fbpx
Skip to content
Home » Blog » Yuk, Lakukan 5 Kebiasaan Sehat Ini Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh!

Yuk, Lakukan 5 Kebiasaan Sehat Ini Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh!

Kebiasaan Sehat Ini Untuk Menjaga Kesehatan

 

Kebiasaan Sehat – Gaya hidup sehat tak sebatas hanya mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan melakukan kegiatan fisik, lho!

Faktanya, selain rutin mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan melakukan berbagai macam kegiatan fisik, bila ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat seumur hidup, kamu harus menerapkan beberapa kebiasaan-kebiasaan sehat sederhana ini, Sahabat Sehat! 

 

Kebiasaan Sehat yang Perlu Dilakukan

Siapa sih yang enggak mau punya tubuh yang sehat dan kuat seumur hidup? Pasti Sahabat Sehat mau dong! Untuk memiliki tubuh yang sehat, kuat, dan terhindar dari berbagai macam penyakit tentu Sahabat Sehat harus punya tekad yang kuat untuk menyayangi tubuh.

Salah satu kuncinya adalah konsisten. Dengan membiasakan melakukan kegiatan-kegiatan sehat, berarti Sahabat Sehat telah beranjak menuju tubuh yang sehat dan kuat.

Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat sangat penting dilakukan apalagi di era pandemi seperti sekarang ini.

Selain itu, mempertahankan pola hidup sehat juga membantu mempercepat Sahabat Sehat untuk memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari beberapa penyakit.

Yuk, simak beberapa tips sehat beneran untuk tubuh yang bisa kamu terapkan di kehidupan kamu!

Konsumsi Nutrisi Seimbang

Jika ingin memiliki tubuh yang sehat, mulailah dengan konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat setiap harinya termasuk protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Sebagai sumber protein, kamu bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, ikan, susu, dan telur.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, kamu bisa memperolehnya dari nasi merah, oat, dan quinoa.

Variasikan menu makanan sehat kamu dengan mengonsumsi aneka jenis sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan. Intinya, berikan nutrisi makanan yang baik untuk tubuh.

Coba resep smoothies ini. Makanan multi nutrisi lebih mudah diserap oleh tubuh. Sahabat sehat bisa menggunakan produk Nutribullet sebagai nutrient extractor, agar dapat membuat smoothies dengan sangat cepat dan nutrisi buah yang tetap terjaga.

Waktu Tidur yang Cukup

Jika ingin memiliki pola hidup sehat, salah satu kebiasaan sehat yang harus Sahabat Sehat lakukan adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Tidur dengan waktu 7-8 jam sehari dapat membantu kamu memiliki pola hidup sehat.

Pastikan kita tidak mengonsumsi kafein dan bermain gadget sebelum tidur. Hal ini dikarenakan bermain gadget dan mengonsumsi kafein sebelum tidur mencegah kamu mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Tidur yang berkualitas dapat membantu kamu untuk meregenerasi sel dalam tubuh, mengembalikan energi yang telah terpakai setelah seharian beraktivitas, dan juga detoks tubuh dari racun-racun yang masuk ke dalam tubuh termasuk radikal bebas maupun dari konsumsi makanan serta minuman.

Hindari begadang bila tidak diperlukan karena begadang dapat mengurangi keefektifan tubuh dalam melakukan detoks dan regenerasi sel. 

Gunakan essential oil agar tidur lebih nyenyak dan membuat mood lebih positif.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sesa.id (@sesaindonesia)

Menerapkan Pola Hidup Organik

Pola hidup organik bisa diterapkan Sahabat Sehat untuk membantu tubuh lebih fokus melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih penting seperti detoks tubuh.

Pola hidup organik sendiri adalah gaya hidup yang sehat untuk diri sendiri juga lingkungan. Contohnya adalah saat setiap hari kita terpapar racun, polusi, dan radikal bebas. 

Dalam jangka panjang, hal-hal tersebut bisa menurunkan kualitas hidup secara drastis dan menciptakan lingkungan tidak kondusif serta mengancam kesehatan. Dengan gaya hidup organik, hal-hal tersebut bisa diminimalisir bahkan dihilangkan. 

 

Rutin Berolahraga

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh lainnya adalah dengan rutin berolahraga. Rutin berolahraga dapat membantu kamu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, depresi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan radang sendi.

Sebaiknya berolahragalah selama 150 menit dalam seminggu atau luangkan waktu 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga. 

Perlu diingat, berolahragalah sesuai kapasitas tubuh kamu. Jangan memaksakan diri ya, Sahabat Sehat! Selingi juga dengan waktu istirahat. Selain itu, berolahraga rutin juga dapat membantu sirkulasi makanan sehat yang sudah disebutkan di atas nih.

Jadi, tubuh mendapatkan kebaikan dari makanan sehat yang dikonsumsi secara utuh dan sempurna diserap oleh tubuh. Tak hanya itu, rutin berolahraga dapat meningkatkan mood kamu karena saat berolahraga hormon endorfin diproduksi. Alhasil, makin happy deh!

 

Hindari Pikiran Negatif

Menjaga kesehatan tubuh juga bisa didapatkan dari menjaga pikiran kamu dari hal-hal negatif lho, Sahabat Sehat! Pikiran sehat dapat membantu kamu mendapatkan tubuh yang sehat.

Mulailah kebiasaan sehat ini dengan banyak tersenyum, mengatur mood, dan mengidentifikasi pikiran-pikiran negatif serta mengubahnya menjadi pikiran positif. 

Apa sih efeknya terhadap tubuh? Menurut dr. Kartika Prasasti Ramadia, efek yang didapatkan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat adalah kamu bisa #SehatBeneran. Apa sih #SehatBeneran itu?

Artinya adalah kita jadi lebih berenergi, organ-organ tubuh bekerja secara maksimal saling berkolaborasi. Dr. Kartika juga menambahkan kamu bisa lebih meningkatkan konsentrasi dan fokus, tidak mudah sakit, craved-free, postur dan komposisi tubuh yang baik, serta yang paling penting adalah awet muda. 

Jadikan lakukan kebiasaan-kebiasaan sehat di atas sebagai aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari demi menjaga kesehatan tubuh dan #SehatBeneran. Ingat, kuncinya adalah konsisten dan tekad yang kuat agar kamu bisa merasakan manfaatnya secara maksimal. Jangan lupa penuhi segala kebutuhan #SehatSekarang-mu hanya di sesa.id!

 

Referensi:

The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Using the World Around You to Stay Healthy and Fit.

Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Exercise: 7 Benefits of Regular Physical Activity.

Family Doctor. Diakses pada 2020. American Academy of Family Physicians. What You Can Do to Maintain Your Health.

Healthline. Diakses pada 2020. 6 Essential Nutrients and Why Your Body Needs Them