Home » Blog » Inilah 12 Makanan untuk Otak yang Organik untuk Tingkatkan Kecerdasan

Inilah 12 Makanan untuk Otak yang Organik untuk Tingkatkan Kecerdasan

makanan untuk otak

Ketika anak tumbuh menjadi anak yang cerdas tentu merupakan harapan seluruh orang tua. Banyak orang tua menggunakan berbagai cara agar anak jadi hebat dan cerdas bahkan sejak kecil. Salah satu faktor yang penting dan mempengaruhi perkembangan kecerdasan otak Anak adalah makanan untuk otak yang dapat memberikan nutrisi ke otak.

Selain lebih menyehatkan, konsumsi makanan organik ternyata bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Organic food atau makanan organik adalah bahan makanan yang ditanam dengan cara organik, tanpa menggunakan pestisida, pupuk sintetis, atau berbagai rekayasa genetika pada tanaman.

Menutrisi otak Anak dengan asupan makanan yang organik dan berkualitas penting dilakukan sejak dini karena perkembangan otak anak paling pesat  terjadi sejak dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun pertama.

Makanan organik artinya bahan makanan terdiri dari komponen organik. Bahan-bahan makanan yang mengalami proses penanaman, penyimpanan dan pengemasan bebas dari pestisida, pupuk, dan dari bahan kimia beracun. Atau jika masih dipakai, ada batasan pemakaian yang jelas.

Untuk bahan dari hewan seperti daging, dagingnya harus bebas dari suntikan hormon, antibiotik, dan rekayasa genetika. Menurut Dr. Saptawati Bardasono, M.Si., Ahli Gizi Medik Perhimpunan Gizi Indonesia dan Staf Akademik Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Mengatakan bahwa kandungan gizi bahan organik sangat tinggi dan lebih tinggi dari bahan biasa. Manfaat lainnya adalah kandungan gulanya, karena mereka tidak menambahkan gula apa pun selama prosesnya. Sayuran dan buah-buahan organik mengandung 10-15% lebih banyak antioksidan dan polifenol daripada buah dan sayuran biasa.

DAPATKAN PRODUK ORGANIK 

Makanan Nutrisi Otak dan Bergizi

Berikut ini makanan organik yang bermanfaat untuk otak dan bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.

1. Ikan Salmon

Ikan mengandung asam lemak dan omega 3 yang sangat baik buat kecerdasan juga kesehatan otak. Nutrisi yang terkandung di dalam ikan juga sangat baik buat tumbuh kembang anak. Salah satu ikan yang kaya gizi adalah ikan salmon.

Ikan salmon merupakan sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti DHA dan EPA. Ini sangat penting untuk pengembangan yang tepat dari otak. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi ikan tersebut memiliki memori lebih tajam daripada yang tidak mengonsumsinya.

salmon makanan baik untuk otak

Ikan Salmon

2. Telur

Telur adalah makanan kaya protein. Memiliki kandungan nilai biologis yang sangat baik, sehingga dapat dengan mudah diserap langsung oleh tubuh. Di dalam kuning telur bahkan mengandung kolin yang sangat baik untuk perkembangan otak.

3. Ikan Tuna

Merupakan sumber omega-3, yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak anak. Ikan tuna dapat dikonsumsi dalam bentuk kukus atau rebus. Jika ingin dibakar, hindari menggunakan api yang terlalu panas.

Apabila ingin digoreng, hindari penggunaan minyak berlebihan agar nutrisinya tidak hilang. Selain itu, dalam setiap 100 gram tuna, ada kandungan protein sebanyak 23,4 gram. Jumlah ini tergolong cukup besar dan membuat tuna menjadi ikan yang memberi asupan protein lebih berkualitas.

ikan tuna

Ikan Tuna

4. Daging Ayam

Tak hanya ikan, begitu juga dengan unggas-unggasan (ayam). Daging ayam mengandung banyak triptofan yang dapat menjaga level serotonin dalam otak. Kandungan protein pada hewani mengandung semua asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh si Kecil.

5. Daging Sapi

Kandungan terbesar di dalam daging sapi adalah protein. Di dalam 100 gram daging sapi mengandung protein hingga 26,1 gram. Protein ini sangat dibutuhkan oleh anak diantaranya:

  • Untuk pertumbuhan
  • Pembentukan jaringan baru
  • Sumber energi
  • Memperbaiki fungsi otak
  • Memproduksi hemoglobin
  • Dan membentuk antibodi.

Jadi, jika ingin mencukupi kebutuhan protein harian anak, daging sapi adalah pilihan yang tepat. Tak hanya itu, daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi dengan kadar yang cukup tinggi.

Dengan adanya kandungan mineral ini, manfaat daging sapi pun dapat membantu membentuk sel-sel darah merah di dalam tubuh anak. Kandungan zat besi dalam 100 gram daging sapi terdapat 4,05 mg. Untuk kebutuhan akan zat besi yang dibutuhkan anak-anak sebanyak 3-10 mg per hari.

Daging sapi juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk membantu fungsi sistem saraf otak yang akan berpengaruh untuk menjaga konsentrasi dan mempertajam daya ingat.

grass feed daging sapi makanan untuk otak

Daging Sapi Grass Fed

6. Kacang Kedelai

Kacang kedelai telah diidentifikasi menjadi salah satu kacang-kacangan yang paling penting dari daerah tropis dengan kandungan protein yang tinggi. Ini adalah potensi bahan makanan yang mengandung asam amino yang sangat penting untuk anak.

Kacang kedelai juga memiliki kandungan lisin yang lebih tinggi dibandingkan dengan protein nabati lainnya. Lisin merupakan satu dari asam amino esensial yang memiliki kaitan langsung dengan pertumbuhan anak.

Selain itu, kacang kedelai mengandung kolin yang merupakan zat gizi penting untuk meningkatkan fungsi memori otak dan berperan dalam pembentukan membran sel untuk penyampaian sinyal di dalam sistem saraf. Fungsi kolin meningkatkan ukuran dan jumlah neuron (sel otak) yang membuat anak-anak lebih mudah belajar dan membantunya mempertahankan apa yang ia pelajari.

Kacang kedelai juga mengandung nutrisi dan kandungan bioaktif yang sangat bermanfaat untuk kesehatan antara lain seperti protein, lemak, mineral, isoflavon dan saponin.

kacang kedelai sesa

Kacang Kedelai SESA

7. Kacang Merah

Kacang memiliki kandungan energi dari protein, karbohidrat kompleks, dan serat, yang ditambah banyak vitamin dan mineral. Makanan dari kacang merah mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 daripada kacang lainnya, khususnya ALA, salah satu omega-3 penting lainnya untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

Kacang merah dapat disajikan dalam bentuk sup kacang merah yang cocok untuk menghangatkan tubuh serta meningkatkan energi anak.

8. Seafood Makanan Untuk Otak

Seafood untuk anak sangat baik karena kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 tingkat tinggi yang ada dalam makanan laut meningkatkan perkembangan otak anak dan meningkatkan kekebalan dan penglihatannya.

Beberapa jenis seafood dianggap aman untuk anak, termasuk udang dan cumi-cumi. Jenis makanan laut ini relatif mudah dicerna dan tidak terlalu berpotensi menyebabkan alergi. Berikut adalah beberapa tips untuk menyiapkan seafood untuk anak dengan cara yang paling aman yaitu selalu bersihkan seafood sebelum diolah dan pastikan seafood matang sempurna.

scallop

Scallop

9. Sayuran Berwarna

Brokoli, wortel, kubis, labu, tomat merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan dan sangat baik dalam mencerdaskan otak anak. Sayuran-sayuran ini bahkan sangat baik dalam meningkatkan tumbuh kembang fisik maupun psikis anak.

Sayuran menjadi sumber antioksidan terbaik yang menjaga sel-sel otak anak tetap kuat dan sehat. Kandungan antioksidan pada sayuran berwarna dapat mendorong sel-sel utuk berkembang serta menunjang kecerdasan otak si Anak. Sayuran juga dipercaya bisa mencegah beragam penyakit salah satunya kanker.

10. Hati Sapi

Hati sapi memiliki kandungan seng yang baik untuk tubuh. Konsentrasi seng dalam otak terbanyak ditemukan pada neuron yang dapat mengontrol fungsi belajar dan daya ingat. Sehingga seng sangat baik dalam membantu memelihara daya ingat anak ketika belajar dan bermain.

11. Tahu dan Tempe

Makanan untuk kecerdasan otak anak yang mudah didapat sehari-hari adalah tahu dan tempe. Sama halnya dengan telur, tahu dan tempe juga mengandung kolin yang berperan bagi perkembangan otak. Selain itu, keduanya merupakan sumber protein nabati dan zat besi yang baik.

12. Buah-buahan

Buah-buahan seperti alpukat, berries, apel, jeruk, melon, pisang memiliki kandungan gizi tinggi dan tentunya multi vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kecerdasan anak.

Penting banget kan Sahabat Sehat makanan untuk memberikan nutrisi kepada otak anak sehingga anak-anak mendapatkan nutrisi optimal yang dapat memengaruhi kecerdasannya. Sahabat Sehat bisa langsung temui berbagai macam makanan organik melalui laman ini ya!

daging seafood

https://www.parenting.co.id/balita/7-makanan-super-untuk-tingkatkan-kecerdasan-anak

https://www.popmama.com/big-kid/makanan-perangsang-kecerdasan-anak

Sumber gambar :

Pexels.com

sesa.id