehatan pada ibu dan janinnya. Penuhi kebutuhan #SehatSekarang untuk Ibu dan Bayi hanya dengan belanja di sesa.id!

Photo by Jonathan Borba from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.