Home » Blog » 5 Cara Dapatkan Manfaat Yogurt untuk Diet Sehat

5 Cara Dapatkan Manfaat Yogurt untuk Diet Sehat

manfaat yogurt untuk diet

Yogurt jadi makanan yang banyak dipilih ketika sedang menjalankan diet. Manfaat yogurt untuk diet adalah ikut melancarkan proses metabolisme dan menjaga kesehatan saluran cerna. Dengan saluran cerna yang sehat tubuh akan lebih mudah menyaring nutrisi baik untuk tubuh. 

Sahabat sehat, perlu diperhatikan demi mendapatkan manfaat yogurt untuk diet, Sahabat Sehat tidak bisa sembarang menggunakan yogurt. Yuk, simak 5 cara dapatkan manfaat yogurt untuk diet sehat!

 

1. Takaran Yogurt untuk Diet

Sahabat sehat, supaya mendapatkan manfaat yogurt untuk diet adalah tentukan takaran yogurt. Jangan konsumsi yogurt terlalu banyak, justru tidak baik untuk kesehatan saluran cerna. Yogurt memang termasuk makanan sehat, karena yogurt kaya vitamin dan mineral, tetapi yogurt juga mengandung lemak, protein dan karbohidrat. 

Takaran yogurt yang aman dikonsumsi ketika sedang diet adalah tidak lebih dari 500 ml per hari. Takaran yogurt tersebut, bisa dibagi dalam beberapa kali konsumsi. Sahabat sehat, yogurt bisa dikonsumsi kapan saja. Yogurt bisa diminum pagi untuk pelengkap sarapan, dijadikan camilan sehat saat siang atau penahan lapar saat malam hari. 

2. Bisa Dipadukan dengan Bahan Makanan Sehat

Sahabat sehat, untuk mendapatkan rasa yogurt yang lebih segar saat dikonsumsi, bisa dipadukan dengan buah-buahan. Selain dipadukan dengan buah, yogurt bisa dimakan bersama kentang panggang, bayam kukus, teh rendah kalori, dan bahan makanan sehat lain. 

Sahabat sehat juga bisa mengolah salad dengan tambahan yogurt tawar. Yogurt juga bisa dijadikan olesan lezat pada roti gandum. Menambahkan bahan makanan lain pada yogurt bertujuan untuk menambah cita rasa, sekaligus mendapatkan nutrisi yang lebih lengkap. Sahabat Sehat bisa kreasikan sesuai selera, ya.

3. Hindari Jenis Yogurt ini Saat Diet

Penting untuk teliti membaca label kemasan pada yogurt yang akan dikonsumsi saat diet. Hindari jenis yogurt yang memiliki tambahan rasa manis atau rasa buah. Memang, yogurt dengan tambahan rasa tampak lebih lezat, tapi kurang cocok untuk diet. Yogurt dengan tambahan pemanis sudah pasti mengandung lebih banyak gula dan tinggi kalori. 

4. Jenis Yogurt yang Cocok untuk Diet

Greek yogurt dan yogurt tawar adalah jenis yogurt yang dianjurkan dikonsumsi saat diet. Jenis yogurt tawar lebih rendah kalori. Greek yogurt dianggap sebagai yogurt paling kaya nutrisi. Pilih yogurt dengan kandungan probiotik alami, protein, kalsium dan vitamin D yang cukup. Yogurt dengan kandungan nutrisi yang lengkap membantu Sahabat sehat untuk menekan rasa lapar lebih lama. 

5. Jalani Pola Hidup Sehat

Diet sehat tidak cukup hanya dengan konsumsi yogurt. Sahabat sehat juga perlu menjaga pola hidup sehat secara teratur. Pola hidup sehat bisa didapat dengan menjaga asupan nutrisi sehari-hari. Nutrisi yang cukup tidak sama dengan banyak makanan yang dikonsumsi. Tapi cermat dalam memilih makanan yang cocok untuk diet. Jika diperlukan, Sahabat sehat bisa konsultasi dengan Dokter ahli Gizi untuk menentukan pola makan sehat. 

Selain menjaga asupan makanan cukup nutrisi, diet sehat juga wajib diimbangi dengan istirahat cukup dan rutin olah raga. Satu lagi, diet akan lebih maksimal dengan menjaga diri dari pemicu stres berlebihan.   

 

Sahabat sehat, yogurt bisa menjadi teman yang baik dalam program diet sehat. Yogurt bisa dikonsumsi langsung atau diolah dalam bentuk makanan sehat. Seperti yang sudah dibahas di atas, yogurt yang cocok untuk diet adalah yogurt tawar. Sahabat sehat bisa dapatkan pilihan yogurt tawar yang kaya nutrisi untuk diet di SESA.ID.

 

Referensi : alodokter