Home » Blog » Sebelum Beraktivitas, Beri Nutrisi Otak Pagi Hari Dengan 9 Makanan Ini!

Sebelum Beraktivitas, Beri Nutrisi Otak Pagi Hari Dengan 9 Makanan Ini!

Nutrisi Otak

Kesibukan aktivitas di pagi hari membuat sebagian orang tidak memiliki banyak waktu untuk memberi nutrisi otak lewat sarapan. Padahal, telah banyak peneliti berpendapat betapa pentingnya sarapan untuk menunjang aktivitas hingga siang hari.

Disadari atau tidak, sering skip sarapan dalam jangka panjang menyebabkan menurunnya performa otak bila ditambah dengan tidak terpenuhinya nutrisi.

10 Makanan Meningkatkan Nutrisi Otak

Selain memberikan waktu luang untuk sarapan, ada baiknya mengetahui jenis sumber makanan yang tepat untuk menutrisi otak di pagi hari.

1. Olahan Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh terutama di pagi hari. Misalnya salmon, sarden dan sejenisnya yang mengandung banyak lemak baik dan omega 3 untuk mendukung performa otak saat beraktivitas. Asam lemak dalam ikan membantu pertumbuhan sel dan saraf baru sehingga fungsi otak optimal. Omega 3 menurunkan resiko Alzheimer, gangguan keseimbangan tubuh, bahkan hormon penyebab gangguan mental.

2. Telur

Telur merupakan sumber makanan yang paling mudah ditemukan. Kandungan protein tinggi, kolin dan beberapa vitamin B6, B12, B9 menjadi nutrisi bagi otak. Zat kolin menjadi nutrisi untuk memproduksi asetilkolin yang merupakan neurotransmitter dalam pengendalian daya ingat dan mood. Kolin banyak terdapat dalam kuning telur, namun tetap batasi konsumsinya jika memiliki riwayat kolesterol.

3. Teh Hijau

Teh hijau telah sejak lama dipercaya dengan khasiat antioksidan tinggi, kandungan kafein didalamnya ternyata dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Oleh sebab itu sangat cocok dikonsumsi berdampingan dengan sarapan.

4. Kopi

Bak saudara, kopi dan teh sama-sama memiliki kandungan kafein, yang membedakan hanya kadar dan rasa saja. Kopi memiliki kadar kafein lebih tinggi untuk menghambat adenosin penyebab kantuk dan meningkatkan kadar serotonin untuk meningkatkan mood di pagi hari.

5. Olahan Kedelai

Kandungan polifenol dan antioksidan dalam kedelai mampu menurunkan resiko demensia, serta meningkatkan fungsi kognitif otak. Hasilnya, pekerjaan lebih cepat terselesaikan dengan baik. Olahan kedelai dapat ditemukan pada makanan seperti tempe dna tahu.

6. Biji Labu

Biji labu kaya akan antioksidan untuk menjaga tubuh dan otak dari radikal bebas penyebab kerusakan sel. Kandungan mineral seperti magnesium, tembaga dan zinc diperlukan untuk menutrisi tubuh.

7. Kunyit

Kunyit merupakan satu dari sekian banyak jenis rempah-rempahan, senyawa aktif kurkumin dapat menembus ke dalam otak dan memberikan manfaat baik bagi sel-selnya. Kurkumin juga dipercaya meningkatkan daya ingat dan memacu regenerasi sel.

8. Buah Jeruk

Buah dengan banyak peminat ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk mencegah penyakit Alzheimer, menjaga kesehatan mental dan menangkal radikal bebas pemicu kerusakan organ atau sel otak. Pada dasarnya masih banyak buah dan sayur yang memiliki kadar vitamin C sebesar jeruk, yakni jambu biji, kiwi, tomat, strawberry dan sayuran berwarna hijau.

9. Berries

Buah beri banyak digunakan sebaga side dish atau campuran smoothies saat sarapan. Mengapa? karena kandungan polifenol sebagai antioksidan tinggi untuk menutrisi otak, seperti meningkatkan komunikasi antar sel, mengurangi inflamasi, meningkatkan plastisitas otak untuk meningkatkan daya ingat, serta mengurangi resiko penurunan fungsi kognitif.

 

Jika Sahabat sehat sering skip sarapan sebelum melakukan aktivitas atau bekerja, tentunya tubuh tidak mampu menerima informasi secara utuh karena konsentrasi menurun, selain itu tubuh juga akan mudah lelah dan tidak bertenaga. Juice atau smoothies bisa jadi pilihan tepat untuk sarapan praktis di pagi hari, gunakan juicer berkualitas dan terpercaya untuk menunjang kebutuhan nutrisi otak.

 

Referensi : DokterSehat