Home » Blog » Inilah 10 Makanan Tambahan Ibu Hamil agar Bayi dan Ibu Tetap Sehat

Inilah 10 Makanan Tambahan Ibu Hamil agar Bayi dan Ibu Tetap Sehat

Makanan Tambahan Ibu Hamil

Tak jarang rasa lapar dirasakan ibu hamil di luar waktu makan yang semestinya. Meski begitu, bukan berarti Sahabat Sehat yang sedang mengandung perlu mengabaikan rasa lapar tersebut. Soalnya, makanan tambahan ibu hamil bisa jadi pilihan cemilan untuk membantu meredakan rasa lapar. Terlebih lagi, ngemil sebenarnya bukan hal terlarang untuk ibu hamil, kok!

Meski begitu, Sahabat Sehat tetap perlu memerhatikan apa jenis cemilan yang dikonsumsi. Yang jelas, makanan maupun minuman yang bisa membahayakan janin dan ibu hamil tentu dilarang, ya! Di samping itu, Sahabat Sehat juga perlu catat bahwa meskipun yang dikonsumsi adalah cemilan sehat sekalipun, menu makanan bergizi seimbang tetap jadi sumber nutrisi utama.

Kalau begitu, apa saja ya jenis-jenis makanan tambahan ibu hamil yang sehat, aman, dan direkomendasikan? Untuk penjelasan lengkapnya, Sahabat Sehat bisa cek daftar di bawah ini sebagai panduan, ya!

DAPATKAN MAKANAN TAMBAHAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL DI SESA.ID

Rekomendasi Makanan Tambahan Ibu Hamil

Redakan rasa lapar saat hamil dengan rekomendasi makanan tambahan alias cemilan berikut ini.

  1. Smoothies Buah dan Sayur Sebagai Makanan Tambahan Ibu Hamil

Buah dan sayur secara umum merupakan makanan yang sangat direkomendasikan selama kehamilan. Selain mengonsumsinya secara langsung, Sahabat Sehat juga bisa mengolah buah, sayur, atau campuran keduanya sebagai smoothies. Untuk memberikan rasa manis, sebaiknya gunakan madu agar jumlah kalorinya tidak membengkak dan agar semua nutrisi dari buah serta sayur bisa dirasakan secara maksimal.

Green Smoothies

Green Smoothies SESA

  1. Yoghurt Salah Satu Makanan Tambahan Ibu Hamil

Buat Sahabat Sehat yang suka yoghurt, ada kabar baik nih! Soalnya, yoghurt juga bisa jadi pilihan cemilan selama masa kehamilan. Sahabat Sehat bisa juga mencampur yoghurt dengan buah favorit ke dalam smoothies, atau sebagai salad yang enak.

BACA JUGA: 

  1. Overnight Oat

Overnight oat adalah oat yang sudah dibiarkan semalam. Dan seperti yang mungkin sudah Sahabat Sehat ketahui, oat merupakan makanan tinggi serat dan kalori yang minim. Cukup mengonsumsi dalam porsi kecil saja, overnight oat sudah terasa mengenyangkan, kok.

  1. Bubur atau Sari Kacang Hijau

Pilihan cemilan untuk ibu hamil lainnya adalah bubur maupun sari kacang hijau. Salah satu jenis kacang-kacangan ini kaya akan serat yang sangat baik untuk ibu hamil. Cukup mengonsumsi segelas sari kacang hijau saja, Sahabat Sehat akan langsung merasa kenyang dan lebih berenergi.

  1. Granola

Granola merupakan campuran dari oat, biji-bijian, kacang-kacangan, rempah, buah kering, dan madu. Makanan yang tengah populer ini rupanya juga bisa jadi pilihan cemilan sehat bagi ibu hamil karena kandungan nutrisi serta seratnya yang tinggi, dan kalorinya yang terbilang rendah.

  1. Pisang

Bingung memilih buah apa untuk dikonsumsi selama masa kehamilan? Tak perlu repot-repot mencari buah khusus, karena pisang yang mudah ditemukan di mana-mana juga bagus untuk janin dan ibu hamil, lho! Pisang memiliki kandungan kalium, yang penting dalam mendukung pertumbuhan janin yang optimal. Di samping itu, pisang juga merupakan cemilan organic.

Resep Makanan bayi 6 bulan yang bergizi

Pisang

  1. Chia Seeds

Biji chia atau chia seeds juga bisa Sahabat Sehat konsumsi sebagai cemilan selama masa kehamilan. Kandungan seratnya yang tinggi bisa bantu cegah sembelit. Selain itu, chia seeds juga bisa mencegah anemia dan mendukung pembentukan gigi serta tulang pada janin.

Biotona Organic Black Chia Seed

Biotona Organic Black Chia Seed

  1. Buah Kering

Beberapa jenis buah bisa dikonsumsi dalam bentuk kering, seperti kurma dan kismis. Selain karena pengolahannya yang berbeda, buah kering juga bisa memberikan sensasi rasa yang berbeda dibandingkan mengonsumsi buah segar.

  1. Kacang Mete

Kacang mete juga merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi sebagai cemilan atau makanan tambahan ibu hamil, lho! Apalagi kacang mete panggang yang rasanya empuk. Tentu saja, pastikan Sahabat Sehat mengonsumsi dalam jumlah cukup alias tidak berlebihan – jumlah idealnya cukup 1 ons per hari saja, ya!

  1. Biji Bunga Matahari

Jenis biji-bijian lainnya yang baik untuk ibu hamil dan janin adalah biji bunga matahari. Salah satu alasannya adalah adanya kandungan niacin di dalam biji bunga matahari yang bisa bantu kurangi kolesterol sekaligus mencegah kecemasan serta depresi selama kehamilan.

Itu tadi rekomendasi 10 makanan tambahan ibu hamil yang sehat dan pastinya bermanfaat juga bagi janin di dalam kandungan. Sahabat Sehat bisa memesannya langsung lewat aplikasi sesa.id dari rumah, lho! Download aplikasinya di Playstore atau App Store, ya!

 

Referensi:

Ini Cara Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Ibu Hamil, Balita dan Anak Sekolah

https://bunda.co.id/artikel/kesehatan/kehamilan/penting-16-rekomendasi-cemilan-sehat-ibu-hamil/