Home » Blog » 30 Detik Sajikan Makanan Yang Mengandung Nutrisi Di Pagi Hari

30 Detik Sajikan Makanan Yang Mengandung Nutrisi Di Pagi Hari

makanan yang mengandung nutrisi

Sarapan makanan yang mengandung nutrisi di pagi hari sangatlah disarankan untuk mempersiapkan tubuh menghadapi berbagai aktivitas di hari tersebut. Fungsi organ tubuh akan dioptimalkan dengan berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, serat, karbohidrat, protein dan lemak baik.

Pagi hari yang hectic tak jarang membuat banyak pekerja, khususnya pekerja kantoran tidak memiliki cukup waktu menyiapkan sarapan sehat. Mereka cenderung memilih roti atau makanan siap saji sebagai ‘pengganjal perut’, faktanya makanan tersebut tidak mengandung cukup nutrisi yang diperlukan tubuh. Akibatnya kinerja menurun, mudah mengantuk saat jam kerja dan tak berenergi.

3 Ide Sarapan Makanan Yang Mengandung Nutrisi

Jika Sahabat sehat tengah mencari alternatif sarapan yang kaya nutrisi dan hemat waktu, berikut beberapa ide yang bisa jadi menu besok!

1. Fruit Oatmeal

Gandum merupakan karbohidrat kompleks yang bisa dijadikan sumber energi di pagi hari. Rasa gandum yang hambar bisa disiasati dengan diolah bersama buah-buahan segar. Cara buatnya mudah, Anda hanya perlu oatmeal (bisa gunakan instant) yang sudah diseduh. Kemudian haluskan bersama potongan buah pisang dan sedikit susu low fat ke dalam blender. Sajikan di atas mangkok dengan taburan kacang almond dan chia seed. Simple, kan?!

2. Juice/Jus

Sudah tidak asing kita dengar bahwa jus merupakan proses mengolah buah dan sayur menjadi cairan dengan atau tanpa ampas yang dapat diminum. Metode membuat jus kian beragam, seperti kemunculan cold-pressed juice yang memiliki nilai gizi lebih, sebab proses oksidasi nutrisi saat menggilingan dapat diminimalisir dibandingkan juicer biasa. Sahabat sehat hanya perlu mencuci buah dan sayur yang akan dihaluskan, kemudian masukkan bersama madu ke dalam blender, proses hingga sayur dan buah lembut.

3. Smoothies

Instagramable! tampilan smoothies yang fancy dalam mangkuk sering kita lihat di timeline Instagram. Makanan berbahan dasar oatmeal, buah, sayur dan aneka kacang ini memiliki visual yang cantik dengan warna yang dihasilkan dari kombinasi buah dan sayur.

Ada banyak manfaat dibalik smoothies bila rutin dikonsumsi setiap hari, diantaranya mampu menurunkan lemak tubuh, menghidrasi tubuh, membuat kenyang lebih lama sehingga rasa ingin ‘ngemil’ berkurang, pencernaan sehat karena kemampuan mencerna semakin baik.

Cara Membuat Smoothie 30 Detik

Smoothies sangat tepat dijadikan sarapan darurat dengan gizi dan nutrisi yang tak berkurang satupun. Bahkan dapat dilakukan kurang dari satu menit, bagaimana caranya? simak langkahnya berikut:

Alat yang diperlukan:

Bahan yang diperlukan:

  • 2 buah pisang (potong, bekukan)
  • 150 gr buah naga merah (potong, bekukan)
  • 400 ml susu cair low fat
  • 3 sendok makan madu
  • es batu

Cara Pembuatan:

  • Siapkan blender Nutrient Extractor
  • Masukkan pisang dan buah naga yang sudah beku, susu cair, es batu dan madu ke dalam wadah blender
  • Tutup rapat blender, lalu tekan, mesin otomatis berputar dan tunggu hanya selama 30 detik
  • Smoothie segar dan sehat siap disajikan!

Umumnya blender biasa akan memakan waktu 1 menit dan membutuhkan banyak air untuk melembutkan bahan makanan, hasilnya? proses oksidasi mudah terjadi dan menimbulkan berkurangnya vitamin dan mineral dalam makanan.

Sahabat sehat tidak perlu khawatir mengenai nutrisi, blender Nutrient Extractor telah dirancang menjaga kesegaran buah dan sayur saat diolah tanpa menimbulkan oksidasi dengan tekstur lembut tanpa ampas.

Referensi : Glowlicious.Me

Gambar dari Nutribullet