Home » Blog » Madu Manuka Terbaik untuk Kesehatan dan Berbagai Penyakit

Madu Manuka Terbaik untuk Kesehatan dan Berbagai Penyakit

MADU MANUKA TERBAIK (1)

Madu merupakan salah satu makanan yang sejumlah manfaat dan kelebihannya telah diakui, termasuk di antaranya adalah kelebihan dan manfaat dari madu manuka. Madu manuka terbaik untuk kesehatan dan berbagai manfaat untuk penyakit. Dikarenakan manfaat inilah yang membuat madu manuka dijuluki sebagai ratunya madu.

Madu merupakan makanan yang memiliki kadar air rendah serta dapat disimpan untuk waktu lama tanpa tanggal kadaluarsa. Dari sejumlah penelitian, madu memiliki sejumlah kelebihan. Hal ini menjadikan madu tidak hanya sebagai makanan tapi juga obat – obatan.

Penelitian menyimpulkan madu mengandung probiotik aktif yang dapat mengatasi bakteri jahat di tubuh serta meningkatkan imun tubuh. Madu sendiri terdiri dari banyak jenis. Masing – masing jenis madu ini memiliki aroma, rasa dan tekstur yang berbeda pula.

Salah satu varian jenis madu yang cukup dikenal adalah madu manuka. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai madu manuka dan apa saja kelebihannya dibandingkan jenis madu lainnya.

Mengenal Madu Manuka

Madu Manuka merupakan madu yang dihasilkan dari nektar pohon Manuka. Pohon ini sendiri berasal dari New Zealand. Madu Manuka dipercaya memiliki aroma dan tekstur yang tidak dimiliki oleh madu jenis lain.

Madu Manuka mengandung seratus jenis nutrisi dari vitamin dan mineral. Tidak heran bila di daerah asalnya, New Zealand, madu Manuka sangat disukai karena memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. Bahkan, belakangan ini, ada penelitian dari sebuah universitas di New Zealand yang mengungkap nilai gizi madu Manuka.

Menurut penelitian tersebut, madu Manuka sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, sebaiknya Anda tetap tidak berlebihan dalam mengonsumsi madu Manuka, terutama bila Anda sangat memperhatikan jumlah asupan kalori.

Dikarenakan kekhasan dari sumber madu yang dihasilkan lebah ini, membuat madu manuka memiliki aroma serta tekstur dan juga warna yang berbeda dan unik dibandingkan dengan jenis madu lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antibakteri dalam madu ini tidak mudah dirusak enzim tubuh manusia serta tahan terhadap beragam mikroba.

Salah satu keunikan dan kelebihan dari madu manuka ini menjadikan madu manuka yang diimpor dari New Zealand ini sebagai salah satu alternatif pengobatan alami yang diunggulkan karena sejumlah kelebihan yang diberikan madu manuka. Hal ini menyebabkan harga dari madu manuka yang lebih tinggi atau mahal dibandingkan jenis madu lainnya.

Kenapa Madu Manuka Terbaik

Selain dari sumbernya yang ekslusif yang membuat madu manuka terbaik adalah hal berikut. Selain dari asal sumber madu dimana lebah penghasil madu manuka mengkonsumsi serbuk bunga manuka, ada sejumlah perbedaan lain dari madu manuka dengan madu lainnya. Hal ini dapat Anda lihat pada tekstur, rasa maupun aroma dari madu manuka.

Pada madu biasa, lebah mengkonsumsi berbagai macam nectar tanaman. Sedangkan madu manuka hanya diperoleh dari lebah yang mengkonsumsi serbuk / nectar bunga manuka. Madu manuka juga berwarna lebih gelap dan terlihat lebih keruh.

Dari segi teksur, madu manuka lebih terasa kental dan lengket dibandingkan dengan jenis madu lainnya. Dan salah satu pembeda utama adalah pada madu manuka kandungan MGO nya sangat tinggi dibandingkan madu biasa. Kandungan MGO yang tinggi inilah yang membuat madu manuka lebih unggul dari segi manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Kelebihan dan Manfaaat Madu Manuka untuk Kesehatan

  • Membantu Penyembuhan Luka

Madu manuka dikenal dengan madu kelas medis karena madu manuka juga sering digunakan sebagai obat oles atau bagian dari pembalut luka. Kandungan antibakteri dari madu manuka dipercaya dapat membantu penyembuhan luka, mengurangi rasa sakit pada luka bakar, hingga mempercepat regenerasi jaringan.

  • Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut

Madu manuka juga sering digunakan untuk menyembuhkan masalah gigi, gusi dan menjaga kesehatan mulut. Anda dapat mencoba untuk mengemut madu manuka atau berkumur dengan madu manuka.

Kandungan antibakteri pada madu manuka dipercaya dapat mengurangi plak gigi serta meringankan radang gusi. Kandungan vitamin dan mineral pada madu manuka juga dapat membantu dalam pemulihan gigi.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan antibakteri pada madu manuka dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Madu manuka juga dapat membantu Anda yang sedang berada dalam masa pemulihan sakit.

  • Mencegah Gangguan Pencernaan

Madu manuka dipercaya mampu mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar dan gangguan pencernaan lain seperti diare, sakit perut, sembelit. Konsumsi madu manuka secara teratur dan rutin dapat meringankan gejala gangguan pencernaan.

Madu manuka beserta madu lainnya merupakan salah satu sumber makanan dengan kandungan gizi dan vitamin yang lengkap dan bermanfaat untuk tubuh. Untuk membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda dapat mengkonsumsi madu manuka maupun madu lainnya secara rutin dan teratur.

Bagaimana Cara Memilih Madu Manuka

Jika baru pertama mencoba, pilih produk dengan notasi MGO 100 (UMF 5+) atau kurang. Madu Manuka memiliki berbagai macam notasi angka, misalnya MGO 100, UMF 5+, atau bahkan di bawahnya. Notasi MGO 100 atau UMF 5+ menunjukkan bahwa madu Manuka tersebut dianggap memiliki sedikit zat aktif.

Artinya, madu tersebut memiliki kadar gizi lebih rendah dibandingkan madu Manuka yang notasi angkanya lebih besar. Madu Manuka seperti ini disarankan untuk Anda yang ingin mengonsumsinya sebagai suplemen nutrisi harian, bukan sebagai obat. Madu dengan notasi ini juga cocok bagi Anda yang tidak menyukai rasa khas madu Manuka.

Harga madu Manuka dalam range notasi ini bisa dikatakan lebih terjangkau. Jadi, bila Anda baru pertama kali ingin mencoba madu Manuka, silakan memilih jenis ini. Setelah Anda terbiasa dengan rasa madu Manuka, Anda bisa mengonsumsi madu dengan nilai MGO/UMF lebih tinggi. Namun ingat, lakukan secara bertahap, ya Sahabat Sehat!

Bila ingin mendapat manfaat kesehatan, pilih produk dengan notasi MGO 100-500+ (UMF 10-12+). Madu Manuka dengan notasi MGO 100-500+ atau UMF 10-12+ disebut sebagai madu dengan aktivitas antimikroba tingkat menengah. Meski memiliki manfaat kesehatan yang cukup tinggi, harga madu Manuka dalam range notasi ini relatif masih terjangkau.

Mengonsumsi Madu Manuka yang Baik

Namun, madu Manuka ini tetap belum dapat digunakan untuk tujuan medis. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari untuk menjaga kesehatan. Untuk memperoleh banyak nutrisi, pilih produk dengan notasi yang lebih tinggi dari MGO 500+ (UMF 15+).

Madu Manuka dengan range notasi di atas MGO 500+ atau UMF 15+ memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Madu ini memiliki aktivitas antimikroba yang tinggi. Namun, tentu harganya lebih mahal dibandingkan madu Manuka dengan nilai notasi yang lebih rendah.

Oleh karena itu, Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi madu ini saat membutuhkan nutrisi tambahan. Jika Anda sedang sakit, madu ini juga bisa membuat kondisi Anda lebih cepat membaik.

Selain itu, ada madu Manuka dengan notasi MGO 800+ atau lebih. Madu Manuka tersebut memiliki zat aktif yang sangat tinggi. Tidak heran bila kandungan gizinya lebih banyak dan harga jualnya lebih mahal. Apabila Anda mengutamakan kualitas, silakan mencoba madu Manuka ini. Sayangnya, cukup sulit mendapatkan madu Manuka dengan notasi angka tersebut di Indonesia.

Tips Memilih Madu Manuka yang Baik

1. Pilih yang Memiliki Sertifikasi Resmi

Madu Manuka terkenal di seluruh dunia karena manfaat kesehatannya. Namun, saat ini telah banyak produk palsu yang beredar di pasaran. Untuk itu, Anda harus selalu memeriksa sertifikasi dari madu Manuka yang Anda beli. Pastikan bahwa Anda membeli produk asli.

2. Pilih Produk yang Memiliki Standar Resmi MGO

Madu Manuka memiliki label notasi yang bervariasi, seperti K-factor, UMF, MGO, dan lainnya. Namun, label standar resmi dari departemen perindustrian New Zealand adalah MGO. Sementara di negara Jepang, label madu Manuka resmi biasanya ditunjukkan dengan logo MG.

Jadi, bila Anda ingin mengonsumsi madu Manuka yang gizinya terjamin, pastikan produknya memiliki label MGO atau MG. Sahabat sehat dapat menemukan produk tersebut melalui laman berikut

3. Pilih Produk yang Memiliki Laporan Analisis Dari Pemerintah New Zealand

Untuk mendapatkan madu Manuka yang bergizi tinggi, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan selain notasi angka. Hal tersebut adalah lampiran sertifikat kualitas yang biasanya dikeluarkan oleh pihak ketiga, serta diakui pemerintah New Zealand.

Ada banyak lembaga yang dapat mengeluarkan sertifikat kualitas ini. Terkadang, pengujian kualitas ini bisa mengalami kesalahan penulisan notasi. Demi memastikan keaslian madu Manuka, pastikan untuk memilih produk dengan sertifikat yang terakreditasi pemerintah. Uji kualitas yang dilakukan oleh badan akreditasi pemerintah biasanya menggunakan metode pengujian yang benar.

Demikian ulasan tentang Madu Manuka ya Sahabat Sehat, semoga menambah wawasan dan pastinya kesehatan Sahabat Sehat Semua!

Stay Safe and Healthy Life!

https://sesa.id/manuka-honey-blend-comvita-500-g.html

https://my-best.id/33877/

Sumber gambar : pexel, unsplash