Home » Blog » 5 Alasan Kenapa Ceramic Pan Wajib Dimiliki

5 Alasan Kenapa Ceramic Pan Wajib Dimiliki

wajan keramik

Wajan merupakan salah satu alat masak yang pasti kita jumpai di setiap dapur rumah. Namun seiring waktu, risiko dari penggunaan material-material peralatan masak tertentu mulai menjadi hal yang diperhatikan banyak orang. Banyak produk wajan yang dilapisi material anti lengket yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Dari fenomena tersebut, kini banyak perusahaan yang memproduksi peralatan masak dengan material-material alternatif yang lebih aman. Jadi, kenapa ceramic pan wajib digunakan? Sebab wajan dengan material keramik tidak sekedar anti lengket, namun juga terbukti aman digunakan.

Kini terdapat pula produk wajan keramik yang dilengkapi dengan teknologi induksi magneto, yang memungkinkan sebuah wajan keramik menghantarkan panas secara merata.

5 Alasan Kenapa Ceramic Pan Wajib Dimiliki

Sahabat sehat tentunya perlu mempertimbangkan alasan-alasan berikut agar orang terdekat Anda dapat terhindar dari risiko kesehatan akibat penggunaan wajan dengan material berbahaya.

Tidak Mengandung PTFE & PFOA

Politetrafluoroetilena (PTFE) dan perfluorooctanoic acid (PFOA) merupakan bahan kimia berbahaya. Kedua bahan ini biasa digunakan sebagai material peralatan masak anti lengket. Di satu sisi membuat aktivitas memasak menjadi lebih mudah, namun risiko kesehatan yang didapat dari mengkonsumsi makanan yang diolah di atas wajan berbahan PTFE & PFOA ialah buruk.

Bahkan, bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh bisa mengendap di dalam tubuh dalam waktu yang lama. Lalu kenapa ceramic pan dianjurkan? Sebab, kini banyak produk wajan keramik yang menggunaan material alternatif anti lengket.

Sebagai contoh, produk peralatan masak GreenPan menggunakan lapisan keramik Thermolon yang memungkinkan alat masak memiliki fitur anti lengket tanpa harus menggunakan bahan kimia berbahaya seperti PTFE & PFOA.

Kenapa Ceramic Pan Mudah Dibersihkan

Karena memiliki fitur anti lengket, peralatan masak dengan bahan marble atau keramik juga mudah dibersihkan. Hal itu akan memudahkan sahabat sehat untuk membersihkannya, sebab tidak akan ada noda yang berkerak sebagaimana pada wajan yang tidak dilengkapi fitur anti lengket.

Hanya dengan sedikit sabun cuci piring dan sedikit air hangat, wajan keramik bisa bersih sepenuhnya tanpa harus berlelah-lelah membersihkan kerak.

Menghemat Penggunaan Gas

Dengan teknologi induksi magneto yang tersemat dalam beberapa produk ceramic pan, maka wajan dapat menghantarkan panas secara merata. Hal itu dapat membuat hasil masakan lebih sempurna.

itu, permukaan pada peralatan masak berbahan keramik juga dapat menerima panas lebih cepat. Dengan begitu, penggunaan alat masak keramik dapat berdampak baik terhadap penghematan gas.

Tahan Lama

Peralatan masak dengan material keramik juga tidak mudah baret sekalipun banyak terkena goresan saat aktivitas memasak berlangsung. Dengan begitu, ketahanannya akan lebih lama dibanding peralatan masak non keramik.

Dapat Digunakan Di Berbagai Alat Pemanas

Komposisi material pada peralatan masak keramik memunginkannya untuk memiliki ketahanan di berbagai alat pemanas. Dengan begitu, sahabat sehat dapat menggunakan ceramic pan untuk memasak menggunakan kompor gas maupun kompor induksi. Bukan hanya itu, peralatan masak keramik juga bisa digunakan di oven.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GreenPan Indonesia (@greenpan.id)

Sahabat sehat perlu mempertimbangkan penggunaan peralatan masak berdasarkan bahan materialnya. Sebab jika konsekuensi yang ditanggung ialah risiko kesehatan, maka penggunaan alat masak dengan bahan berbahaya seperti PTFE & PFOA harus segera disingkirkan.

Kenapa ceramic pan?  Sebab material yang digunakan sangat ramah bagi kesehatan. Terlebih, kini terdapat peralatan masak dari produk GreenPan yang hadir dengan material bebas bahan kimia. Sahabat sehat bisa melihat-lihat produknya di SESA.ID ya!

 

Referensi : Media Indonesia

Gambar dari Greenpan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.