Home » Blog » 5 Kombinasi Superfood untuk Kesehatan Tubuh

5 Kombinasi Superfood untuk Kesehatan Tubuh

kombinasi superfood
Photo by Ella Olsson from Pexels

Kombinasi superfood – Bosan dengan menu harian yang sama? Berbagai macam makanan bisa Sahabat Sehat  kombinasikan agar menu harian Anda semakin beragam. Kamu bisa mencampurkan berbagai makanan dan meningkatkan nilai gizinya. Nah, berikut beberapa kombinasi makanan peningkat kesehatan yang disebut makanan super atau superfood.

Tomat dan Brokoli

Mengonsumsi tomat dua kali seminggu ternyata dapat mengurangi risiko depresi,lho! Tak heran jika tomat menjadi salah satu superfood yang patut Sahabat Sehat pertimbangkan untuk dikonsumsi.

Di saat yang sama, mengonsumsi brokoli ke dalam makanan dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker payudara, ovarium, dan usus besar. Dengan mengonsumsi tomat dan brokoli, membantu Sahabat Sehat mencegah kanker.

Apel dan Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan sebagai benteng pertahanan untuk manangkal radikal bebas dalam tubuh. Nah, jika tubuh bebas dari radikal bebas, sistem imun pun akan meningkat.

Alhasil, tubuh bisa terlindungi dari berbagai penyakit, terutama penyakit kanker. Ternyata, ada kulit apel merah juga mengandung flavonoid quercetin yang bertindak sebagai antiinflamasi. Nah, jika kedua kombinasi superfood ini terbukti mampu membantu untuk memecah gumpalan darah (darah beku).

Paprika dan Kacang Hitam

Kombinasi makanan superfood lainnya adalah paprika dan kacang hitam. Karena kacang hitam kaya akan zat besi, maka dapat dimasukkan ke dalam makanan yang dapat meningkatkan kesehatan. Menariknya, manfaat zat besi yang terdapat pada tumbuhan (non-heme iron) berbeda dengan manfaat zat besi yang terdapat pada hewan.

Kacang hitam dan paprika merah lainnya juga berbeda. Ini mengandung banyak vitamin C. Jika Anda menggabungkan keduanya, dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme hingga enam kali lipat.

Salmon dan Collard Greens

Selain kaya akan Omega 3, ikan salmon juga mengandung banyak vitamin D yang dapat membantu menyerap kalsium dari saluran pencernaan ke dalam darah. Nah, Anda bisa mengonsumsi salmon dengan collard greens (seperti brokoli dan kol), yang akan memperkaya kalsium di tulang dan memiliki anti-inflamasi.

Minyak Zaitun dan Tomat

Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, sekaligus menurunkan kolesterol buruk (LDL) yang dapat menyumbat arteri. Nah, jika minyak zaitun dikombinasikan dengan tomat, keduanya memiliki manfaat yang sangat bagi tubuh.

Misalnya, zaitun dapat meningkatkan antioksidan lycopene dalam tomat yang bermanfaat untuk mencegah gangguan saraf, mencegah kanker, memperbaiki ketidaksuburan pria, dan mencegah penyakit jantung.

Nah, itulah beragam kombinasi makanan superfood yang bisa kamu kombinasikan agar mendapatkan manfaat #SehatSekarang secara maksimal. Imbangi dengan olahraga dan pola hidup sehat juga agar hidup #SehatSekarang dapat menjadi kebiasaan baikmu. Temukan beragam produk organik, segar, dan sehat dengan berbelanja di sesa.id!