Home » Blog » Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Agar Tak Mudah Sakit

Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Agar Tak Mudah Sakit

kekebalan tubuh

Mendengar istilah Kekebalan Tubuh tentu sudah bukan merupakan hal aneh. Karena istilah yang satu ini memang seringkali disebut akhir-akhir selama pandemi. 

Kenali Ciri Kekebalan Tubuh yang Melemah

Berdasarkan penjelasan diatas maka bisa disimpulkan bahwa fungsi dari Kekebalan Tubuh ini terbilang sangat penting karena mampu memonitor sekaligus menghalau berbagai hal yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.  Untuk itulah wajib rasanya untuk selalu menjaga kesehatan agar tetap fit sehingga tak mudah terserang penyakit. 

Namun sebelum mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan agar tetap sehat,  maka sangat disarankan untuk mengenali seperti apakah ciri atau gejala ketika Kekebalan Tubuh sedang lemah atau menurun.  Berikut ini adalah beberapa diantaranya. 

  • Badan Terasa Cepat Lelah

Jika anda sering merasa mudah lelah padahal tidak banyak aktivitas yang menguras tenaga serta sudah istirahat dengan cukup maka bisa jadi sistem imun anda sedang tidak baik.  Tubuh secara reflek menghemat energi agar tetap bertahan sehingga yang dirasakan adalah tubuh mudah lelah dan lemas. 

  • Sering Terkena Flu

Flu merupakan masalah kesehatan yang banyak dialami oleh orang.  Namun biasanya ketika terserang flu ini akan sembuh dengan sendirinya dimana tentunya diimbangi dengan istirahat yang cukup,  makan makanan bernutrisi serta tambah obat atau vitamin.

Namun jika anda sering mengalami flu dalam jangka waktu yang terbilang sering serta dengan durasi waktu yang lama, maka anda patut waspada karena bisa jadi sistem imun tubuh anda sedang melemah. 

  • Sering Pusing

Sakit kepala atau pusing memang bisa dipicu oleh banyak hal.  Salah satunya adalah stress dimana stress ini umumnya akan memicu pusing dan juga mampu menurunkan sistem imun sehingga orang yang stress akan lebih rentan terserang penyakit. 

  • Mengalami Gangguan Sistem Pencernaan

Perlu diketahui bahwa didalam sistem pencernaan terdapat sekitar 70% sistem imun.  Sehingga jika anda mengalami banyak masalah pada sistem pencernaan yang tak kunjung sembuh,  maka bisa jadi sistem kekebalan tubuh anda memang sedang bermasalah. 

  • Memiliki Luka yang Sulit Sembuh

Pada dasarnya tubuh sudah memiliki sistem otomatis untuk memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak.  Namun hal ini bisa terjadi dengan catatan sistem imun dalam kondisi yang baik.  Ketika sistem imun bermasalah,  maka biasanya tubuh akan mengalami kesulitan memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak sehingga misalnya anda mengalami luka,  maka akan sulit untuk sembuh. 

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dari penjelasan diatas,  maka bisa disimpulkan bahwa sistem Kekebalan Tubuh memang memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh.  Sehingga penting rasanya untuk mengetahui tentang cara apa sajakah yang perlu dilakukan agar Kekebalan Tubuh tetap terjaga,  antara lain :

  • Asupan Bernutrisi

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi.  Utamakan mengkonsumsi buah dan sayuran karena keduanya mengandung banyak vitamin dan mineral mampu membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas sehingga tubuh tak akan mudah terserang penyakit.

  • Cukup Istirahat

Setiap harinya tubuh membutuhkan istirahat yaitu tidur malam untuk membantu tubuh beristirahat sekaligus memberikan kesempatan bagi tubuh untuk meregenerasi sel – sel tubuh.  Penuhi kebutuhan tidur setiap harinya minimal 7 – 8 jam/hari.

  • Kelola Stress

Stress dapat berimbas buruk bagi kesehatan karena mampu menurunkan sistem imun.  Sehingga jika ingin tetap sehat,  diwajibkan untuk bisa mengelola stress dengan baik.

  • Rutin Berolahraga

Olahraga juga penting dilakukan.  Olahraga tak perlu harus ke gym karena anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging,  bersepeda atau berenang. 

Dengan menerapkan beberapa tips diatas maka bisa membantu anda dalam meningkatkan sistem imun tubuh agar tetap sehat sehingga tak mudah terserang penyakit. 

Referensi : Halodoc
Photo by Yaroslav Shuraev from Pexels