Home » Blog » 4 Step Untuk Memulai Hidup Sehat Sekarang

4 Step Untuk Memulai Hidup Sehat Sekarang

sehat sekarang

Sehat sekarang bahagia dimasa tua. Tentu kalimat ini sudah cukup sering sahabat sehat dengar. Dengan menjaga kesehatan tubuh sejak dini maka dipastikan sahabat sehat akan memiliki tubuh yang sehat di masa yang akan datang.

Hanya saja untuk memulai hidup sehat terkadang tidaklah mudah. Terlebih ditengah gaya hidup masyarakat modern saat ini. Namun sebenarnya  jika dengan niatan untuk memiliki tubuh yang sehat di masa akan datang, memulai hidup sehat sekarang tidaklah sulit. 

Kurangi Stres Dan Beban Pikiran

Langkah awal untuk memulai gaya hidup sehat adalah dengan menghindari stres. Jika sahabat sehat ingin sehat sekarang dan di masa yang akan datang maka sahabat sehat harus menghindari stress. Stres yang berlebihan dapat menyebabkan terganggunya sistem dalam tubuh yang mengganggu kesehatan.

Banyak sakit penyakit yang dimulai karena stress. Oleh sebab itu saat sahabat sehat mulai mengalami stres sebaiknya berhenti dulu dari aktivitas sehari-hari. Sahabat sehat bisa mencoba melakukan aktivitas yang disukai selama ini seperti berkebun, berjalan-jalan atau sekedar bermain dengan hewan peliharaan.

Saat stres mulai melanda sahabat sehat juga bisa mencoba trik ampuh dengan menghirup nafas dalam-dalam melalui hidung dan menghembuskannya perlahan melalui mulut. Cara tersebut terbukti ampuh untuk menghilangkan stres.

Perhatikan Asupan Makanan

Perilaku hidip sehat dimulai dari kebiasaan sehat. Sahabat sehat bisa memulai dengan memperhatikan asupan makanan. Selalu usahakan untuk makan dengan gizi seimbang. Para pakar diet juga menganjurkan untuk melakukan diet gizi seimbang agar kondisi kesehatan tubuh senantiasa terjaga.

Setiap kali makan besar selalu usahakan agar seluruh kebutuhan gizi sahabat sehat terpenuhi. Dalam sepiring makan besar haruslah mencakup karbohidrat, protein, serat, lemak baik serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Usahakan juga untuk selalu makan makanan segar bukan makanan olahan atau kaleng. Bahan pengawet serta proses pemasakan makanan kaleng dan fast food bisa berdampak buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi terlalu sering.

Sebaiknya juga hindari makanan yang digoreng dan beralih dengan makanan yang direbus, dikukus atau ditumis dengan minyak sehat seperti olive oil atau canola oil. Kurangi juga asupan garam serta gula yang berlebih.

Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan kunci penting untuk memulai hidup sehat. Dengan berolahraga sahabat sehat akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan memiliki tubuh yang sehat. Cukup lakukan olahraga ringan 5 kali dalam sepekan sudah cukup membantu menjaga kesehatan tubuh sahabat sehat.

Jika kesulitan untuk meluangkan waktu berolahraga secara khusus, sahabat sehat bisa mulai dengan aktif bergerak. Alih-alih menggunakan lift atau eskalator sebaiknya mulai gunakan tangga untuk naik atau turun dari satu lantai ke lantai yang lain. 

Sahabat sehat juga bisa berolahraga sembari melakukan hobi. Misalnya saja bila sahabat sehat hobi berkebun maka seringlah berkebun agar badan terus bergerak. Bila sahabat sehat suka travelling, maka perbanyaklah berjalan kaki saat melakukan travelling.

Begitu juga untuk ibu rumah tangga yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari, bisa juga aktif bergerak dengan cara rutin membersihkan rumah. Hidup bersih juga bagian dari pola hidup sehat. Ayo lakukan perilaku hidup bersih dan sehat sekarang juga.

Cukupi Kebutuhan Air

Hal yang sering terlewatkan pada pola hidup sehat yaitu tentang kecukupan air dalam tubuh. Banyak orang merasa sudah memenuhi kebutuhan cairan tubuh padahal sebenarnya tidak. Sebaiknya sahabat sehat mulai menghitung berapa kebutuhan cairan tubuh sahabat sehat setiap harinya.

Setiap orang memiliki kebutuhan cairan tubuh yang berbeda. Terlalu banyak mengkonsumsi air putih juga tidak baik bagi kesehatan apalagi jika sampai kurang. Oleh sebab itu untuk menerapkan hidup sehat sekarang mulailah dengan mencukupi kebutuhan air setiap harinya. 

Referensi : Hellosehat
Photo by fauxels from Pexels