Home » Blog » 10 Beda Olive Oil dan Minyak Goreng, Jangan Sampai Keliru!

10 Beda Olive Oil dan Minyak Goreng, Jangan Sampai Keliru!

beda olive oil dan minyak goreng

Sahabat sehat, tahukah apa beda olive oil dan minyak goreng? Minyak goreng dan minyak zaitun sama-sama sering berada di dapur dan digunakan untuk memasak. Wajar, jika kita masih keliru dan mengangap minyak goreng dan minyak zaitun adalah sama. 

Pada dasarnya minyak goreng dan minyak zaitun berbeda. Minyak goreng adalah sebutan untuk minyak yang digunakan khusus untuk memasak. Sedangkan, olive oil atau minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak nabati. 

Untuk lebih jelasnya, mari simak 10 beda olive oil dan minyak goreng berikut ini:

Kebutuhan Masak

1. Minyak Goreng Belum Tentu Terbuat dari Zaitun

Olive oil adalah minyak yang didapat dari ekstrak buah zaitun. Minyak goreng belum tentu terbuat dari buah zaitun. Minyak goreng sendiri punya beberapa jenis, di antaranya minyak nabati dan minyak hewani. 

2. Tekstur Minyak Zaitun Lebih Kental

Minyak Zaitun

Extra Virgin Olive Oil Sesa

Beda olive oil dan minyak goreng bisa dilihat dari teksturnya. Tekstur dari minyak zaitun biasanya lebih kental, sedangkan minyak goreng lebih cair. 

3. Minyak Zaitun Lebih Jernih

Beda olive oil dan minyak goreng bisa ditentukan dari warnanya. Minyak zaitun punya warna bening kehijauan atau bening kekuningan. Minyak goreng yang biasanya terbuat dari ekstrak kelapa sawit warnanya cenderung kuning keemasan. 

4. Minyak Goreng Lebih Tahan Panas

Extra Virgin Olive Oil Bertolli 1 L

Minyak goreng punya titik didih tinggi, sehingga bisa digunakan untuk segala teknik memasak dengan maksimal. Sedangkan minyak zaitun biasanya punya titik didih yang cenderung rendah. 

5. Minyak Zaitun Bebas Kolesterol

Kandungan lemak pada minyak zaitun dan minyak goreng berbeda. Minyak zaitun relatif lebih sehat karena mengandung lemak tak jenuh lebih banyak. Minyak zaitun juga kaya omega 3 dan omega 6. Minyak zaitun diolah sebagai minyak yang bebas kolesterol. Sedangkan, minyak goreng tidak semua terjamin bebas kolesterol.

6. Minyak Goreng Hanya untuk Memasak

Minyak goreng dikenal juga dengan sebutan cooking oil, minyak yang diolah khusus untuk memasak makanan apa pun. Sedangkan, tidak semua jenis minyak zaitun bisa untuk memasak terutama masakan yang perlu banyak minyak dan suhu tinggi. 

7. Minyak Zaitun Bisa Diminum Langsung

Olive Oil Borges

Pure Classic Olive Oil Borges 500 ML

Minyak zaitun punya beberapa jenis, yaitu virgin olive oil dan extra virgin olive oil yang aman diminum. Sedangkan, minyak goreng tidak dianjurkan untuk diminum langsung.

8. Minyak Goreng Harganya Lebih Ekonomis

Kelebihan minyak goreng adalah harganya yang ekonomis. Jika memasak menggunakan minyak zaitun Sahabat sehat perlu anggaran belanja lebih banyak dari biasanya.

9. Minyak Zaitun Lebih Kaya Vitamin

Minyak zaitun dibuat selain untuk keperluan memasak, juga untuk dimanfaatkan kandungan nutrisinya dalam bidang kesehatan. Tak heran, minyak zaitun lebih kaya akan vitamin dan mineral untuk tubuh. 

10. Minyak Goreng Membuat Makanan Renyah

Minyak goreng paling pas digunakan untuk menggoreng dalam suhu tinggi. Minyak goreng akan menghasilkan makanan yang renyah. Hal ini, tidak bisa dilakukan dengan minyak zaitun. 

Kebutuhan Masak

Setelah mengetahui 10 beda olive oil dan minyak goreng, Sahabat sehat tidak akan keliru lagi membedakan keduanya. Baik minyak goreng maupun olive oil punya keutamaan dan kekurangan masing-masing. Tak ada salahnya, selalu menyediakan minyak goreng dan minyak zaitun di dapur.

Kabar baiknya, ada jenis olive oil berkualitas yang juga bisa digunakan untuk memasak di dapur. Pomace Olive Oil SESA adalah pilihan olive oil yang punya titik panas cukup tinggi, sehingga aman digunakan untuk memasak. 

Referensi: Fimela, Grid

Gambar oleh congerdesign dari Pixabay